Panas Isu Politik Uang pada PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu: Kami Belum Dapati Laporan

Publica.id, Banjarmasin – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalsel mengaku sampai dengan berakhirnya masa pencoblosan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel, Rabu 9 Juni belum ada laporan masuk atau temuan praktik politik uang.

Padahal, sebelum terselenggaranya PSU Pilgub Kalsel, ruang publik disuguhkan dengan isu akan adanya praktik politik uang pada PSU.

Tak dipungkiri, isu itu dihembuskan kencang seakan politik uang akan dilakukan salah satu paslon untuk bisa mempengaruhi pilihan politik warga pemilih.

Bahkan, atas isu yang berhembus, muncul Satuan Tugas Anti Politik Uang dari masyarakat dan organisasi kemasyarakatan yang hadir untuk berpatroli selama jelang tahapan PSU memastikan tidak adanya praktik curang.

Koordinator Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kalsel, Azhar Ridhanie mengatakan pihaknya telah melakukan patroli selama waktu tahapan PSU. Namun, adanya kegundahan akan adanya praktik curang tersebut tidak ditemui pihaknya di lapangan.

“Kami tdak ada menemukan secara konkrit upaya politik uang sebelum PSU maupun pada hari PSU itu sendiri,” kata Azhar pada conference press Bawaslu hari ini.

Dikatakan Azhar Ridhanie, Bawaslu sudah melakukan keliling patroli ke kampung-kampung, sampai hari H PSU.

“Kami menunggu laporan bahkan berpatroli. Tapi sampai saat ini belum ada laporan terkait politik uang pada PSU kali ini,” jelasnya.

Pihak Bawaslu RI yang secara langsung turun melihat penyelenggaraan PSU Pilgub Kalsel menilai jalannya PSU lancar, aman dan kondusif.

“Ini adalah PSU terbesar karena melibatkan tiga daerah. Dua kabupaten satu kota. Untuk itu kami memberikan perhatian pada PSU yang sebelumnya merupakan jadi keputusan Mahkamah Konstitusi untuk dilangsungkan,” ungkap Ketua Bawaslu RI Abhan.

Dia pun mengapresiasi jajaran Bawaslu yang sudah bekerja keras hadir ke masyarakat memberikan edukasi dan sosialisasi terhadap tahapan PSU ini sehingga jalannya penyelenggaraan PSU bisa lancar.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bawaslu Provinsi, Kota, dan Panwascam yang sudah menjalankan tugas dengan baik,” ucapnya.

Editor: Ahya Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *