Humas Harus Kreatif dan Inovatif Menyampaikan Informasi ke Publik

Humas Harus Kreatif dan Inovatif Menyampaikan Informasi ke Publik

April 6, 2022 Off By publica id

Publica.id, Banjarmasin – Seiring trend zaman, Divisi Humas pun kini perlu inovasi atau terobosan dalam menyampaikan informasi kepada publik.

Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Data-Informasi (Datin) Bawaslu Kota Banjarmasin, Drs Munawar Khalil mengungkapkan hal itu usai mengikuti Rakor Kehumasan guna mempertegas Peran Humas Bawaslu dalam Pemilu Tahun 2024 mendatang, Rabu, (6/4/2022) yang digelar Divisi Hukum, Humas, dan Datin Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan secara virtual.

Menurut Khalil, perlunya inovasi atau terobosan baru dalam penyampaian informasi, khususnya terkait informasi pengawasan tahapan dan proses pemilu, jelas menjadi tantangan.

“Ide-ide kreatif dan kekinian kita perlukan,” imbuh Khalil.

Tapi, lanjutnya, Humas Bawaslu tetap masih bisa menggunakan atau memanfaatkan media atau saluran informasi yang sudah ada atau tersedia, seperti media website yang dimiliki maupun rilis ke media massa dan media sosial semacam Facebook dan Instagram maupun YouTube.

“Kita masih bisa menggunakan semua itu secara simultan, bahkan juga dengan YouTube dan melalui forum-forum,” katanya.

Dia pun menegaskan, intinya agar publik mengetahui apa yang telah, sedang, dan akan Bawaslu lakukan.
Memang, katanya, seperti penyampaian informasi melalui website, perlu dukungan SDM yang memiliki skill ala jurnalis, sehingga judul beritanya seksi dan mampu menggoda, mengundang orang untuk membacanya.

“Lebih baik lagi jika kontennya enak dibaca,” tambah Khalil.

Tujuan berita-berita Humas itu tidak lain, agar Bawaslu menjadi institusi terpercaya.

“Akan muncul persepsi atau opini publik yang positif, yang berujung pada adanya dukungan moril dari publik terhadap apa yang Bawaslu laksanakan, khususnya dalam hal kerja-kerja pengawasan,” jelasnya.

Kordiv Hukum, Humas, dan Datin Jawa Barat, Lolly Suhenty yang juga calon terpilih anggota Bawaslu RI tampil sebagai Keynote Speakers sekaligus memberikan materi mengenai peran Bawaslu pada Pemilu 2024. (mun)