Publica Portal Berita Online
Penjualan dan Produksi Ikan Asin di HSU Meninggkat pada Musim Kemarau Penjualan dan Produksi Ikan Asin di HSU Meninggkat pada Musim Kemarau
Publica.id, Amuntai – Penjualan dan produksi ikan asin lokal di Kabupaten HSU mengalami peningkatan saat memasuki musim kemarau. Penjualan bisa meningkat karena banyak dari... Penjualan dan Produksi Ikan Asin di HSU Meninggkat pada Musim Kemarau

Publica.id, Amuntai – Penjualan dan produksi ikan asin lokal di Kabupaten HSU mengalami peningkatan saat memasuki musim kemarau. Penjualan bisa meningkat karena banyak dari warga di daerah pesisir Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ada yang tetap mencari ikan pada saat musim kemarau.

Imah salah satu warga Kecamatan Alabio mengatakan saat musim kemarau banyak yang membuat ikan asin jenis Sapat. Ikan Sapat yang memiliki ukuran kecil ini memang banyak ditemukan di daerah rawa dan juga di aliran sungai di HSU.

“Jika langsung dijual harganya murah, tapi jika dibuat ikan asin harganya lebih mahal dan bisa disimpan dalam waktu lebih lama jika ingin dikonsumsi sendiri,” ujarnya.

Hasil tangkapan ikan pada saat musim kemarau, kata Imah memang kebanyakan akan diolah menjadi ikan asin.

“Kalau musim kemarau sinar matahari sangat mendukung, sehingga produksi bisa meningkat pada saat musim kemarau,” ujarnya.

Untuk penjualan ikan asin di HSU saat ini sudah terdapat sentra ikan asin di sekitar kawasan Pasar Alabio Kecamatan Sungai Pandan.

Sentra Pasar ikan asin juga banyak menjual berbagai macam jenis ikan asin termasuk ikan asin laut.

Reporter: M Yoga Wiratama

Editor: Ahya Firmansyah

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *