OPPO A55: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

PublicaOPPO A55 didaulat sebagai suksesor OPPO A54 yang membawa peningkatan, khususnya pada sektor kamera, baterai, dan layarnya. OPPO A55 hadir dengan kamera 50 MP yang ultra jernih, layar modern punch hole, dan baterai 5.000 mAh.

Ponsel ini memang didesain untuk kebutuhan all-rounder baik performa, kamera, desain dan juga daya tahan baterai. Nah, apakah ponsel besutan OPPO ini masih bisa diandalkan? Yuk simak ulasan lengkap kelebihan dan kekurangan OPPO A55.

Spesifikasi OPPO A55

Umum
BrandOPPO
Tahun RilisOktober 2021
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.51 inci
Resolusi720 x 1600 px
Refresh Rate-
PerlindunganNEG T2X-1
Desain
Dimensi163.6 x 75.7 x 8.4 mm
Berat193 g
Material-
Pilihan WarnaRainbow Blue, Starry Black, Green
Hardware
ChipsetMediaTek Helio G35
CPUOcta-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320
RAM4GB/6GB
Memori Internal64GB/128GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + 2 MP + 2 MP
FiturLED flash, HDR, panorama
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi16 MP
FiturHDR
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 11
InterfaceColorOS 11.1
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 18W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.0, A2DP, LE, aptX
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
SertifikasiTahan percikan
FingerprintFingerprint (side-mounted)
Gyro-

Harga OPPO A55

OPPO A55 dibenderol dengan harga resmi Rp. 2.699.000 varian 4/64 GB saat awal peluncurannya. Namun pada Desember 2022, ponsel ini bisa didapatkan mulai dari Rp. 2.299.000 jutaan saja baik di marketplace online maupun toko offline

Kelebihan OPPO A55

1. Desain OPPO Glow cantik dan berkilau

Meski dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, OPPO A55 hadir dengan desain yang cantik dan berkilau, yang disebut OPPO Glow.

Ponsel ini menawarkan dua pilihan warna, yakni Starry Black yang terkesan elegan serta Rainbow Blue yang menampilkan perpaduan gradasi warna biru ke perak dengan hiasan warna pelangi. Berkat OPPO Glow, desain bagian belakang juga terbebas dari bekas sidik jari dan goresan.

OPPO A55 menghadirkan desain ramping dan melengkung 3D. Rangka tengah dibuat dengan lebih tipis dan bagian belakang bodi melengkung 3D sehingga membuat telapak tangan nyaman saat memegang ponsel.

Dengan ketebalan 8.4 mm dan bobot 193 gram, ponsel ini terasa nyaman dalam genggaman tangan.

2. Layar terbilang menawan

OPPO A55 mengusung  panel IPS LCD 6.51 inci dengan resolusi HD+. Layar tersebut juga sudah mendukung refresh rate hingga 60 Hz dan touch sampling rate 120 Hz. Meski bukan yang terbaik di kelas harganya, layar OPPO A55 ini cukup memanjakan mata.

Baik untuk kebutuhan reguler, nonton video streaming, atau main game, layar OPPO A55 terbilang menawan. Layar tersebut juga mendukung tingkat kecerahan hingga 550 nit. Artinya,  layar tersebut bisa terbaca dengan jelas meskipun berada di bawah terik matahari.

OPPO membenamkan fitur eye comfort untuk penyesuaian kecerahan secara otomatis baik ketika pengguna berada di dalam maupun luar ruangan. Kedalaman warnanya mencapai 16,7 juta warna, 8 bit.

Layar juga sudah terproteksi dengan pelindung layar NEG T2X-1 untuk meminimalisir gesekan maupun goresan.

 3. Kamera Ultra Jernih

OPPO A55 membawa kamera utama 50 MP sebagai nilai jual utamanya. Kameranya diklaim menghasilkan gambar yang ultra jernih dan detail. Kamera utama tersebut didampingi oleh kamera makro 2 MP dan kamera depth 2 MP.

Kamera belakang mendukung mode pemotretan seperti mode pro, selang waktu, mode malam, mode portrait untuk menunjang hasil foto. sementara itu, kamera utama mendukung perekaman video maksimal [email protected]

Untuk kamera depan, OPPO membenamkan lensa 16 MP yang sudah memadai untuk swafoto. Hasil pemotretannya pun tergolong jernih, detail, dan terang. Kamera depan juga sudah mendukung perekaman video maksimal [email protected]

4. Baterai jumbo 5.000 mAh

OPPO A55 ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang bisa diandalkan untuk penggunaan harian. Daya baterai diklaim mampu bertahan hingga 16.3 jam untuk streaming video online.

Untuk penggunaan reguler, pastinya daya baterai bisa bertahan seharian tanpa siklus charging. OPPO juga membenamkan mode hemat daya super 5%. Meski daya baterai hanya tersisa 5%, dengan mode tersebut, ponsel masih bisa digunakan untuk obrolan WhatsApp  hingga 58 menit, dan panggilan telpon selama 88 menit.

Selain hemat daya, OPPO juga membawa fitur fast charging 18 watt melalui port USB Type C. teknologi pengisian tersebut tergolong cukup baik performanya. Pengisian daya dari 0-17% membutuhkan waktu 15 menit.

5. Kualitas Kokoh dan Teruji

OPPO sudah melalui beberapa tahap pengujian ketat, diklaim sampai ratusan pengujian, termasuk pada pengujian ketahanan suhu, tes jatuh, kekuatan sinyal, dan pengujian lainnya. Artinya, produk OPPO, termasuk OPPO A55 selalu menghadirkan kualitas produk yang terjamin dan bisa bertahan lama.

Untuk menunjang ketahanan ponsel, OPPO juga membenamkan pelindung percikan air bersertifikasi IPX4. Ini juga menjadi poin plus bagi kamu yang mencari ponsel untuk kebutuhan outdoor kapanpun dan dimanapun.

Kekurangan OPPO A55

1. Chipset MediaTek Helio G35 kurang gahar

OPPO A55 ini ditenagai dengan chipset MediaTek Helio G35 dengan fabrikasi 12 nm. Chip tersebut menawarkan CPU octa-core dengan clockspeed hingga 2.3 GHz. Konfigurasi dapur pacu tersebut terbilang biasa-biasa saja.

Bahkan, di kelas harganya, penggunaan chip tersebut terhitung ketinggalan dan di bawah kompetitornya. Kompetitornya berani memberikan opsi chip yang lebih gahar termasuk penggunaan MediaTek Helio G96 maupun Snapdragon 680.

Untuk penggunaan reguler, seperti membuka aplikasi, mengirim pesan, nonton video streaming, mungkin tidak ada kendala yang berarti. Namun jeroan tersebut kurang maksimal untuk menunjang kebutuhan gaming.

Jangan harap, kamu bisa memainkan PUBG Mobile, Mobile Legends, atau bahkan Genshin Impact dengan lancar pada ponsel ini.

2. Layar masih HD+ dengan refresh rate 60fps

Meski hadir dengan layar luas dan memanjakan mata, OPPO A55 masih mengusung layar dengan resolusi HD+. Di satu sisi penggunaan layar HD+ ini akan menghemat daya baterai. Namun, resolusi tersebut terasa kurang detail dan kecerahan warnanya.

Harapannya, dibanderol dengan harga 2 jutaan, OPPO A55 hadir sudah mendukung layar dengan resolusi FHD+. Selain itu, ponsel ini juga hanya mendukung refresh rate maksimal 60 Hz.

Kekurangan ini juga akan mempengaruhi kenyamanan pengguna. Scrolling layar menjadi kurang lembut dibandingkan dengan layar yang mendukung refresh rate 90 Hz.  Harapannya, OPPO sudah membenamkan penyegaran layar tersebut minimal 90 Hz.

3. Tanpa kamera ultra wide

OPPO A55 belum dibekali dengan kamera ultra wide. Ini juga menjadi deal-breaker bagi pengguna. Kamera jenis ini menawarkan tangkapan layar yang lebih luas, hingga 123 derajat. Kamera ini cocok untuk melakukan fotografi saat bersama dengan keluarga atau banyak orang.

Di harga 2 jutaan, seharusnya OPPO A55 membenamkan kamera ultra-wide untuk mendampingi kamera utama.

4. Speaker masih mono

OPPO A55 masih menggunakan speaker mono yang kurang nendang suaranya. Penggunaan speaker mono ini tergolong ketinggalan dibandingkan dengan kompetitor di kelas harganya. Kompetitor di kelas harganya sudah menawarkan dual speaker.

Letak mono speaker tersebut berada di bawah bodi. Suara dari speaker tersebut kurang maksimal dan terkadang tertutup saat digunakan pada posisi horizontal baik untuk bermain game maupun nonton video streaming.

5. Belum ada NFC

OPPO A55 juga tidak membawa fitur NFC. Fitur ini juga mempunyai peran penting untuk menunjang kegiatan harian di zaman modern ini. NFC memudahkaan pengguna untuk melakukan pengisian saldo e-toll, cek saldo e-money, hingga bisa dijadikan sebagai kartu akses.

Fitur NFC tersebut akan memudahkan pengguna untuk transfer file atau cek saldo e-money dengan satu sentuhan saja.     

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.