Publica Portal Berita Online
Lagi, Pampangan Eceng Gondok Menutup Sungai Martapura Lagi, Pampangan Eceng Gondok Menutup Sungai Martapura
Publica.id, Banjarmasin – Hamparan sampah berupa ranting dan batang pohon bercampur eceng gondok kembali menutup sebagian permukaan Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sampah... Lagi, Pampangan Eceng Gondok Menutup Sungai Martapura

Publica.id, Banjarmasin – Hamparan sampah berupa ranting dan batang pohon bercampur eceng gondok kembali menutup sebagian permukaan Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sampah yang disebut juga pampangan ini larut tersangkut tiang permukaan Sungai Martapura tepatnya di bawah Jembatan Antasari Banjarmasin sejak Minggu (7/3/2021) pagi.

Serangan sampah yang datang dari hulu Sungai Martapura terus menjadi fenomena sampah seperti sudah menjadi rutinitas jika musim hujan. Bahkan, luasannya terkadang mencapai seperti lapangan sepak bola dengan diperkirakan ketebalan 60 Cm lebih.

Sampah ini pun kerap mengganggu aktivitas warga yang masih memanfaatkan jalur lalu lintas sungai seperti Kelotok (perahu bermesin) hingga speed boat yang membawa penumpang dan bahan pokok.

Rahmad, warga Banjarmasin yang penasaran melihat banyaknya sampah tersangkut pun berkomentar, ia sangat menyayangkan Sungai Martapura yang menjadi salah satu destinasi wisata menjadi kotor akibat sampah.

“Sayang sekali ya banyak sampai menumpuk, kelotok ga bisa lewat sini, sudah sering seperti ini,” ucapnya.

Ia berharap penanganan sampah musiman ini bisa dicarikan solusi agar tak mencemari sungai Martapura yang saat ini masih menjadi urat nadi kehidupan masyarakat.

“Semoga saja ada solusi, kotor sungai jadinya,” keluhnya.

Sementara, dari pantauan pada Minggu (7/3/2021) pagi. Meski ada satu unit kapal Sapu-sapu yang berusaha membuka jalur akibat tertutup sampah, namun upaya itu belum membuahkan hasil karena banyaknya dan tebalnya sampah. (Dic)

Editor: Ahya Firmansyah

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *