Publica Portal Berita Online
LPS Catatkan Total Aset Rp 148 Triliun Per Maret 2021 LPS Catatkan Total Aset Rp 148 Triliun Per Maret 2021
Publica.id,  Jakarta – Aset dan total investasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terus mengalami peningkatan. LPS mencatat,  setidaknya per Maret 2021 total total aset LPS... LPS Catatkan Total Aset Rp 148 Triliun Per Maret 2021

Publica.id,  Jakarta – Aset dan total investasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terus mengalami peningkatan. LPS mencatat,  setidaknya per Maret 2021 total total aset LPS mencapai Rp148,96 triliun.

“Tahun ini kita perkirakan apabila tidak ada sesuatu yang istimewa atau perubahan yang sifatnya material, total aset dan cadangan penjaminan LPS diproyeksikan meningkat menjadi Rp 160,18 triliun,” kata Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa belum lama ini.

Dikatakan Purbaya, kinerja LPS saat ini, masih cukup baik, mengingat kondisi yang juga menurutnya relatif normal. Menurutnya LPS saat ini melihat tanda positif yang mengindikasikan pergerakan ekonomi ke arah lebih baik, yaitu  adanya tren shifting dari simpanan deposito ke bentuk giro.

“Pertumbuhan giro yang tinggi, disertai oleh penurunan deposito, memberi indikasi bahwa para pelaku ekonomi mulai siap-siap melakukan ekspansi dengan menambah dana yang siap pakai dalam waktu dekat. Ini suatu hal yang positif dalam perekonomian kita,” terangnya.

Menjawab pertanyaan tentang BPR yang gagal menurutnya, angkanya masih dalam batas rata-rata.

“Dari evaluasi kami biasanya dikarenakan ada fraud dari pengurus BPR, jadi sedikit sekali kegagalan bank tersebut yang disebabkan oleh krisis atau ekonomi yang memburuk,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan lembaganya akan mempelajari situasi ini dan jika keadaan masih berlanjut maka akan dilakukan langkah-langkah untuk memperbaiki keadaan ini.

“Kami akan memberikan edukasi terhadap pengurus BPR tentang manajemen BPR yang baik. Pesan kami kepada BPR, apabila ada fraud, pemilik BPR harus bayar (kerugian tersebut) dan mereka tidak bisa lari dari tanggung jawab mereka,” tambahnya.

Reporter:  Fahdiansyah Kasmiri

Editor:  Ahya Firmansyah

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *