Publica Portal Berita Online
Dukung Kesiapan Pariwisata Bali, Sandiaga Uno Berencana Terapkan Mekanisme Travel Bubble Dukung Kesiapan Pariwisata Bali, Sandiaga Uno Berencana Terapkan Mekanisme Travel Bubble
Publica.id, Banjarmasin – Selama tiga hari berkantor di Bali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno sudah melakukan beberapa kunjungan kerja untuk melihat... Dukung Kesiapan Pariwisata Bali, Sandiaga Uno Berencana Terapkan Mekanisme Travel Bubble

Publica.id, Banjarmasin – Selama tiga hari berkantor di Bali, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno sudah melakukan beberapa kunjungan kerja untuk melihat kondisi perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

Dari hasil kunjungan tersebut, Sandiaga Uno menilai bahwa masyarakat sangat menginginkan agar segera kembali dibukanya perbatasan pariwisata dengan mekanisme travel bubble.

Travel bubble adalah ketika negara-negara sepakat untuk membuka perbatasan mereka satu sama lain, tetapi menutup semua perbatasan untuk negara lain. Jadi, orang yang ada dalam travel bubble itu dapat bergerak bebas, tetapi di luar (bubble) tidak bisa masuk.

Mekanisme travel bubble ini nantinya akan mengusung konsep free covid corridors atau koridor bebas Covid-19, seperti yang sudah disampaikan Sandiaga saat menghadiri acara Rakerda PHRI DPD Bali. Sebagai persiapan, Sandiaga meminta pelaku usaha pariwisata disiplin menerapkan protokol clean, healthy, safety, and environtment sustainability atau CHSE.

“Masyarakat pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali memberikan sinyal kesiapan untuk Bali kembali segera dibuka dengan satu mekanisme free covid corridors,” kata Menparekraf Sandiaga Uno seperti dikutip dari laman Kemenparekraf.

Aspirasi dari pelaku pariwisata dan eknomi kreatif di Bali ini nantinya akan disampaikan juga kepada pihak terkait seperti, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Kesehatan, dan lainnya untuk mematangkan perencanaan.

Termasuk mengkaji untuk dimungkinkannya melakukan rapat koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Bali juga Satgas Penanganan Covid-19 pada bulan Maret 2021.

Reporter: M Rizki Fakhrurrazi

Editor: Ahya Firmansyah

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *