Barito Putera Raih Poin Penuh Saat Jumpa PSM Makassar

Publica.id, Cikarang – Barito Putera berhasil meraih poin penuh saat jumpa PSM Makassar pada putaran ke lima lanjutan BRI Liga 1 2021-2022, Senin (27/9) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. 

ABarito Putera menang 2-0 atas PSM Makassar. Dengan begitu, Barito Putera yang saat ini tengah terpuruk di dasar klasemen bisa meraih hasil maksimal pada pertandingan kali ini. 

Anak asuh Djajang Nurjaman sejak menit awal kick off di mulai langsung mencoba membongkar pertahanan PSM Makassar. Hasilnya sejumlah serangan mampu membahayakan gawang PSM yang dijaga Syaiful Syamsuddin. 

Peluang Barito Putera datang dari sundulan Azamat BBaimato, hanya saja dapat di tepis penjaga gawang Juku Eja. 


Jalannya Pertandingan

PSM Makassar dan Barito Putera bermain lepas. Keduanya saling jual. Beli serangan. Bahkan PSM Makassar hampir lebih dulu membuka kran gol melalui aksi Yakob Sayuri. 

Tidak ingin terus terpuruk, skuad Laskar Antasari terus menekan jantung pertahanan PSM Makassar, melalui kedua sisi sayap pertahanan PSM Makassar.

Di pertengahan babak pertama, permainan cepat yang diperagakan PSM Makassar, selalu membahayakan gawang Barito Putera, namun rupanya dewi fortuna masih menaungi gawang M Riyandi.

Permainan cepat kedua tim terus saja silih berganti, namun hingga menit 30 masih belum ada tim yang mampu membuka keunggulan.

Di menit ke 36, aksi Wiljan Pluim, mampu mengecoh pemain belakang Barito Putera, namun lagi-lagi tackling bersih yang dilancarkan Azamat Baimatov berhasil menghentikan laju Wiljan Pluim.

Bola liar tersebut pun masih belum mampu dimanfaatkan menjadi gol oleh Ilhamudin Armayin, tendangan kerasnya masih melambung tinggi diatas mistar gawang M Riyandi.

Di menit 40, aksi Anco Jansen, yang berlari bebas juga masih belum mampu membuka keunggulan bagi PSM Makassar.

Tendangan kerasnya lagi-lagi melambung tinggi.
Saling berbalas serangan, kali ini aksi pemain depan Barito Putera, Beni Oktavianto yang memutuskan untuk melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti PSM Makassar juga tidak mampu membuka keunggulan.

Tendangan kerasnya masih jauh melenceng di samping kanan gawang PSM Makassar yang dijaga Syaiful.

Dipenghujung babak pertama, PSM Makassar, hampir saja membuka keunggulan atas Barito Putera. Kemelut didepan gawang M Riyandi, masih belum mampu berbuah gol, setelah sontekan yang di berikan oleh Ilhamudin masih menyentuh mistar gawang PS Barito Putera, yang kemudian bola liar langsung di sapu bersih oleh Azamat Baimatov ke depan.

Hingga jeda turun minum, kedudukan kedua kesebelasan masih 0-0 tanpa ada yang menciptakan gol.

Memasuki babak kedua Barito Putera langsung mencoba menekan pertahanan PSM Makassar. Alhasil pada menit ke 48, Laskar Antasari mampu membuka keunggulan.

Hasil umpan silang dari Bagas Kaffa, berhasil berbuah gol, sundulan dari Alexander Rakic tak mampu dijangkau penjaga gawang PSM Makassar. 0-1 untuk keunggulan Barito Putera.

Berbagai upaya serangan, terus dilancarkan Barito Putera, serangan balik dari anak asuh Djajang Nurjaman lagi-lagi berbuah gol kedua.

Umpan dari tengah lapangan kepada Rafinha, berhasil di kontrol dengan indah, dan mengecoh pemain belakang PSM Makassar, Erwin Gutawa.

Lalu, tendangan plessing dari luar kotak penalti berhasil kembali membobol gawang Syaiful Syamsudin untuk kedua kalinya pada menit ke 60. 0-2 untuk Barito Putera.

Unggul dua gol, Rizky Pora Cs tidak mengendurkan serangannya sedikitpun. Serangan-serangan cepat terus merepotkan kedua sisi pertahanan PSM Makassar.

Meski jual beli serangan terus dilakukan antar kedua tim, namun solidnya lini pertahanan PS Barito Putera masih belum mampu untuk dibongkar oleh PSM Makassar.

Bahkan PSM Makassar pada menit ke 75 hampir saja memperkecil ketertinggalannya, namun Ilhamudin Armayin, yang kala itu menerima umpan dari Hashim Kipuw, rupanya sudah berada di posisis Offside.

Kemudian di menit 81, tendangan bebas yang dilepaskan Anco Jansen, hampir saja membahayakan gawang PS Barito Putera, namun tepisan gemilang yang dilakukan M Riyandi mampu mempertahankan gawangnya dari kebobolan.

Serangan demi serangan terus dilancarkan PSM Makassar untuk memperkecil ketinggalan, namun hingga wasit meniupkan peluit panjang, keunggulan PS Barito Putera tidak berubah.

Dengan hasil ini, PS Barito Putera akhirnya meraih kemenangan perdananya, dan berhasil memberikan kekalahan perdana juga untuk PSM Makassar. (Alth/Afr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *