Sumbat Aliran Sungai, 14 Kios di Pasar Kuripan Dibongkar

Publica.id, Banjarmasin – Empat belas kios yang ada kawasan Pasar Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur akan dibongkar Pemerintah Kota Banjarmasin, Sabtu (13/1/2021).

Belasan kios tersebut perlu dibongkar karena dianggap menjadi penyebab penyumbat aliran sungai Veteran. Buktinya, sudah sepekan terakhir di sekitar kawasan tersebut masih terendam banjir.

“Kita sudah melakukan rapat bersama pemilik kios. Dua yang tidak hadir kami anggap setuju dan intinya semua sepakat,” kata Kepala Bidang PSDP dan Pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banjarmasin, Ichrom Muftezar.

Berdasar hasil rapat, ungkap Tezar, pembongkaran kios dilakukan pada Sabtu (23/1/2021) malam. Artinya, seluruh pemilik kios diberikan waktu sampai pukul 16.00 Wita sore untuk memindahkan seluruh barang mereka.

Untuk kompensasi, katanya, Pemko Banjarmasin menyediakan sebanyak 14 kios di Pasar Kuripan lantai dasar untuk mereka tempati dan diharapkan mereka siap untuk membayar retribusi.

Untuk diketahui, kios-kios itu adalah bangunan yang sudah lama tidak ada aktivitas perdagangannya, dan sudah tidak membayar retribusi bertahun-tahun.

“Sesuai Perda itu boleh diambil kembali oleh Pemko. Selesai rapat pemilik kios juga langsung melakukan pengundian kios. Bagi penyewa silahkan menghubungi pemilik toko untuk sewa ulang,” tambahnya.

Ichrom berharap, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bisa melakukan penataan sungai Veteran dengan baik dan indah setelah belasan kios itu dibongkar sehingga nantinya bisa memperlancar pembuangan air yang tergenang.

Selain itu dengan anggaran yang tersedia, pihaknya juga akan berupaya membuat sesuatu yang bisa menunjang keindahan sungai Veteran.

“Kita harap tidak ada lagi nantinya bangunan-bangunan di atas bantaran sungai yang membuat saluran tersumbat,” tutupnya.

 

Reporter: M Syaiful Riki

Editor: Muchroni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *