Publica Portal Berita Online
Gugatan Ananda Teregister MK, KPU Tunda Penetapan Ibnu Sina Gugatan Ananda Teregister MK, KPU Tunda Penetapan Ibnu Sina
Publica.id, Banjarmasin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin terpaksa menunda rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi Pemilihan Wali Kota Banjarmasin. Rapat pleno yang semestinya... Gugatan Ananda Teregister MK, KPU Tunda Penetapan Ibnu Sina

Publica.id, Banjarmasin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin terpaksa menunda rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi Pemilihan Wali Kota Banjarmasin.

Rapat pleno yang semestinya dijadwalkan, Jumat (7/5/2021) sore terpaksa ditunda. Ini menyusul gugatan pasangan calon Ananda-Mushaffa teregister di Mahkamah Konstitusi.

“Ya di tunda sampai ada info selanjutnya dari kami,” terang Komisioner KPU Banjarmasin M Syafrudin Akbar, Jumat (7/5/2021).

Sebelumnya, Paslon AnandaMu telah mendaftarkan perkara gugatan hasil Pilkada setelah dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) ke MK.

Melihat situs resmi MK, gugatan itu terdaftar dengan Nomor: 18/PAN.MK/APK3/05/2021 dengan nama pelapor Ananda, sementara terlapor KPU Banjarmasin.

Ini kedua kalinya Ananda membawa perkara Pilkada Banjarmasin ke MK. Sebelumnya, AnandaMu juga melakukan gugatan hasil Pilwali Banjarmasin 9 Desember 2020 lalu sehingga dari persidangan itu MK putuskan dilakukan PSU di tiga kelurahan, Mantuil, Basirih Selatan dan Murung Raya.

“Ini karena gugatan paslon nomor 4 sudah teregistrasi di MK,” kata Akbar.

Dengan begitu, KPU belum bisa menetapkan pemenang peroleh suara terbanyak Pilwali Banjarmasin yaitu pasangan calon Ibnu Sina-Arifin Noor.

Melihat dari hasil rekapitulasi KPU Banjarmasin di lima kecamatan Banjarmasin. Paslon pengusung jargon Baiman 2 meraup sebanyak 89.378 suara. Sedangkan pesaing terdekat, paslon nomor 04 Ananda – Mushaffa Zakir, memperoleh 81.262 suara. Total, selisih kedua paslon tersebut adalah 8.116 suara.

Editor: Ahya Firmansyah

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *