Infinix Zero 20: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Infinix kembali meramaikan pasar smartphone mid-range melalui, Infinix Zero 20. Produk ini merupakan salah satu smartphone unggulannya yang digadang-gadang mendobrak pasar smartphone di kelas menengah, melalui spesifikasi yang ciamik.

Infinix Zero 20 menawarkan spesifikasi dan fitur premium, layaknya smartphone kelas atas, termasuk chipset gahar, kamera mantap, dan baterai dengan dukungan teknologi terbaru.

Infinix menyematkan tagline World’s Best Vlog Camera. Itu menegaskan bahwa spesifikasi kamera selfie menjadi unggulan utamanya. Banyak yang mengklaim bahwa Infinix Zero 20 merupakan smartphone terbaik 2022 di kelas harga 3 jutaan. Benarkah begitu?

Meski menawarkan spesifikasi dengan inovasi kelas premium, smartphone ini pastinya juga mempunyai kekurangan. Yuk simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 20 sebagai berikut.

Spesifikasi Infinix Zero 20

Umum
BrandInfinix
Tahun RilisJanuari 2023
Layar
PanelAMOLED
Ukuran6.7 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate90Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi164.4 x 76.7 x 8 mm
Berat196 g
MaterialGlass front, aluminum frame
Pilihan WarnaSpace Gray, Glitter Gold, Green Fantasy
Hardware
ChipsetMediaTek Helio G99
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G57 MC2
RAM8GB
Memori Internal128GB/256GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi108 MP + 13 MP + 2 MP
FiturQuad-LED flash, HDR, panorama
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi60 MP
FiturDual-LED flash, HDR
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceXOS 12
Baterai
Kapasitas4500 mAh
ChargingFast charging 45W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band
NFCYa
BluetoothYa
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Infinix Zero 20

Infinix Zero 20 hanya menawarkan satu varian 8/256 GB dan dibanderol dengan harga resmi Rp 3.499.000.  

Kelebihan Infinix Zero 20

1. Desain elegan dan ramping

Infinix Zero 20 mengusung desain flat, baik layar maupun frame dengan finishing matte pada back cover-nya. Meski demikian, frame-nya tidak terlalu tajam sehingga tetap nyaman digenggam. Overall, penampilannya sudah cukup keren di kelas harganya.

Smartphone ini mempunyai bobot 196 gram dan ketebalan 8 mm. cukup tipis dan tidak terlalu berat. Sementara itu, ada opsi 3 warna yang bisa kamu pilih, termasuk Glitter Gold, Green Fantasy, dan Space Grey.

Bagian depan membawa bentuk tetesan air (waterdrop) sebagai rumah kamera selfie.

2. Layar AMOLED 90 Hz

Infinix Zero 20 membawa panel AMOLED 6.7 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate hingga 90 Hz.

Layar tersebut mempunyai tingkat kecerahan maksimal 520 nit untuk didalam ruangan. Dengan tingkat tersebut, layar bisa terbaca cukup jelas meski berada di bawah terik sinar matahari.

Infinix juga menawarkan opsi warna layar, yakni Original Color dan Bright-colored mode. Pada mode Original, cakupan color gamut menawarkan 99.9% sRGB atau 97.6% DCI P3.

Fitur refresh rate mengadopsi fitur auto-switch yang mana layar bisa menyesuaikan kebutuhan refresh rate sesuai dengan aplikasi yang kamu buka. Untuk touch sampling rate, Infinix tidak memberikan informasi secara detail. Namun saat pengujian dengan Real Drum, sentuhan cukup responsif dan tidak ada delay.

3. Kamera Selfie 60 MP+OIS

Infinix Zero 20 membenamkan kamera selfie 60 MP yang sudah mendukung fitur AutoFocus dan Optical Image Stabilization (OIS). Ini luar biasa. Sulit mencari tandingan smartphone lain yang menawarkan spesifikasi kamera yang sama di kelas harga 3 jutaan, bahkan lebih.

Tak tanggung-tanggung, kamera selfie tersebut mendukung perekaman video hingga [email protected] dan [email protected] Selain itu, pada bazel atas kanan terdapat LED Flash untuk pencahayaan tambahan saat kondisi low light.

Kamera selfie manawarkan gambar dengan detail yang tinggi dan bokeh naturalnya juga mantap. Kamu juga bisa menggunakan fitur HDR video untuk mendapatkan pencahayaan yang seimbang. Fitur ini sulit ditemukan pada smartphone lain di kelas harga, bahkan di atasnya.

Selain itu, Auto Focus pada kamera selfie bekerja dengan baik. Fitur OIS juga cukup baik untuk meredam goncangan saat pengambilan video.

4. Setup Kamera Belakang Mantap

Sementara itu, Infinix membawa konfigurasi 3 kamera belakang yang mantap. Ada kamera utama 108 MP, kamera ultra wide 13 MP, dan depth sensor.

Kamera utama menawarkan perekaman video hingga [email protected] atau [email protected] serta slow motion [email protected] fps. Sementara itu, kamera ultra wide menawarkan tangkapan yang lebih luas dan didukung perekaman video hingga [email protected]

Menariknya, kamera ultra wide tersebut sudah menawarkan fitur Auto Focus. Ini menarik mengingat tidak banyak kompetitornya yang membenamkan fitur tersebut di kelas 3 jutaan. Hebatnya lagi, kamera tersebut juga bisa digunakan sebagai kamera makro.

Kamera utama menawarkan gambar yang menawan, dengan ketajaman yang natural.

5. Performa ngebut MediaTek Helio G99

Infinix Zero 20 ditenagai dengan SoC Mediatek Helio G99 dengan fabrikasi 6 nm. Chip tersebut diklaim sebagai SoC 4G paling powerful di tahun 2022. Chip tersebut berpadu dengan 8 GB RAM LPDDR4X dan memori internal 256 UFS 2.2.

Smartphone ini berjalan menggunakan sistem operasi XOS 12 berbasis Android 12 yang mana iklannya sudah cukup minim. Kalaupun ada, kamu bisa mematikan notifikasinya.

Pada pengujian performa melalui AnTuTu Benchmark v9, smartphone ini mendapatkan skor 373035. Dalam pengujian cpu torttling test selama 30 menit, performanya tergolong stabil dan tidak ada torrtling sama sekali.

PUBG Mobile dengan pengatura Smooth Ultra mendapatkan frame rate rata-rata 40 fps. Menariknya, smartphone ini sudah mendukung gyro hardware yang menambah kemantapan saat memainkan game dengan aiming gyro, termasuk PUBG Mobile.

Mobile Legends dengan pengaturan High mendapatkan kisaran 60 fps lancar tanpa kendala. Tidak ada frame drop. Nampaknya, performa G99 cukup stabil dan ngebut.

Genshin Impact dengan pengaturan Lowest 60 fps mendapatkan frame rate kisaran 40 fps saat travelling di awal selama 30 menit.  Saat perang, frame rate berada di kisaran 20 -30 fps. Performanya tergolong cukup baik di kelas harga 3 jutaan.

6. Sistem Pendingin dengan Vapor Chamber Jumbo

Infinix membenamkan sistem pendingin, Vapor Chamber Liquid Cooling dengan ukuran jumbo. Sistem pendingin ini bekerja cukup baik dalam menajaga suhu tetap stabil. Dengan suhu yang terjaga, performanya pun juga semakin stabil.

Setelah digunakan memainkan Genshin Impact selama 30 menit, suhu pada layar berada di kisaran 35 – 39 derajat celcius. Sementara itu, suhu di bodi belakang di kisaran 33 – 39 derajat celcius.

Suhu setelah penggunaan berat tergolong anget-anget tipis saja, bukan yang panas. Penyebaran suhu juga terbilang baik, bisa tersebar keseluruh bagian smartphone secaara merata.  

7. Baterai dengan 45 W Supercharge

Infinix Zero 20 ini ditopang dengan baterai 4.500 mAh dengan teknologi pengisian cepat 45 watt SuperCharge. Menariknya, teknologi pengisian 45 W SuperCharge ini bekerja baik. Pengisian daya dari 0-50% membutuhkan waktu 20 menit saja.

Sementara itu, pengisian dari 0-100% membutuhkan waktu kurang lebih 55 menit. Pengisian daya tergolong cepat di kelas harganya. Tidak banyak smartphone di kelas harga 3 jutaan yang menawarkan pengisian daya di bawah 1 jam.

8. Speaker Stereo

Infinix Zero 20 mengusung dual speaker stereo yang menawarkan output suara yang mantap, menggelegar, dan nyaman di telinga. Speaker berada di bagian bawah maupun atas layar. Suaranya berimbang dengan clarity yang cukup baik.

Kamu bisa mendapatkan suara terbaik baik saat menonton video, maupun bermain game. Saat diposisikan horizontal, kedua speaker tersebut membawa suara yang rata kanan dan kiri.

Kekurangan Infinix Zero 20

1. Android Update Belum Jelas

Meski menawarkan spesifikasi yang keren, sayangnya Infinix tidak memberikan kejelasan terkait dengan jaminan Android update dan sistem keamanannya. Jadi, smartphone ini belum jelas akan mendapatkan berapa kali update.

Selain itu, belum jelas juga berapa kali mendapatkan pembaruan sistem keamanan. Harapan kami, Infinix memberikan update Android tersebut setidaknya selama dua tahun.  

2. Baterai cukup boros

Infinix Zero 20 ini ditopang dengan baterai 4.500 mAh yang dayanya terbilang cukup boros. Pada pengujian pemutaran video lokal 1080, daya tahan baterai bertahan hanya di kisaran 14 jam.

Daya tahan memang di bawah harapan. Hal tersebut karena smartphone lain yang ditopang baterai 4.500 mAh dan chipset Helio G99, seperti Vivo V25e bisa bertahan kurang lebih 19 jam untuk pemutaran video playback 1080p.

Untuk bermain Genshin Impact selama 30 menit, daya baterai turun 10%.

3. Kualitas microphone kurang OK

Infinix Zero 20 memang sudah dibekali dual mic. Namun, kualitas mic tersebut terbilang kurang oke. Ini menjadi PR untuk Infinix untuk meningkatkan kualitas mic di produknya. Bahkan, dibandingkan dengan Samsung Galaxy A04s, kualitas mic Infinix masih kurang jernih dan bulat.

Meski demikian, jika untuk membuat vlog harian, kualitas sudah cukup lumayan. Kamu bisa menambahkan mic eksternal jika ingin menggunakannya untuk vlog yang serius.

4. Kamera utama tanpa OIS

Infinix Zero 20 membawa fitur OIS pada kamera selfienya. Sayangnya, kamera belakang belum didukung dengan fitur tersebut. Itu mempengaruhi hasil videonya yang mana kurang stabil saat dibawa berjalan.

Memang sudah ada fitur Ultra Steady, namun fitur tersebut bekerja kurang baik untuk meredam goncangan, terlebih goncangan ekstrem.

5. Belum Mendukung 5G

Infinix Zero Ultra belum mendukung jaringan 5G. Ini menjadi hal yang perlu diperhatikan mengingat banyak kompetitor di kelas harganya yang sudah membawa jaringan 5G. Artinya, smartphone ini masih cukup ok untuk kebutuhan 1 atau 2 tahun mendatang.

Namun untuk kebutuhan lebih dari 2 tahun smartphone ini kurang future-proof.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.