Bawaslu RI Pantau Langsung PSU Pilgub Kalsel, Pencoblosan Dinilai Berjalan Kondusif

Publica.id, Banjarmasin – Tidak seperti sebelum hari pencoblosan di mana pendukung kedua paslon Gubernur Kalsel saling adu argumen bahkan membuat kondisi politik Banua panas.

Justru pada hari H pencoblosan, suasana kondusif dirasakan masyarakat yang menggunakan hak pilihnya.

Dikatakan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan, pihaknya secara langsung melakukan supervisi pengawasan di PSU yang dinilainya cukup besar.

“PSU berjalan lancar dan kondusif, tidak ada gangguan. Penyelenggaraan berlangsung baik,” kata Abhan pada konfrensi pers, Rabu sore (9/6/2021).

Dia pun mengapresiasi jajarannya atas kerja keras melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengharuskan dilakukannya PSU kepala daerah di Kalsel.

“Saya berterima kasih kepada kawan-kawan jajaran Bawaslu provinsi Kota/Kabupaten hingga kecamatan melakukan kerja di wilayah PSU dengan baik,” ucapnya.

Kendati saat memantau langsung ke TPS, Abhan mengaku menemukan beberapa kekurangan penyelenggaraan di mana ditemukan TPS tidak ramah terhadap penyandang disabilitas dan temuan lainnya. Namun itu baginya hanyalah teknis tidak mengurangi lancarnya PSU di tiap daerah yang melaksanakan.

“Ya, teknisnya kita dapati ada kekurangan adanya TPS tidak rata tanah untuk disabilitas. Kemudian adanya TPS tidak menyiapkan bilik khusus untuk pemilih yang didapati suhu tubuhnya melebihi batas,” ungkapnya.

Selain itu, ditemukan juga sebanyak 25 pemilih di daerah Banjarmasin Selatan pemilih mencoba menggunakan hak pilihnya hanya berbekal form C-6 atau undangan tanpa menunjukkan kartu identitas berupa KTP.

“Mengetahui hal itu, oleh Bawaslu diminta untuk pulang mengambil KTP dan balik lagi kemudian untuk mencoblos. Ini adalah bentuk pencegahan oleh Bawaslu. Nantinya kami akan segera mengumpulkan Form-A untuk melihat laporan kejadian ditiap TPS sehingga dapat melakukan evaluasi,” pungkasnya.

Editor: Ahya Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *