Publica Portal Berita Online
Pemko Banjarmasin Dapat Penghargaan dari KLHK Pemko Banjarmasin Dapat Penghargaan dari KLHK
Publica.id, Banjarmasin – Upaya Pemerintah Kota (Pemko) dalam program Banjarmasin Kota Bebas dari kantong plastik pun berbuah manis. Buktinya, Kota Banjarmasin diganjar penghargaan atas... Pemko Banjarmasin Dapat Penghargaan dari KLHK

Publica.id, Banjarmasin – Upaya Pemerintah Kota (Pemko) dalam program Banjarmasin Kota Bebas dari kantong plastik pun berbuah manis. Buktinya, Kota Banjarmasin diganjar penghargaan atas kinerja pengurangan sampah.

Penghargaan diumumkan secara virtual oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam kegiatan bertepatan puncak Peringatan Hari Pengurangan Sampah Nasional (HPSN), Senin (22/2/2021).

Selain mendapat penghargaan, Pemko Banjarmasin juga diganjar uang senilai Rp 6,2 miliar. Uang tersebut merupakan Dana Insentif Daerah (DID) yang diberikan Kementrian.

“Hari ini Menteri LHK, Siti Nurbaya memberikan penghargaan pengurangan sampah plastik berserta insentifnya senilai Rp 6,2 miliar,” ucap Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Marzuki.

Zeck-sapaan akrabnya, menyebutkan, DID tersebut nantinya akan digunakan untuk kepentingan sarana dan prasaran kebersihan kota, seperti melakukan penambahan armada dan pembuatan TPS.

“Insentif tersebut akan digunakan untuk sarana dan prasarana kebersihan. Bisa digunakan untuk armada juga,” ujarnya.

Sebelum ditetapkan sebagai salah satu dari 13 daerah yang berhasil meraih penghargaan dari KLHK, tentunya sudah dilakukan penilaian terlebih dahulu.

Penghargaan ini merupakan kali kedua yang diraih Pemko Banjarmasin. Zeck berharap pengurangan sampah plastik di Kota Seribu Sungai ini dapat terus ditingkatkan ditahun berikutnya.

Reporter : M Syaiful Riki
Editor : Husein

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *