Nokia C21 Plus: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Kamu mencari smartphone yang stylish namun tahan banting? Nokia C21 Plus merupakan jawaban yang tepat. Smartphone ini resmi diperkenalkan di Indonesia pada 22 November 2022. Dibanderol dengan harga Rp 1,4 jutaan, smartphone ini membawa nilai jual pada durrabilitasnya.

Nokia C21 Plus ini diklaim tahan banting. Jadi, meskipun terjatuh berkali-kali, smartphone ini masih berfungsi secara normal tanpa ada kendala yang berarti. Smartphone ini juga menjadi salah satu dari sedikit ponsel besutan Nokia yang dirakit sepenuhnya di tanah air.

Smartphone ini hadir dengan layar IPS LCD 6.52 inci dengan hiasan poni yang berbentuk menyerupai huruf V untuk memuat kamera selfie 5 MP. Pada bagian punggungnya, terdapat kamera utama 13 MP dan kamera depth 2 MP untuk mendukung kebutuhan foto maupun video.

Pada sektor dapur pacu, Nokia C21 Plus ini dipersenjatai chipset Unisoc SC9863 berpadu dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 32 GB.

Bagaimana dengan baterainya? Smartphone besutan Nokia ini ditopang baterai dengan kapasitas 4.000 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 2 hari. Nokia C21 Plus ini juga membawa fitur-fitur seperti WiFi, Bluetooth, Radio FM, micro-USB dan fitur bawaan lainnya.

Smartphone ini memang didesain khusus bagi pengguna yang membutuhkan ponsel untuk daily driver dengan harga yang terjangkau. Jika kamu tertarik membelinya, Nokia C21 Plus sudah bisa kamu beli secara online mulai 25 November 2022 dan pembelian offline secara resmi mulai 5 Desember 2022.  

Apakah kamu tertarik meminang smartphone ini? Sebelum membelinya, yuk kita cari tahu kelebihan dan kekurangan Nokia C21 Plus ini.

Spesifikasi Nokia C21 Plus

Umum
BrandNokia
Tahun RilisApril 2022
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.52 inci
Resolusi720 x 1600 px
Refresh Rate-
PerlindunganScratch-resistant glass
Desain
Dimensi164.8 x 75.9 x 8.6 mm
Berat178 g
MaterialGlass front, aluminum frame, plastic back
Pilihan WarnaDark Cyan, Warm Gray
Hardware
ChipsetUnisoc SC9863A
CPUOcta-core (4x1.6 GHz Cortex-A55 & 4x1.2 GHz Cortex-A55)
GPUIMG8322
RAM2GB/3GB/4GB
Memori Internal32GB/64GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi13 MP + 2 MP
FiturLED flash, HDR, panorama
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi5 MP
FiturLED flash
Video720p
Software
Sistem OperasiAndroid 11 (Go edition)
Interface-
Baterai
Kapasitas4000 mAh
ChargingFast charging 10W
Jaringan
Slot Kartu SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 b/g/n
NFC-
Bluetooth4.2, A2DP
USBmicroUSB 2.0
Lainnya
SertifikasiPerlindungan percikan
FingerprintFingerprint (rear-mounted)
Gyro-

Harga Nokia C21 Plus

Pada saat peluncuran perdana, Nokia hanya memperkenalkan satu varian Nokia C21 Plus yang dibanderol dengan harga Rp. 1.450.000 untuk versi 3/32 GB.

Kelebihan Nokia C21 Plus

1. Kamera Depan Dibekali LED Flash

Adanya LED Flash pada kamera selfie menjadi daya tarik utama dari Nokia C21 Plus yang sulit ditemukan pada smartphone kompetitor di kelas harganya, bahkan kelas di atasnya. Kehadiran lampu LED ini sangat membantu untuk membidik foto saat dalam kondisi kurang pencahayaan.

Dengan kata lain, kamu tidak perlu membutuhkan lampu tambahan atau pindah ke tempat yang lebih terang saat harus buru-buru berfoto selfie. Tinggal menggunakan fitur front LED flash, kamu bisa mendapatkan gambar yang cukup baik dengan Nokia C21 Plus ini.

2. Desain Simpel Namun Elegan

Desain Nokia C21 Plus ini simpel namun kesannya elegan. Tidak terlalu banyak gimmick layaknya ponsel entry-level lainnya. Hadir dengan berat 191 gram dan ketebalan 75.9 mm, smartphone ini menawarkan tampilan yang cukup menawan.

Bazel depan tergolong tipis yang membuat tampilan layarnya terlihat stylish. Sementara itu, perpaduan bahan build glass front, plastic black dan aluminum frame juga membuat durabilitas ponsel semakin bagus.

Yang menarik, smartphone ini diklaim tahan banting sekalipun terjatuh berkali-kali. Keunggulan inilah yang menjadi nilai jual smartphone kelas pemula besutan Nokia ini. smartphone ini cocok sekali buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, mengingat durabilitasnya yang terjamin.

3. Dilengkapi Fitur Pelindung Layar dan Anti Cipratan Air

Nokia C21 Plus ini mengusung layar IPS 6.52 inci yang terproteksi dengan scratch-resistant glass. Jadi, kamu tidak perlu khawatir layarnya kena baret kecil karena sudah dilindungi secara maksimal.

Selain itu, smartphone ini juga membawa fitur anti cipratan air bersertifikasi IP52. Fitur tersebut memungkinkan ponsel  bisa bekerja normal tanpa ada kendala meski terkena cipratan air maupun kena debu jalanan.

Kedua fitur tersebut tergolong langka ditemukan pada ponsel yang dibanderol dengan harga 1 jutaan. Biasanya fitur-fitur dibawa oleh smartphone kelas mid-range ke atas dan Nokia C21 Plus memberikan fitur itu semua.   

4. Baterai Tahan 2 Hari

Nokia C21 Plus ditopang baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas tersebut memang bukan yang tergolong besar, mengingat kompetitornya sudah mengusung minimal 5.000 mAh. Namun daya baterai cukup impresif.

Daya baterainya diklaim bisa bertahan hingga 2 hari penuh untuk penggunaan ringan, seperti mengirim pesan, membuka media sosial, atau sesekali membidik atau merekam gambar. Performa baterainya tergolong bagus. Kamu pun tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat menggunakanya seharian penuh.

5. Fitur Keamanan Ganda

Nokia C21 Plus sudah mendukung sensor sidik jari pada bagian belakang bodinya dan face unlock. Kedua fitur tersebut juga jarang ditemukan di smartphone kelas harga 1 jutaan. Dengan fitur tersebut, kamu bisa melindungi file maupun aplikasi dengan aman.

Kamu juga akan lebih mudah untuk membuka kunci dengan memanfaatkan sidik jari atau pemindai wajah. Fitur keamanan tersebut juga akan mendapatkan pembaruan sistem selama dua tahun ke depan.

Kekurangan Nokia C21 Plus

1. RAM dan Internal Storage Terbatas

Nokia C21 Plus hanya meluncurkan satu versi yakni 3/32 GB. Kapasitas RAM 3 GB itu tergolong kecil untuk menunjang aktivitas multi-tasking saat ini. keterbatasan RAM tersebut juga memperlambat kinerja smartphone. Dengan harganya, brand Nokia seharusnya menyematkan RAM 4 GB.

Selain itu, penyimpanan internal 32 GB juga sangat terbatas. Meskipun ada opsi ekspansi penyimpanan melalui microSD, penyimpanan internal 32 juga kurang lebih. Terlebih jika kamu memasang cukup banyak aplikasi.

Itu akan membuat penyimpanan internal akan cepat habis.  Kamu pun juga harus rutin membersihkan ruang penyimpanan agar smartphone bisa bekerja dengan baik dan lancar.

2. Pengisian Daya Masih 10W

Meski diklaim mempunyai daya baterai yang tahan lama, sayangnya Nokia C21 Plus ini belum mendukung fitur fast charging minimal 15W atau 18W. Dengan kata lain, smartphone ini membutuhkan waktu yang lebih lama.

Untuk pengisian daya dari 0 – 100%, ponsel ini membutuhkan waktu hampir 3 jam. Tentu saja, durasi pengisian daya ini cukup lambat di kelasnya.  

3. Belum Menggunakan USB Type-C

Smartphone keluaran 2022 sebagian besar sudah menggunakan USB Type C untuk mendukung konektivitasnya, sayangnya Nokia C21 Plus masih menggunakan micro-USB. Ini perlu menjadi perhatian menginat  hampir semua perangkat semua sudah menggunakan USB Type-C.

Micro-USB juga mempunyai kelemahan, yakni mudah kendor ketika sudah digunakan dalam beberapa waktu. Ketika kamu lupa bawa charger, kamu pun juga akan kesulitan mendapatkan carger yang mendukung micro-USB, mengingat mayoritas ponsel sudah menggunakan USB Type-C.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.