Poco F4 GT: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Hadir dengan tagline “The Ultimate Power, Poco F4 GT melengkapi deretan ponsel kelas flagship di Indonesia pada tahun 2022 ini. Ponsel ini menawarkan performa yang kencang untuk pengalaman gaming yang terbaik.

Nah, bagi kamu yang masih bingung ingin meminang ponsel flagship? Poco F4 GT ini bisa menjadi pertimbangan. Namun untuk bahan pertimbangan, kami akan memberikan ulasan mengenai spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Poco F4 GT. 

Spesifikasi Poco F4 GT

Umum
BrandPOCO
Tahun RilisApril 2022
Layar
PanelAMOLED
Ukuran6.67 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate120Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass Victus
Desain
Dimensi162.5 x 76.7 x 8.5 mm
Berat210 g
MaterialGlass front (Gorilla Glass Victus), glass back, aluminum frame
Pilihan WarnaStealth Black, Knight Silver, Cyber Yellow
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 1
CPUOcta-core (1x3.00 GHz Cortex-X2 & 3x2.50 GHz Cortex-A710 & 4x1.80 GHz Cortex-A510)
GPUAdreno 730
RAM8GB/12GB
Memori Internal128GB/256GB
Memori Eksternal-
Kamera Belakang
Resolusi64 MP + 8 MP + 2 MP
FiturDual-LED flash, HDR, panorama
Video[email protected]/60fps, [email protected]/60/120fps, [email protected], HDR
Kamera Depan
Resolusi20 MP
FiturHDR
Video[email protected]/60fps, [email protected], HDR
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceMIUI 13
Baterai
Kapasitas4700 mAh
ChargingFast charging 120W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.2, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Poco F4 GT mengusung desain metallic style yang memberikan kesan premium. Pada bodi belakang sudah dilapisi dengan AG Glass. Ada pola segitiga pada bagian kanan maupun kiri yang semakin mempercantik tampilan belakangnya.

Untuk opsi warnanya, ponsel ini hadir dengan tiga pilihan warna, Knight Silver, Stealth Black, dan Cyber Yellow. Ponsel ini juga mempunyai bobot 210 gram dengan ketebalan 8.5 mm. Memang tidak bisa dikatakan paling ringan dan tipis.

Poco F4 GT hadir dengan layar flat EA AMOLED DotDisplay dengan bentang layar 6.7 inci dan resolusi FHD+. Layar tersebut juga sudah didukung dengan refresh rate maksimum 120 Hz dan terproteksi dengan Corning Gorilla Glass Victus.

Dari segi kamera, Ponsel ini mengusung tiga kamera utama belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP. Dengan fitur-fitur yang ciamik untuk mendukung kegiatan foto maupun video sehari-hari.

Untuk kamera depan, ponsel ini mengusung lensa berukuran 20 MP dengan sensor Sony IMX596.

Bagaimana dengan jeroan-nya? Poco F4 GT ini sudah dipersenjatai chipset Snapdragon Gen 1 yang tergolong kencang di kelas harganya. Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB. Kinerja prosesor tersebut bisa dioptimalkan dengan sistem pendingin LiquidCool Technology 3.0.

Ponsel ini ditopang dengan baterai berkapasitas 4.700 mAh dengan dukungan Smart fast charging 120W. Poco F4 GT juga sudah mendukung jaringan 5G dan dibekali fitur NFC.

Ponsel ini berjalan menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI 13. Perangkat lunak tersebut mendapatkan jaminan pembaruan selama dua tahun. Pada sistem operasi tersebut iklan masih ada namun pada beberapa tempat iklan sudah tidak ditemukan lagi.

Harga Poco F4 GT

Berapa harga Poco F4 GT? Ponsel ini dibanderol dengan harga resmi Rp 8.999.000. Harga tersebut sudah termasuk garansi produk selama 15 bulan. Ada juga garansi tambahan pada layar, premium warranty service selama 6 bulan.  

Kelebihan Poco F4 GT

1. Desain lebih futuristik

Poco F4 GT mengusung desain futuristik, yang tidak menonjolkan sebagai ponsel gaming. Terbuat dari AG Glass pada bagian punggungnya, terdapat dua pola segitiga yang semakin mempercantik tampilannya. Perpaduan segitiga tersebut seperti membentuk pola huruf X.

Untuk frame-nya bahan yang digunakan adalah metal dan mengusung gaya flat. Penggunaan frame tersebut memberikan keunikan dibandingkan dengan ponsel lainnya yang menggunakan jenis metal.

Dengan bobot 210 gram dan ketebalan 8.5 mm, keseluruhan desain memang tidak bisa dikatakan ringan dan tipis. Namun dimensi tersebut sudah cukup nyaman dalam genggaman meski dengan satu tangan.

2. Layar Flat E4 AMOLED DotDisplay

Ponsel ini dibekali dengan layar terbaik, flat EA AMOLED 6.7 inci yang mempunyai punch hole. Layar sudah mempunyai resolusi FHD+ (2400 x 1080 piksel) dan mendukung refresh rate hingga 120 Hz dan touch sampling rate hingga 480 Hz.

Layar ini juga mempunyai kedalaman warna 10-bit dan didukung teknologi High Frequency PWM Dimming hingga 1920 Hz yang memungkinkan layar tetap nyaman dipandang meski pada kondisi pencahayaan yang kurang.

Poco F4 GT ini juga mempunyai tingkat kecerahan hingga 800 nit dan mencapai 500 nit pada kondisi di dalam ruangan. Layar ponsel ini juga diklaim mempunyai presisi warna yang tinggi dengan teknologi TrueColor Display.

Sudah ada pelindung layar Gorilla Glass Victus dan sudah besertifikasi DisplayMate A+ serta mendukung HDR10+.

3. Kamera utama bisa untuk perekaman [email protected]

Poco F4 GT mempunyai 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64MP dengan sensor Sony IMX686. Kamera tersebut dibekali dengan flicker sensor dan LED flash dengan ikon petirnya.

Kamera utama tersebut bisa menghasilkan perekaman hingga [email protected] dan slow-motion [email protected] atau [email protected] Kamera tersebut juga didampingi dengan kamera ultra-wide 8 MP dan kamera makro 2 MP.

Kombinasi kamera belakang tersebut menawarkan fitur-fitur keren seperti Steady Video, Night Mode, VLOG, Long Exposure, mode Pro, Clone hingga Dual View Video. Spesifikasi dan fitur-fitur kamera tersebut sudah sangat mumpuni untuk membidik foto maupun perekaman video dengan kualitas terbaik.

Pada bagian modul kamera tersebut juga terdapat RGB Gaming light yang mempunyai fungsi sebagai LED notifikasi maupun penanda mode Game Turbo telah aktif.

4. Performa kencang di kelas harganya

Poco F4 GT ini dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang masuk kategori SoC terkencang di tahun 2022 ini. Untuk mendukung produktivitas harian, ponsel ini sangat lancar. Pengguna bisa mendapatkan pengalaman gaming terbaik berkat chipset yang kencang ini.

Prosesor yang kencang tersebut dipadukan dengan opsi RAM 12 GB LPPDDR5 dan memori internal 256 UFS 3.1. kapasitas RAM tersebut masih bisa diperluas dengan fitur memory extension dengan tambahan 3 GB.

Jadi jika  dimaksimalkan, total RAM bisa mencapai 15 GB. Tentu saja, kapasitas tersebut tergolong besar untuk mendukung kebutuhan multitasking maupun bermain game.

Untuk digunakan bermain game dalam waktu yang lama, ponsel ini juga sudah disematkan sistem pengingin dengan LiquidCool Technology 3.0. Teknologi tersebut bekerja cukup baik menjaga kestabilan suhu, khususnya saat digunakan untuk bermain game.

Dengan dapur pacu yang gahar tersebut, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk menggeber ponsel ini untuk bermain game dengan durasi yang lebih lama.     

5. Konektivitas & Fitur sudah modern

Poco F4 GT ini sudah didukung konektivitas kelas atas yang modern. Termasuk sudah mendukung jaringan 2G, 3G, 4G, dan pastinya 5G. ponsel ini juga sudah membawa WiFi 6E dan bluetooth versi 5.2 yang menawarkan kualitas yang lebih baik.

Fitur NFC juga sudah dibenamkan pada ponsel besutan Poco ini. Pengguna bisa menggunakan untuk kemudahan di zaman modern ini seperti kartu akses, cek saldo e-wallet dan yang lainnya. Tidak ketinggalan fitur khas keluarga Xiaomi IR blaster juga masih ditemukan di ponsel ini.   

6. Speaker tergolong mumpuni

Poco F4 GT membawa speaker mumpuni, symmetrical quad speaker yang menawarkan kualitas suara yang di atas rata-rata, bahkan lebih baik dari kompetitornya di kelas flagship.

Dengan dukungan 4 speaker, tentu saja suara yang dikeluarkan cukup lantang dan pastinya jernih serta kedalaman suara  yang tergolong baik.

7. Kecepatan charging impresif

Ditopang dengan baterai berkapasitas 4.700 mAh, kecepatan pengisian daya ponsel ini tergolong baik berkat adapter 120W HyperCharge. Dengan mengaktifkkan fitur Boost Charging Speed, pengisian daya dari 0% – 100% hanya membutuhkan waktu antara 20-26 menit saja.

Bahkan dari beberapa pengujian, pengisian dari nol hingga full, hanya mmebutuhkan 15 menit saja. Wow, performa pengisian daya ini sungguh impresif.

Selain itu, ada fitur Optimized Charging yang memungkinkan mendapatkan pola charging sesuai dengan penggunaan rutin pengguna. Salah satunya hanya mengisi sampai 80% ketika mengisi daya di malam hari dan kemudian mengisi baterai secara penuh saat pagi hari.

Secara keseluruhan kemampuan charging-nya luar biasa.  

Kekurangan Poco F4 GT

1. Daya tahan baterai dibawah rata-rata

Mengusung baterai 4.700 mAH, harapannya Poco F4 GT ini menawarkan daya tahan baterai yang maksimal. Untuk menonton video playback 1080p, daya baterai hanya bertahan selama 15 jam-an.

Untuk bermain game Genshin Impact selama 30 menit, daya baterai berkurang 17%. Bisa dikatakan bahwa ketahanan daya baterai memang masih di bawah rata-rata.

2. Tidak ada fitur dynamic refresh rate

Ponsel ini menawarkan refresh rate maksimal 120 Hz. Namun sayangnya tidak dibekali dengan fitur dynamic yang mana bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sebagai contoh, saat di menu homescreen, refresh rate masih tetap berada di angka 120Hz, tidak otomatis turun ke 90 Hz atau 60 Hz.

Jika refresh rate stuck di angka maksimum, ini pastinya juga akan mempengaruhi daya baterainya. Layar akan membutuhkan banyak daya yang mengakibatkan konsumsi daya menjadi lebih boros.

3. Tidak ada slot MicroSD

Poco F4 GT memang hadir dengan penyimpanan internal 256 GB. Kapasitas penyimpanan tersebut tergolong sangat lega baik untuk pemasangan banyak aplikasi maupun menyimpan file-file besar.

Sayangnya penyimpanan tersebut tidak bisa ditambah karena ketiadaan slot microSD untuk penyimpanan eksternal. Kebanyakan ponsel kelas flagship juga banyak yang meninggalkan slot tambahan tersebut.   

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.