Publica Portal Berita Online
Pastikan Amar Putusan MK Berjalan Lancar, KPU RI Tinjau Pelaksanaan PSU Banjarmasin Pastikan Amar Putusan MK Berjalan Lancar, KPU RI Tinjau Pelaksanaan PSU Banjarmasin
Publica.id, Banjarmasin – Menyusul Bawaslu RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI juga turun langsung meninjau pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilwali 2020 di Banjarmasin.... Pastikan Amar Putusan MK Berjalan Lancar, KPU RI Tinjau Pelaksanaan PSU Banjarmasin

Publica.id, Banjarmasin – Menyusul Bawaslu RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI juga turun langsung meninjau pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilwali 2020 di Banjarmasin.

Anggota KPU RI Arif Budiman, pada Rabu (28/4/2021) pagi juga melihat langsung proses PSU di TPS 16 Kelurahan Murung Raya, Banjarmasin Selatan.

“Pagi ini saya akan lihat langsung di beberapa tempat, sampai saat ini dari laporan KPU kota tidak ada yang menghambat proses PSU,” katanya.

Menurutnya, tak ada catatan khusus saat melakukan peninjauan di sejumlah TPS yang melaksanakan PSU.

“Ga ada catatan, saya lihat semua sudah dilaksanakan sesuai amar putusan MK seluruh TPS untuk dilakasanakan PSU sudah dijalankan,” ucapnya kepada awak media.

Ia mengimbau kepada warga agar menggunakan hak pilihnya, dengan harapan tingkat partisipasi pemilih lebih tinggi dari pelaksanaan pemilu 9 Desember lalu.

“Sampai saat ini kita dapat laporan Pemilih sudah 50 persen, Tinggal masing-masing TPS agar menginformasikan kepada warga untuk menggunakan hak pilihnya sampai jam 1 siang nanti,” ujarnya.

Ia berharap, pelaksanaan PSU disemua TPS berjalan lancar sampai selesai agar bisa dilaporkan ke MK menetapkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih.

“Setelah proses perekapan dan ditetapkan di KPU kota nanti, akan kita langsung laporkan ke MK,” terangnya.

Seperti diketahui PSU ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut putusan Mahkamah Konstitusi dalam sidang sengketa pilkada nomor 21/PHP.KOT-XIX/2021.  PSU Pilwakot Banjarmasin ini akan dilaksanakan 28 April 2021.

Ketiga Kelurahan itu terletak di Kecamatan Banjarmasin Selatan diantaranya di Kelurahan Murung Raya, Kelurahan Mantuil dan Kelurahan Basirih Selatan. Terdapat 80 TPS dengan daftar pemilih sebanyak 29.057. (Dic)

Editor:  Ahya Firmansyah

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *