Publica Portal Berita Online
Tantang Bank Dorong Kredit, LPS Kaji Bebaskan Iuran Premi Tantang Bank Dorong Kredit, LPS Kaji Bebaskan Iuran Premi
Publica.id, Jakarta – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melalui Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menyatakan pihaknya masih mengkaji keinginan bebas iuran premi penjaminan.... Tantang Bank Dorong Kredit, LPS Kaji Bebaskan Iuran Premi

Publica.id, Jakarta – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melalui Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menyatakan pihaknya masih mengkaji keinginan bebas iuran premi penjaminan.

Menurut Purbaya, pada dasarnya ruang untuk melaksanakan hal tersebut selalu terbuka.

“Perubahan tingkat premi akan dikonsultasikan dengan DPR. Pertimbangan kami, kalau itu bisa berdampak positif bagi perbankan, dan pemulihan ekonomi bisa lebih cepat, maka hal itu layak kita tempuh,” ujarnya belum lama tadi.

Tetapi menurutnya lagi, tentu ada syarat, antara lain bank harus lebih aktif menyalurkan kredit.

“Syaratnya, dana di perbankan tadi benar-benar disalurkan dalam bentuk kredit dan tidak disimpan kembali di BI, jadi hal itu dahulu yang saat ini kita cermati apakah perbankan sudah agresif menyalurkan kredit, jika perbankan sudah mulai proaktif menyalurkan kreditnya dan sudah mulai mengurangi penempatan dana di BI, maka kami pun akan dengan agresif mengejar kebijakan tersebut,” jelasnya.

Saat ditanyakan apakah kebijakan itu apabila nantinya diterapkan akan berpengaruh bagi kinerja LPS, ia menyatakan dalam ruang lingkup yang lebih luas, kebijakan itu dinilai tidak akan berpengaruh, bahkan menurutnya apabila LPS dapat membantu industri perbankan, maka hal ini akan mengurangi kemungkinan beban resolusi bagi LPS di masa depan.

Saat ini pertumbuhan kredit masih negatif, para pelaku usaha belum merasakan penurunan bunga yang cukup signifikan walaupun bunga deposito sudah turun.

“Pemerintah juga akan selalu berusaha untuk terus menumbuhkan optimisme kepada pasar, agar para pelaku bisnis berani mengambil resiko untuk meminjam kembali kepada perbankan,” pungkasnya.

Reporter:  Fahdiansyah Kasmiri

Editor:  Ahya Firmansyah

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *