Publica Portal Berita Online
Rekapitulasi PSU Dimulai, Banjarmasin Punya Wali Kota Sebelum Lebaran Rekapitulasi PSU Dimulai, Banjarmasin Punya Wali Kota Sebelum Lebaran
Publica.id, Banjarmasin – Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin telah selesai. Surat suara hasil dari pencoblosan di 80... Rekapitulasi PSU Dimulai, Banjarmasin Punya Wali Kota Sebelum Lebaran

Publica.id, Banjarmasin – Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin telah selesai.

Surat suara hasil dari pencoblosan di 80 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sekarang seluruhnya telah berada di kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah mengatakan proses rekapitulasi perolehan suara di tingkat Kecamatan akan mulai dilakukan selama dua hari.

Yakni tanggal 29-30 April 2021. Selanjutnya, rekapitulasi akan dilakukan di tingkat kota selama tiga hari terhitung mulai tanggal 1-3 Mei mendatang.

“Teknisnya akan kita sesuaikan. Mengingat ini juga dalam suasana puasa. Tentu kita melihat kondisi kawan-kawan di lapangan. Yang penting kita sudah menjadwalkan,” sebutnya, Kamis (29/4/2021).

Rahmi menekankan sebagai penyelenggara hanya akan menetapkan perolehan suara sesuai dengan penghitungan manual yang dilakukan secara berjenjang.

“Kami hanya akan menetapkan hasil perolehan suara di tiap tingkatan. Mulai dari TPS, Kecamatan sampai dengan tingkat Kota,” tekannya.

Setelah semua tahapan ini berakhir, jika tidak ada permohonan sengketa dalam lima hari ke depan, maka akan dilakukan penetapan pasangan calon terpilih tanpa permohonan sengketa.

Kemudian pengusulan pengesahan pengangkatan terpilih, paling lama tiga hari setelah penetapan calon terpilih.

“Kita terujikan paling lambat setelah lebaran sudah kita tetapkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih,” tutupnya.

Terpisah, Komisoner KPU Kota Banjarmasin, Syafruddin Akbar menambahkan, pada proses rekapitulasi tingkat Kecamatan dibacakan hasil penghitungan suara di tingkat TPS.

“Akan dibacakan hasil dari TPS satu persatu. Ini baru kelurahan Mantuil. Setelah selasai akan di Plenokan untuk penetrasi. Hasilnya akan diserahkan ke KPU untuk rekapitulasi tingkat Kota. Mungkin disitu nanti kita gabung dengan wilayah PSU,” tandasnya. (Dic)

Editor:  Ahya Firmansyah

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *