Publica Portal Berita Online
Guru dan Tenaga Pendidik Mulai Divaksin Rabu 24 Februari 2021 Guru dan Tenaga Pendidik Mulai Divaksin Rabu 24 Februari 2021
Publica.id, Jakarta – Kementerian Kesehatan RI berencana untuk memberikan vaksin bagi para guru dan tenaga pendidik, Rabu 24 Februari 2021. “Oh, iya kami sudah... Guru dan Tenaga Pendidik Mulai Divaksin Rabu 24 Februari 2021

Publica.id, Jakarta – Kementerian Kesehatan RI berencana untuk memberikan vaksin bagi para guru dan tenaga pendidik, Rabu 24 Februari 2021.

“Oh, iya kami sudah merencanakannya (vaksinasi guru dan tenaga pendidik). Nanti rencananya tanggal 24 (Februari) di Jakarta sudah akan kita mulai,” kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi Dalam dialog Tim Advokasi Vaksinasi-Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Minggu (21/2).

Nadia mengatakan, guru dan tenaga pendidik merupakan target sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

“Nanti untuk pengaturannya di daerah akan ditentukan oleh dinas kesehatan masing-masing.”

Untuk vaksinasi Covid-19 tahap kedua menyasar petugas pelayanan publik, termasuk guru dan tenaga pendidik serta lansia di atas 60 tahun. Target sasaran, yakni 5.057.582 tenaga pendidik di Indonesia.

“Jadi, (vaksinasi Covid-19 tahap kedua) karena ini kan memang spesifik untuk usia di atas 60 tahun, pemberi pelayanan publik yang mencakup guru dan tenaga pendidik juga akan diatur (vaksinasi) nanti sesuai dengan stok vaksin yang diterima oleh teman-teman di dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota,” lanjut Nadia.

Sementara itu, Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G), Satriwan Salim meminta, para guru yang menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di tengah pandemi Covid-19 harus menjadi prioritas penerima vaksin.

“Yang diutamakan adalah sekolah-sekolah atau guru-guru yang sudah menjalankan PTM. Karena kita tahu Januari, Februari ini sudah ada beberapa daerah, kota dan kabupaten di Indonesia yang sudah mulai melaksanakan PTM,” kata Satriwan, Selasa (23/2).

Dia menilai, prioritas vaksinasi untuk guru yang menjalankan PTM sangat penting guna menghindari penularan virus saat berinteraksi di sekolah.

“Mereka sudah berinteraksi intens dengan murid-murid ya, dan sesama guru atau tenaga kependidikan dan orang tua. Jadi saya rasa sekolah-sekolah yang sudah melaksanakan PTM lebih dulu ini mestinya divaksinasi,” tegas dia.

Sumber: liputan6.com/medcom.id

Editor: Muchroni

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *