Infinix Zero 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Infinix kembali memanaskan smartphone kelas mid-range di awal tahun 2022 kemarin, dengan meluncurkan Infinix Zero 5G. Smartphone ini menggebrak pasar Indonesia dengan mengunggulkan jaringan 5G, chipset kelas atas, dan kamera yang menawan.

Seperti Zero series lainnya, Infinix membawa inovasi-inovasi menarik pada produk terbarunya ini. Menariknya, Infinix Zero 5G ini merupakan smartphone pertama besutan Infinix yang hadir dengan jaringan 5G.

Pastinya, jaringan 5G itu bukan yang biasa, karena juga didukung dengan System on Chip (SoC) yang cukup kencang di kelas menengah. Dibanderol dengan harga 3 jutaan, apakah smartphone ini worth?

Yuk kita bahas lebih mendalam mengenai spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 5 G.  

Spesifikasi Infinix Zero 5G

Umum
BrandInfinix
Tahun RilisMaret 2022
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.78 inci
Resolusi1080 x 2460 px
Refresh Rate120Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi168.7 x 76.5 x 8.8 mm
Berat199 g
MaterialGlass front, plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaCosmic Black, Skylight Orange, Horizon Blue
Hardware
ChipsetMediaTek Dimensity 900
CPUOcta-core (2x2.4 GHz Cortex-A78 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G68 MC4
RAM8GB
Memori Internal128GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi48 MP + 13 MP + 2 MP
FiturQuad-LED flash, HDR, panorama
Video[email protected], [email protected]/60fps
Kamera Depan
Resolusi16 MP
FiturDual-LED flash
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 11
InterfaceXOS 10
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 33W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
NFC-
BluetoothYa
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Infinix Zero 5G

Infinix Zero 5G ini dibanderol dengan harga resmi Rp 3.599.000. Namun saat ini kamu bisa mendapatkan smartphone ini dengan harga Rp 3.3 juta saja.

Kelebihan Infinix Zero 5G

1. Desain Bodi Uni-Curve

Infinix Zero 5G hadir dengan desain Uni-curve yang menawarkan konsep minimalis namun menawan. Desain cover belakang mempunyai lekukan yang cukup halus dan ini memberikan kesan premium.

Back cover juga terbuat dari material polikarbonat yang terkesan dari glass. Ini menawarkan penampilan yang cantik dan nyaman dalam genggaman tangan. Frame juga terbuat dari polikarbonat dengan bentuk sedikit melengkung.

Infinix menawarkan dua opsi warna, yakni Horizon Blue and Cosmic Black. Keduanya menawarkan warna yang sederhana dan natural namun terkesan mewah. Smartphone ini mempunyai bobot 199 gram dengan ketebalan 8.7 mm.

Pada bagian depan, Infinix membenamkan layar dengan bentuk punch hole sebagai rumah kamera selfie.

2. Layar Ultra Smooth

Infinix Zero 5G mengusung panel IPS LTPS 6.78 inci dengan resolusi Full HD+. Tak tanggung-tanggung, layar sudah dibekali dengan refresh rate hingga 120 Hz yang menawarkan penyegaran layar yang sangat lembut.

Infinix juga sudah membenamkan fitur auto-switch yang menawarkan perubahan refresh rate secara otomatis mulai dari 60, 90, hingga 120 Hz ketika pindah-pindah aplikasi.

Sementara itu, Touch sampling rate mencapai 240 Hz dan tingkat kecerahan hingga 500 nits. Color gamut-nya berada 97.9% sRGB dan 80.8% DCI P3. Sudah cukup oke untuk ponsel di kelas harganya, yang hampir mencapai 100% sRGB.

3. Chipset Bertenaga

Kelebihan Infinix Zero 5G adalah pada chipsetnya. Smartphone ini dibekali dengan SoC MediaTek Dimensity 900 yang tergolong gahar untuk kelas menengah. Performanya tidak hanya asal bisa jaringan 5G saja, namun juga cukup mumpuni.

Smartphone ini berjalan menggunakan sistem operasi XOS V10.0.0 berbasis Android 11. Untuk mendukung performa yang optimal, Infinix juga membawa fitur Dar-Link Engine.

Ada juga XArena yang menghadirkan dashboard khusus untuk game yang juga hadir dengan beberapa fitur optimasi gaming khas dari Infinix.

Pada pengujian performa melalui AnTuTu Benchmark v9, smartphone ini mendapatkan skor 472345. Pengujian performa melalui CPU Thorttling Test selama 30 menit juga cukup stabil, hanya turun di sekitar 87% saja.

Bagaimana performa gamingnya?

Modern Warship dengan pengaturan High mendapatkan frame rate 60-80 fps. Mobile Legends dengan pengaturan HD mendapatkan frame rate 105-120 fps. Ini sangat menarik. Jarang ada smartphone yang mendapatkan kisaran frame rate tersebut.

PUBG mobile dengan pengaturan Smooth Extreme mendapatkan frame rate stabil di 60 fps. Genshin Impact pengaturan Lowest-60 fps mendapatkan 40-60fps yang stabil. Secara umum, main game cukup nyaman, bahkan sangat nyaman di kelas harganya.  

4. Mendukung Jaringan 5G

Tentu kelebihan Infinix Zero 5G adalah pada dukungan jaringan mulai dari 2G, 3G, 4G, dan pastinya 5G. Ya, belum banyak smartphone di kelas harga 3 jutaan yang menawarkan jaringan tersebut. Menariknya, Band 5G dari Infinix ini sudah mendukung hampir semua jaringan operator di seluruh Indonesia.

Ini juga menegaskan bahwa smartphone ini future-proof. Kamu bisa menggunakannya untuk beberapa tahun ke depan tanpa harus gonta-ganti HP yang sudah mendukung jaringan tercepat.

5. Video Kamera Depan 4K

Kelebihan Infinix Zero 5G selanjutnya adalah kamera depannya yang sudah mendukung perekaman hingga [email protected] Ini luar biasa. Sangat jarang smartphone di kelas harganya menawarkan dukungan perekaman semewah itu.

Selain itu, kamu juga mempunyai opsi perekaman kamera depan [email protected] Selain itu, ada juga LED Flash yang digunakan untuk pencahayaan tambahan saat perekaman maupun bidikan foto.

Kinerja video stabilizer juga bisa diandalkan. Artinya, kamera depannya cocok sekali digunakan untuk membuat vlog sederhana. Hebatnya, Infinix juga menawarkan video bokeh yang mantap di kelas harganya. Separasi antara objek dengan latar belakang juga terlihat cukup halus.

Pada kondisi low light, kamera depan juga masih bisa diandalkan. Terlebih adanya LED flash juga akan membantu. Meski detailnya agak turun namun itu wajar.

6. Setup Kamera Belakang Mantap

Infinix juga mengusung konfiguasi kamera belakang yang mantap. Ada kamera utama 48 MP dengan AutoFocus, kamera portrait 13 MP dengan 2x Optical Zoom, dan kamera bokeh 2MP. Perekaman videonya juga mantap mencapai [email protected] atau [email protected] dan video slow motion hingga [email protected]

Fitur-fitur kamera juga tergolong lengkap, seperti Pro Mode (foto), Ultra Zoom, Super Night, Ultra Steady, Time-Lapse, dan masih banyak lainnya.

Kamera utama juga memberikan kualitas video yang lumayan. Fitur Ultra Steady cukup baik dan tetap memberikan hasil video yang detail dan fokus. Menariknya, kamu bisa menggunakan kamera teleskop dengan fitur UltraSteady secara bersamaan.

Pada kondisi minim pencahayaan, kamera utama juga masih cukup ok dengan fokus yang terjaga dan warna yang cukup detail.

7. Memori dengan Teknologi Terbaru

Kelebihan Infinix Zero 5G adalah pada memorinya yang terbaru. Infinix membawa konfigurasi memori yang bukan kaleng-kaleng di kelas harganya, yakni RAM 8 GB LPDDRX5 dan memori internal 128 GB UFS 3.1. Konfigurasi memori tersebut seharusnya menawarkan performa yang kencang untuk kebutuhan single core hingga multi-tasking.

Banyak kompetitornya di kelas harga 3 jutaan yang masih menggunakan tipe RAM LPDDR4 dan UFS 2.1, atau bahkan eMMC.

Selain itu, Infinix juga masih membenamkan fitur extended RAM dengan pilihan 2 GB, 3 GB, atau 5 GB. Jadi, kamu bisa menggunakan RAM total hingga 13 GB. Smartphone ini juga mendukung penyimpanan eskternal hingga 256 GB melalui slot MicroSD.

8. Sistem Pendingin Berteknologi Tinggi

Infinix menyematkan sistem pendinigin dengan teknologi Heat Pipe Thermal Module 2.0. teknologi ini bekerja efektif untuk menjaga suhu agar tetap stabil dan mencegah terjadinya overheating.

Sistem pendingin ini akan berguna menjaga performa saat kamu memain game terus menerus. Saat digunakan main game, suhu bagian layar hanya berada di kisaran 38-40 derajat celcius. Sementara itu, di bagian belakang sekitar 42 derajat celcius.

Suhu tersebut tergolong belum terlalu panas. Suhu panasnya juga menyebar ke seluruh bodi juga cukup baik.

9. Baterai Awet Seharian

Infinix Zero 5G ditopang dengan baterai 5.000 mAh yang didampingi dengan Safe Fast-Charging 33 W yang sudah mengantongi sertifikasi TUV Rheinland.

Untuk menonton video playback 1080p, daya baterai bertahan hingga 22, 5 jam. Baterai berkurang 3% untuk bermain TikTok selama 30 menit dan berkurang 2% untuk Youtube. Baterai berkurang 10% untuk bermain game Genshin Impact selama 30 menit.  

Pengisian daya dari 0-50% membutuhkan waktu 29 menit saja. Sementara, 0-100% membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 26 menit. Meski bukan yang tercepat, namun sudah cukup OK untuk baterai 5000 mAh.

10. Gyroscope Hardware

Infinix sudah dibekali dengan sensor yang lengkap dan salah satunya adalah Gyroscope Hardware yang cukup responsif. Kehadiran Gyro ini cocok sekali untuk kamu yang suka main game aiming gyro seperti PUBG Mobile.

Kamu bisa mengarahkan bidikan senjata dengan cepat, mudah dan responsif. Fitur tersebut juga membuat perekaman video lebih stabil. Artinya, kualitas perekaman video pun juga akan lebih baik berkat Gyro Hardware ini.

Kekurangan Infinix Zero 5G

1. Iklan Sedikit Menganggu

Kekurangan Infinix Zero 5G adalah iklan yang cukup banyak dan sedikit menganggu. Notifikasi aplikasi bawaan yang banyak juga cukup menganggu, hampir mirip dengan iklan.

Iklan-iklan tersebut dalam beberapa kesempatan menganggu karena memenuhi bagian atas drawer notifikasi. Meski iklan-iklan tersebut bisa dinon-aktifkan melalui pengaturan. Namun, hal ini harus diperhatikan oleh Infinix untuk membuat penggunanya nyaman.

2. Belum Ada NFC

Kekurangan Infinix Zero 5G yang patut disayangkan adalah belum adanya NFC. Padahal, smartphone ini dibekali dengan konektivitas terkini seperti WiFi 6 dengan 2X2 MIMO, Bluetooth 5.2 dan USB OTG.

Sayangnya, fitur NFC tidak ada. Ini mennjadikan ponsel ini kurang bisa diandalkan untuk mendukung kebutuhan di zaman modern ini. Padahal, Infinix sudah menyematkan fitur tersebut pada smartphone entry-level mereka seperti Infinix Hot 11s maupun lainnya.

3. Tanpa Kamera Ultrawide

Kekurangan Infinix Zero 5G selanjutnya adalah tanpa kamera ultra-wide. Kamera ini menjadi idola bagi sebagian besar pengguna di Indonesia karena menawarkan tangkapan yang lebih luas. Jadi, cocok sekali digunakan untuk foto bersama teman atau keluarga.

Sayangnya, Infinix tidak membawakan kamera tersebut. Nampaknya brand satu ini memang terkesan pelit memberikan kamera tersebut pada hampir setiap produknya.

4. Tanpa IP Rating dan Stereo Speaker

Infinix Zero 5G juga belum bisa bekali dengan anti air dan debu. Ini membuat kamu harus berhati-hati saat penggunaan outdoor, khususnya dalam cuaca esktreem.

Selain itu, Infinix juga masih membenamkan mono speaker. Ini juga membuat output suara yang tidak seimbang dan kurang menggelegar.  Harapannya, Infinix sudah membenamkan Dual Stereo Speaker, seperti yang dibenamkan pada produk entry-level mereka Infinix Hot 11s.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.