Publica Portal Berita Online
Dewan Sampaikan Rekomendasi LKPj Walikota Tahun 2020. Ini Catatanya! Dewan Sampaikan Rekomendasi LKPj Walikota Tahun 2020. Ini Catatanya!
Publica.id, Banjarmasin – DPRD Kota Banjarmasin menyampaikan rekomenfasi Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) walikota Banjarmasin Tahun 2020 melalui Sidang Paripurna, baru-baru tadi. Sidang paripurna... Dewan Sampaikan Rekomendasi LKPj Walikota Tahun 2020. Ini Catatanya!

Publica.id, Banjarmasin – DPRD Kota Banjarmasin menyampaikan rekomenfasi Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) walikota Banjarmasin Tahun 2020 melalui Sidang Paripurna, baru-baru tadi.

Sidang paripurna yang dilaksanakan, Jumat (16/4/2021) ini dihadiri Penjabat (Pj) Walikota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen, dan dibuka oleh Ketua DPRD kota Banjarmasin, Harry Wijaya, serta diikuti oleh seluruh anggota DPRD serta SKPD di lingkungan Pemerintah kota Banjarmasin.

Ketua DPRD kota Banjarmasin melalui PLT Sekretaris DPRD kota Banjarmasin, Iwan Ristianto membacakan beberapa isi rekomendasi yakni perihal penambahan tenaga ahli di kota Banjarmasin.

Soal pendidikan juga masuk rekomendasi Dewan yang harus diperbaiki, karena adanya sejumlah program atau kegiatan yang tidak bisa direalisasikan lantaran kesalahan input dalam perencanaan.

Sementara bidang kesehatan masih terjadinya lonjakan kasus penularan virus corona (Covid-19), Juknis DAK di Puskesmas yang setiap tahun berubah dan terlambat turun ke tim perencanaan.

Dewan juga menyoroti kinerja SKPD lainnya, seperti bidang lingkungan hidup. Dalam rekomendasi dikeluarkan dengan meminta perlunya penambahan perluasan tempat pembuangan sampah akhir (TPA) karena sampah dibuang sudah melebihi kapasitas.

Sedangkan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang, dalam rekomendasinya meminta agar mengoptimalkan pembebasan lahan untuk kepentingan umum diantaranya revitalisasi jembatan HKSN agar pekerjaan pembangunan jembatan tersebut segera diselesaikan.

Selain dewan juga menyoroti pemotongan anggaran yang cukup besar bidang sungai untuk penanganan Covid-19, sehingga upaya normalisasi sungai untuk pencegahan banjir di kota ini tidak berjalan maksimal.

Secara khusus terkait antisipasi musibah banjir agar dikemudian hari tidak terulang serta masih mewabahnya ancaman virus corona, dewan dalam rekomendasinya mengingatkan Pemko Banjarmasin terus bekerja keras melakukan sejumlah program antisipasi.

Termasuk program membangkitkan kembali perekonomian masyarakat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.
Menanggapi hal tersebut, Akhmad Fydayeen mengungkapkan bahwa rekomendasi keputusan tersebut memang benar sangat diperlukan untuk kemajuan kota Banjarmasin.

“Sementara kita tau sendiri kekurangan-kekurangan yang disebutkan tadi salah satu contohnya adalah personil kita dan segala macam itu akan terus kita evaluasi untuk segera memenuhi apa yang di sampaikan tadi,”ungkap.

Ia pun memastikan, akan segera melaksanakan poin-poin rekomendasi yang telah dibacakan oleh Sekretaris DPRD kota Banjarmasin tersebut bersama jajarannya.

“Kita langsung tindaklanjuti saran hasil DPRD, karena memang itulah salah satu tugas DPRD yaitu melakukan pengawasan dimana semuanya memang harus kita maksimalkan dan kita yakini satu hal apa yang disampaikan tadi adalah hal dalam rangka untuk menuju kota banjarmasin ke arah yang lebih baik lagi,”pungkasnya.

Reporter : Ahya Firmansyah
Editor : husein

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *