Publica Portal Berita Online
12 Titik Sudah Dibongkar, Warga Boleh Bangun Lagi Jembatan Asal Penuhi Syarat 12 Titik Sudah Dibongkar, Warga Boleh Bangun Lagi Jembatan Asal Penuhi Syarat
Publica.id, Banjarmasin – Pembongkaran bangunan yang dianggap menutupi aliran air di Kota Banjarmasin terus digalakkan. Berdasar data dari Tim Satuan Tugas Normalisasi Sungai dan... 12 Titik Sudah Dibongkar, Warga Boleh Bangun Lagi Jembatan Asal Penuhi Syarat

Publica.id, Banjarmasin – Pembongkaran bangunan yang dianggap menutupi aliran air di Kota Banjarmasin terus digalakkan.

Berdasar data dari Tim Satuan Tugas Normalisasi Sungai dan Penanganan Bencana Banjir (TNSPBB) Kota Banjarmasin tercatat sudah 12 titik bangunan berupa jembatan ludes dibongkar.

Kendati sudah dibongkar, tim tetap memberi lampu hijau bagi warga untuk kembali membangun kembali jembatan dengan sejumlah syarat. Salah satunya, kontruksi bangunan jembatan harus lebih tinggi dari jalan.

“Jembatan yang kami bongkar di beberapa titik Jalan Ahmad Yani dan sekitarnya boleh direnovasi asal lebih tinggi dari trotoar maupun jalan,” kata Ketua Satgas Normalisasi Sungai, Doyo Pudjadi.

Asisten ll bidang perekonomian dan Pembangunan Kota Banjarmasin ini menjelaskan, kriteria renovasi yang dimaksud adalah tinggi dari trotoar paling minimal 60 cm.

Itu beralasan, jika lebih tinggi akan mempermudah arus air yang melalui jembatan. Kemudian juga untuk menghindari apabila ada penumpukan sampah.

“Silahkan bangun kembali jembatannya asal tinggi tidak kurang dari 60 cm dari trotoar. Perhitungan tersebut sudah berdasarkan kajian ahli jembatan,” jelasnya.

Soal biaya renovasi, ditanggung sendiri untuk pelaku usaha atau pribadi.

“Silahkan bangun tapi dengan biaya sendiri,”tandasnya.

Reporter : M Syaiful Riki
Editor : Husein

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *