Kadispora Kalsel: Desa Sungai Rangas Tengah Potensial Dijadikan Sport Tourism

Kadispora Kalsel: Desa Sungai Rangas Tengah Potensial Dijadikan Sport Tourism

Mei 16, 2022 Off By publica id

Publica.id, Martapura – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah mengungkapkan, Desa Sungai Rangas Tengah, Martapura, Kabupaten Banjar saat ini memiliki potensi menjadi destinasi wisata berbasis olahraga.

Pasalnya, beberapa kali even olahraga kebudayaan seperti lomba jukung tradisional diselenggarakan di tempat ini.

Hal itu kemudian, menurut Hermansyah mampu membawa nama Desa Sungai Rangas Tengah menjadi objek wisata bagi wisatawan lokal maupun luar.

“Mudahan desa ini menjadi destinasi wisata khususnya untuk pengembangan budaya lokal kita yaitu lomba jukung tradisional,” terangnya usai membuka Lomba Jukung Tradisional Gubernur Kalsel Cup 2022, Minggu (15/5).

Melalui even semacam ini, dikatakan Kadispora telah mengangkat pariwisata daerah, sehingga even ini akan dijadikan agenda tahunan.

“Kita bisa nilai karena lokasinya bagus. Ini dapat menjadi tempat alternatif nantinya bagi dayung Kalsel sebagai pusat latihan atlet kita,” ujarnya.

Untuk mengangkat potensi yang ada tersebut, Hermansyah mengatakan melalui even Lomba Jukung ini akan memaksimalkan lagi gaungnya.

“Karena kita melihat hal ini untuk promosi wisatanya juga bagus. Sehingga di sini bisa menjadi sport tourism,” tandasnya.

Sementara Kepala Desa Sungai Rangas Tengah, Muhammad Noor mengungkapkan, even Lomba Jukung Tradisional ini menjadi lomba terbesar, dibantu Dispora Kalsel. Ini pun dikatakannya, telah mengangkat ekonomi masyarakat sekitar.

“Lomba ini sekaligus mengangkat desa wisata. Mudahan bisa terus berkembang dengan even even lain,” pungkasnya.

Editor: Ahya Firmansyah