Nokia G20: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Nokia mencoba menemukan kejayaannya kembali dengan mengeluarkan salah satu produknya, Nokia G20 di pasar Indonesia. Brand yang sempat merajai pasar Indonesia ini hadir menantang smartphone entry-level yang sudah beredar di Indonesia.

Salah satu yang menjadi nilai jual ponsel besutan Nokia ini adalah kapasitas baterai jumbo yang diklaim bisa bertahan hingga waktu 3 hari. Ponsel ini juga   mengusung layar IPS LCD 6.5 inci dengan resolusi HD+.

Bagian atas layar terdapat bentuk water drop yang memuat kamera selfie 8 MP. Pada bagian punggung, terdapat quad-camera dengan kamera utama 48 MP dan kamera pendukung lainnya. Kombinasi 4 kamera tersebut cukup bisa kamu andalkan untuk kegiatan fotografi maupun perekaman vide.

Bagaimana dengan dapur pacunya? Nokia G20 ini dipersenjatai chipset Mediatek Helio G35 yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Penyimpanan RAM tersebut masih bisa kamu perbesar hingga 512 GB melalui slot microSD.

Ponsel ini dipasarkan secara umum di Indonesia mulai tanggal 9 Agustus 2021 dengan banderol Rp. 2.499.000. Nah, apakah harga tersebut sebanding dengan spesifikasi maupun nama besar yang pernah disandangnya? Yuk kita pelajari lebih mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia G20 ini.

Spesifikasi Nokia G20

Umum
BrandNokia
Tahun RilisMei 2021
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.52 inci
Resolusi720 x 1600 px
Refresh Rate-
Perlindungan-
Desain
Dimensi164.9 x 76 x 9.2 mm
Berat197 g
Material-
Pilihan WarnaGlacier, Night
Hardware
ChipsetMediaTek Helio G35
CPUOcta-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320
RAM4GB
Memori Internal64GB/128GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
FiturLED flash, HDR, panorama
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi8 MP
Fitur-
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 11, upgradable to Android 12
Interface-
Baterai
Kapasitas5050 mAh
ChargingFast charging 10W
Jaringan
Slot Kartu SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 b/g/n
NFCYa
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
SertifikasiPerlindungan percikan
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Nokia G20

Nokia G20 dibanderol dengan harga resmi Rp. 2.399.000 dengan varian RAM 4GB/64GB dan bisa dipesan melalui website resmi Nokia serta marketplace rekanan Nokia seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli.

Kelebihan Nokia G20

1. Daya Baterai Tahan Lama

Nokia G20 ini diklaim mampu bertahan hingga 3 hari dalam mode standby. Ditopang dengan kapasitas baterai 5.050 mAh, ponsel ini bisa kamu andalkan untuk kebutuhan harianmu tanpa harus khawatir kehabisan daya baterai.

Dibandingkan kompetitornya, daya tahan baterainya tergolong impresif. Untuk pemakaian ringan seperti membuka media sosial, pesan, hingga nonton video streaming, ponsel ini bisa bertahan lebih dari 1 hari.

Selain itu, ponsel ini juga mengusung teknologi adaptive Battery membuat konsumsi daya menjadi lebih efisien. Kamu pun bisa menggunakan ponsel ini seharian dengan nyaman dan tanpa khawatir kehabisan baterai.

2. Dibekali 5 Buah Kamera

Nokia G20 ini hadir dengan 4 kamera belakang dan 1 kamera depan yang dimuat pada bagian atas layar berbentuk tetesan air (waterdrop). Kamera belakang terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultra wide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera bokeh 2 MP.

Kualitas kamera baik untuk foto maupun video juga tergolong bagus di kelas harganya. Kamera utama mampu mendukung perekaman video hingga [email protected] Yang menarik adalah ponsel ini sudah dibekali dengan kamera ultra wide yang menawarkan tangkapan yang lebih luas.

Terdapat kamera depan dengan resolusi 8 MP yang juga mendukung perekaman hingga [email protected] Kamu bisa menggunakan kamera depan untuk foto selfie, live video streaming, maupun vlog sederhana.

3. Pembaruan Software Terjamin

Nokia memberikan jaminan pembaruan perangkat lunak hingga dua tahun. Nokia G20 ini menggunakan sistem operasi Android 11 dengan pembaruan keamanan selama 3 tahun. Pembaruan perangkat lunak ini yang menjadi salah satu keunggulan dibandingkan dengan ponsel entry-level di kelas harganya.

Jika kamu mencari ponsel yang pembaruannya terjamin, Nokia G20 ini patut untuk kamu pertimbangkan. Brand Nokia pastinya akan memberikan support terbaik untuk pembaruan ponsel beberapa tahun ke depan.

4. Sudah Dibekali NFC

Nokia G20 juga sudah membawa fitur NFC yang mempunyai peranan vital pada zaman modern ini. fitur NFC ini bisa kamu temukan di Nokia G20. Kamu pun bisa menikmati kegunaannya baik untuk transfer data, mengecek e-wallet, isi saldo e-toll hingga menjadi kartu akses untuk memasuki gedung berbasis smart-building.

5. Desain Simpel dan Elegan

Nokia G20 mengusung desain yang simpel namun elegan. Dengan bobot 197 gram dan ketebalan 76 mm, ponsel ini terasa mantap dalam genggaman tangan. Bahan plastik polikarbonat juga digunakan pada bagian belakang ponsel. Dengan bahan plastik tersebut, ponsel akan lebih aman di tangan dan meminimalisir bekas sidik jari yang menempel. Pada bagian samping juga dilengkapi dengan tombol volume dan sensor sidik jari untuk keamanan.

Kekurangan Nokia G20

1. Performa Pas-Pasan

Nokia G20 dipersenjatai chipset Helio G35. Prosesor ini merupakan prosesor gaming entry-level yang performanya biasa-biasa saja. Meski sudah dilengkapi fitur HyperEngine, performa ponsel ini belum terasa signifikan, khususnya untuk penggunaan aktivitas termasuk main game.

Untuk penggunaan ringan sehari-hari seperti membuka media sosial, mengirim pesan, atau merekam vide, prosesor ini masih bekerja dengan baik. Namun jika digunakan untuk memainkan game-game mainstream seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, maupun Free Fire, ponsel ini kinerjanya kurang maksimal.

Terlebih di kelas harganya, kompetitornya sudah membenamkan prosesor gaming kelas menengah, seperti Mediatek Helio G85 atau G88.

2. Layar Masih HD+

Dibanderol dengan harga 2 jutaan, Nokia G20 seharusnya sudah dibekali dengan layar yang beresolusi FHD+. Sayangnya ponsel ini masih menggunakan layar dengan resolusi HD+. Selain itu, ponsel ini mempunyai kecepatan refresh rate maksimal 60 Hz.

Ini juga menjadi hal yang perlu diperhatikan, mengingat kompetitornya sudah menawarkan perpaduan layar beresolusi FHD+ dan refresh rate hingga 90 Hz bahkan 120 Hz.

3. Belum Dibekali Fitur Fast Charging

Meski ditopang dengan kapasitas baterai jumbo, sayangnya Nokia G20 ini belum mempunyai fitur pengisian daya cepat. Pengisian daya masih mengusung daya 10W yang tergolong lambat di kelas harganya.

Rata-rata ponsel di harga 2 jutaan sudah memberikan fitur fast charging minimal 18 W. Hal ini menjadi catatan karena untuk mengisi daya dari 0-100% membutuhkan waktu yang cukup lama yakni sekitar 3 jam.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.