Ratusan Hektar Tanaman Padi di Anjir Pasar Terancam Gagal Panen

Ratusan Hektar Tanaman Padi di Anjir Pasar Terancam Gagal Panen

Juni 21, 2022 Off By publica id

Publica.id, Marabahan – Ratusan hektar tanaman padi milik kelompok tani mufakat di Desa Berunai Baru Kecamatan Anjir pasar, Kabupaten Batola, terancam gagal panen.

Ini akibat tanaman padi mereka terserang hama tungro dan ulat, yang mana mengakibatkan tanaman padi mereka mengalami kerusakan.

Dari luasan lahan pertanian kurang lebih 350 hektare ada terdapat 90 % tanaman padi terserang hama tungro dan ulat, dengan kondisi tanaman saat ini mengalami rusak parah dan rusak sedang.

Akibat serangan hama penyakit tersebut mengakibatkan tanaman padi pertumbuhannya kerdil tidak seperti biasanya. Tidak hanya itu, daun tanaman padi sebagian besar berwarna kuning dan mengering, serta parahnya lagi akibat serangan hama tungro dan ulat mengakibatkan tanaman padi sebagian mati.

“Dari tanaman padi luasan 350 hektare ada terdapat 90 % terserang hama tungro dan ulat, yang mengakibatkan kerusakan parah dan mengalami rusak sedang pada tanaman padi,” ungkap Ketua kelompok tani mufakat Desa Berunai Baru, Aspihan, Selasa (21/6/2022).

Menurut Aspihan, pihaknya padahal telah melakukan penyemprotan, sebagian ada yang membaik namun sebagian besar pertumbuhan mengerdil dan sebagian juga mati.

“Dengan melihat kondisi tanaman padi saat ini, bisa diperkirakan tanaman padi di Desa Berunai Baru mengalami gagal panen,” pungkasnya. (IBR/AFR)