POCO F4: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — POCO F4 menjadi produk unggulan yang diklaim bisa berpotensi menjadi flaghsip killer. Smartphone ini menjadi idola bagi mereka yang mencari gadget mid-range untuk semua kebutuhan, mulai dari kamera, multitasking, gaming, mauapun penunjang produktivitas.

Dibandingkan dengan pendahulunya POCO F3, smartphone ini membawa peningkatan di beberapa sektor, seperti video recording, charging lebih kencang dan kehadiran OIS. Bisa dibilang POCO F4 ini merupakan penyempurnaan dari POCO F3.

Nah, apakah POCO F4 ini sesuai mendapatkan julukan flagship killer? Untuk menjawabnya, kita simak dulu usalan spesifikasi, kelebihan dan kekurangan POCO F4 sebagai berikut.

Spesifikasi POCO F4

Umum
BrandXiaomi
Tahun RilisJuni 2022
Layar
PanelAMOLED
Ukuran6.67 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate120Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
Desain
Dimensi163.2 x 76 x 7.7 mm
Berat195 g
MaterialGlass front (Gorilla Glass 5), glass back
Pilihan WarnaMoonlight Silver, Night Black, Nebula Green
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 870
CPUOcta-core (1x3.2 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.80 GHz Kryo 585)
GPUAdreno 650
RAM6GB/8GB/12GB
Memori Internal128GB/256GB
Memori Eksternal-
Kamera Belakang
Resolusi64 MP + 8 MP + 2 MP
FiturLED flash, HDR, panorama
Video[email protected]/60fps, [email protected]/60fps
Kamera Depan
Resolusi20 MP
Fitur-
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceMIUI 13 for POCO
Baterai
Kapasitas4500 mAh
ChargingFast charging 67W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.2, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
SertifikasiIP53 (Tahan debu dan percikan)
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga POCO F4

POCO F4 hadir dengan dua varian 6/128 GB dan 8/256 GB. Harga Poco F4 untuk varian 6/128 GB adalah Rp. 5.199.000 dan untuk varian 8/256 GB adalah Rp. 5.699.000. Namun demikian, ada beberapa toko online yang menjual sedikit lebih murah dari harga resmi tersebut.

Kelebihan POCO F4

1. Desain Premium dengan Material Glass

Kelebihan POCO F4 adalah desainnya yang terkesan premium, khususunya bagian back cover yang terbuat dari material glass. Ini menjadi pembeda dengan smartphone pada umumnya yang kebanyakan berbahan polikarnonat.

Desain kaca tersebut lebih glowing dan memberikan tampilan yang elegan layaknya smartphone kelas atas. POCO F4 hadir dengan 3 pilihan warna, Night Black, Moonlight Silver, dan Nebula Green. Sementara itu, ketebalan smartphone hanya 7.7 mm dengan bobot 195 gram.

Selain itu, POCO juga sudah membenamkan IP53 untuk menjaga bodi dari percikan air maupun debu. Jadi, smartphone ini cukup aman untuk penggunaan outdoor, terlebih dalam cuaca ekstrem. Gak perlu perlu khawatir jika terkena air atau sedikit tetesan air hujan.

2. Layar E4 AMOLED

Kelebihan POCO F4 tentu saja pada layarnya yang sudah mengusung panel E4 AMOLED 6.67 inci. Layar tersebut juga sudah mendukung resolusi Full HD+  dan  adaptive refresh rate hingga 120 Hz.

Fitur adaptive tersebut akan berubah secara otomatis sesuai dengan kebutuhan layar. Tentu saja, ini akan membuat konsumsi baterai juga lebih hemat. Layar tersebut menawarkan gambar yang terang, detail, dan penyegaran yang super lembut.

Kamu bisa main game, nonton film, scrolling media sosial dengan lembut, cepat dan nyaman di mata. Pengalaman nonton video streaming pun juga akan bertambah berkat dukungan HDR10+ dan teknologi Dolby Vision.

Menariknya, ada beberapa pengaturan warna layar, seperti vivid, saturated, original color, dan advanced setting. Default-nya atau pengaturan layar yang direkomendasikan adalah vivid. Color gamut pada mode vivid 94.8% sRGB dan 86.9% DCI P3.

Pada mode saturated color gamutnya lebih tinggi dan mode natural lebih rendah dengan warna yang lebih natural.

Untuk proteksi layar dari goresan, POCO sudah menyematkan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5.

3. Performa Stabil

Sektor chipset juga menjadi kelebihan POCO F4. Smartphone ini dibekali dengan SoC flagship yang terkenal irit baterai, Snapdragon 870 5G. Ya, SoC ini banyak digunakan pada ponsel kelas atas hingga flagship.

Menariknya, POCO membenamkan SoC ini pada produk mid-range mereka. Chipset tersebut berpadu dengan opsi RAM 6 dan 8 GB LPDDR5 dan opsi memori internal 128 GB dan 256 GB UFS 3.1. POCO juga memberikan fitur extended RAM untuk ekspansi RAM yang lebih besar. Ini juga menjadi fitur yang menarik.

Pengujian performa melalui AnTuTu v9 mendapatkan skor 706209, bahkan bisa lebih tinggi lagi ketika kamu menggunakan kipas tambahan.

Bagaimana performa gamingnya? Apakah stabil?

Genshin Impact dengan pengaturan Highest 60 mendapatkan frame rate 50-60 fps. Namun sesekali masih ada thorttling. Kami sarankan menggunakan kipas tambahan agar performanya stabil.

PUBG Mobile dengan tampilan HDR Extreme mendapatkan frame rate stabil di 60 fps. Menariknya, POCO F4 ini sudah dibekali dengan gyro hardware. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk membidik dengan cepat dan responsif pada game-game aiming gryo ini.

Mobile Legend dengan tampilan grafis tertinggi mendapatkan kisaran 120 fps dengan lancar dan stabil.

4. Kamera Bening hingga 4K

Sektor kamera juga menjadi kelebihan POCO F4. POCO membenamkan konfigurasi 3 kamera belakang plus LED Flash. Ada kamera utama 64 MP, kamera ultra wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP.

Tak tanggung-tanggung, Kamera utama menawarkan perekaman video hingga [email protected] fps. Ya benar 60 fps bukan 30fps. Ini keren abis, jarang smartphone mid-range menawarkan performa kamera seperti itu. ada juga fitur slow motion hingga [email protected]

Yang terpenting kamera tersebut sudah mendukung Optical Image Stabilization (OIS). Ini menjadi peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan pendahulunya, POCO F3.

Kamera ultra wide membawa sudut tangkapan 119 derajat dan mendukung perekaman video hingga [email protected] Kamera makro 2 MP juga mendukung perekaman video hingga [email protected]

Beralih pada sisi depan, terdapat kamera selfie 20 MP yang mendukung perekaman video [email protected] Kualitas perekaman videonya juga lumayan dengan detail yang masih terjaga. Videonya juga cukup stabil dengan minim efek gitter.

5. Baterai 4.500 mAh + 67W Turbo Charge

Kelebihan POCO F4 selanjutnya adalah pada sektor baterai. Smartphone ini ditopang dengan baterai 4.500 mAh yang diklaim bisa bertahan seharian untuk penggunaan reguler dengan sekali siklus charging.

Baterai bisa bertahan hinga 20 jam 20 menit untuk menonton local video playback 1080p. Ini tergolong awet mengingat kapasitasnya 4.500 mAh. Banyak smartphone yang menggendong baterai 5000 mAh namun daya baterainya kurang dari 20 jam.

Untuk streaming Youtube selama 30 menit, hanya turun 3% dan TikTok selama 30 menit turun 5%. Sementara itu, baterai turun 13-17% untuk bermain Genshin Impact selama 30 menit. Secara keselurunan, baterai cukup awet untuk keseharian.

Kemampuan chargingnya juga mantap. Pengisian 0-50% membutuhkan waktu 15 menit saja. Sementara 0-100% membutuhkan waktu 50 menit. Ini tergolong cepat dan teknologi 67W Turbo Charge bekerja sangat baik.

6. Sistem Pendingin LiquidCool Technology 2.0

Selain dibekali chipset yang gahar, POCO F4 ini juga menghadirkan sistem pendingin yang berkelas dari LiquidCool Tecnology 2.0. Sistem pendingin ini bekerja efektif untuk menjaga agar suhu tetap stabil dan tidak mempengaruhi performanya.

Kehadiran sistem pendingin ini juga akan memaksimalkan dapur pacu untuk mendapatkan performa optimal, tanpa khawatir overheat. Kamu bisa menggunakan ponsel untuk kebutuhan berat, seperti main game terus-menerus tanpa takut performa menurun atau panas pada bodinya.

Suhu permukaan bagian layar berada 37-45 derajat celcius setelah digunakan bermain game. Ini membuktikan bahwa kinerja cooling systemnya cukup baik dan bisa menyebarkan suhu secara merata.

7. Update Software Hingga 3 Tahun

Selain menawarkan spesifikasi hardware yang mantap, kelebihan POCO F4 adalah pada jaminan update Software-nya. Biasanya yang berani memberikan jaminan update dari brand Samsung. Namun kali ini, POCO tidak mau kalah.

POCO F4 berjalan menggunakan sistem operasi MIUI 13 berbasis Android 12. POCO menjanjikan memberikan update Android selama dua tahun dan update sistem keamanan selama 3 tahun. Nah, ini baru mantap. Artinya, kamu bisa mendapatkan spesifikasi hardware yang gahar namun jaminan perangkat lunaknya pun juga terjaga.  

8. Konektivitas Sudah 5G

Tentu saja, POCO F4 sudah mendukung konektivitas 2G, 3G, 4G, dan pastinya 5G. Artinya, smartphone ini mempunyai bekal untuk masa mendatang, terutama ketika jaringan 5G sudah menyebar merata di seluruh wilayah Indonesia.

Hal yang terpenting, jaringan 5G dari POCO tersebut sudah support dengan semua operator selular, setidaknya 3 operator besar baik Indosat, Telkomsel, atau XL. Jadi, kamu bisa menggunakan provider apapun untuk bisa menikmati konektivitas 5G ini.

Selain itu, smartphone ini juga membawa Wi-Fi 6 yang lebih kencang dan cepat menangkat sinyal daripada generasi sebelumnya. Ada juga bluetooth 5.2 Infrared Blaster, NFC, dan USB OTG.

9. Dual Microphone dan Stereo Speaker

Kelebihan POCO F4 adalah adanya dual microphone dan stereo speaker. Dual mic tersebut terletak pada bagian bezel atas dan bawah. Mic tersebut tentunya akan membuat input suara lebih jelas, jernih dan mantap saat perekaman video.

Kamu tidak perlu khawatir input suara menjadi pelan karena mic tertutup tangan karena masih ada mic satunya.

Begitu juga dengan dual stereo speaker yang menawarkan output suara yang mantap, menggelegar, dan seimbang kanan kiri. Ini akan menambah kepuasan pengguna saat digunakan nonton film, main game, atau sekedar mendengarkan musik.

Kekurangan POCO F4

1. Tidak Ada Slot MicroSD

Kekurangan POCO F4 adalah absennya slot microSD. POCO memang sudah memberikan memori penyimpanan yang cukup lega, yakni 128 GB atau 256 GB. Namun demikian, bagi beberapa pengguna kapasitas tersebut masih kurang.

Khususnya mereka yang suka menyimpan file-file besar, baik foto, video, maupun lainnya. Ketiadaan  memori eskternal ini pastinya menjadi kekurangan tersendiri. Mereka harus memindahkan data-data tersebut ke perangkat lainnya, seperti laptop, atau hardiks eksternal. Ini cukup merepotkan.

2. Masih Ada Iklan

Banyaknya iklan yang muncul juga menjadi kekurangan POCO F4 dan juga smartphone besutan POCO lainnya. Meski menjadi kewajaran, munculnya iklan tersebut terkadang menganggu.

Iklan tersebut biasanya akan muncul saat kamu membuka aplikasi file manager bawaan dan beberapa aplikasi lainnya. Namun bagi kamu yang tidak mempermasalahkannya, iklannya juga tidak fullscreen dan cukup mudah untuk ditutup.

3. Tanpa Audio Jack 3.5 mm

POCO sudah tidak lagi membawakan audio jack 3.5 mm. Ini menjadi kekurangan POCO F4 mengingat banyak pengguna yang masih mengandalkan colokan jack tersebut untuk menyambungkan smartphone dengan speaker tambahan atau headset. Ya, meski sudah ada teknologi bluetooth speaker atau TWS.

Untungya, POCO membawakan convert dari Type C ke colokan audio 3.5 mm pada paket penjualannya. Jadi, kamu cukup menyambungkan headset lama dengan converter tersebut.

4. Video Recording Kamera Depan Mentok 30fps

Kamera selfie hanya mendukung perekaman video mentok [email protected] Ini menjadi downgrade dibandingkan pendahulunya, POCO F3 yang sudah mendukung perekaman video hingga 60fps.

Ya, sayang sekali. harapannya POCO F4 membawa penyempurnaan yang menyeluruh dibandingkan dengan pendahulunya.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.