Publica Portal Berita Online
Lindungi Saksi dari Intimidasi, AnandaMu Koordinasi ke Polda Kalsel Lindungi Saksi dari Intimidasi, AnandaMu Koordinasi ke Polda Kalsel
Publica.id, Banjarmasin – Pihak kuasa hukum pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota nomor urut 4 Ananda-Mushaffa sebelum bertolak ke Bawaslu Kalsel lebih... Lindungi Saksi dari Intimidasi, AnandaMu Koordinasi ke Polda Kalsel

Publica.id, Banjarmasin – Pihak kuasa hukum pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota nomor urut 4 Ananda-Mushaffa sebelum bertolak ke Bawaslu Kalsel lebih dulu mendatangi Polda Kalsel, Selasa (12/1/2021) sore.

Kedatangan pihak kuasa hukum ke Mapolda Kalsel dirasa perlu untuk melindungi para saksi yang siap mengungkap adanya dugaan kecurangan pada gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banjarmasin 2020 tadi.

Ketua Tim Kuasa Hukum AnandaMu, Dr Bambang Widjojanto menyampaikan, tidak ingin ada intimidasi kepada saksi untuk tidak mengungkapkan kebenaran atas adanya dugaan pelanggaran. Sehingga dirinya bersama tim merasa perlu berkoordinasi kepada kepolisian untuk keamanan para saksi.

“Orang-orang yang ingin membantu mengungkapkan kecurangan ini maka kami berkoordinasi dengan pihak aparat kepolisian. Jangan sampai ada kriminalitas yang terjadi kepada saksi yang ingin memberikan bukti,” terang Bambang.

Bambang mengaku adanya intimidasi karena mengetahui ada begitu banyak tindakan-tindakan pelanggaran.

“Usai dari Polda kami kemudian ke Bawaslu untuk menyerahkan sebanyak 56 bukti pelanggaran yang diduga dilakukan calon petahana nomor 2. Kami menyerahkan proses itu ke Bawaslu yang mempunyai otoritas,” jelas mantan Wakil Ketua KPK periode 2011-2015 ini.

Sebagai pelapor, menurutnya pihaknya berupaya menyerahkan bukti-bukti untuk membuktikan kebenaran atas laporan mereka.

“Sedikit saya ungkapkan di sini, pelanggaran itu dimulai dari saat petahana masih menjabat hingga selama proses kampanye. Ketika ini bisa dikonstruksi, maka terlihat kecurangan yang besar sekali. Maka upaya kami menjelaskan itu,” pungkasnya.

Editor: Ahya Firmansyah

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *