Poco M4 Pro: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Poco M4 Pro menjadi salah satu smartphone yang paling direkomendasikan di bawah harga 3 juta. Dibandingkan dengan pendahulunya Poco M3 Pro, smartphone ini membawa banyak peningkatan.

Smartphone ini menjadi alternatif bagi kamu yang membutuhkan ponsel yang ramah di kantong, namun cocok untuk segala kebutuhan, mulai dari multitasking,  main game, kamera, hingga after salesnya.

Penasaran? Yuk kita bedah spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Poco M4 Pro sebagai berikut.   

Spesifikasi Poco M4 Pro

Umum
BrandXiaomi
Tahun RilisMaret 2022
Layar
PanelAMOLED
Ukuran6.43 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate90Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass 3
Desain
Dimensi159.9 x 73.9 x 8.1 mm
Berat179.5 g
MaterialGlass front (Gorilla Glass 3), plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaPower Black, Cool Blue, Poco Yellow
Hardware
ChipsetMediatek Helio G96
CPUOcta-core (2x2.05 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G57 MC2
RAM6GB/8GB
Memori Internal64GB/128GB/256GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi64 MP + 8 MP + 2 MP
FiturLED flash, HDR, panorama
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi16 MP
FiturHDR
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 11
InterfaceMIUI 13 for POCO
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 33W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
SertifikasiIP53 (Tahan debu dan percikan)
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Poco M4 Pro

Poco M4 Pro hadir dengan dua varian 6/128 GB dan 8/256 GB. Pada saat peluncurannya, Poco M4 Pro ini dibanderol dengan harga resmi Rp 2.999.000 untuk varian 6/128 GB dan Rp 3.499.000 untuk varian 8/256 GB.

Awal tahun 2023 ini, kamu bisa mendapatkan smartphone ini mulai harga 2,7 jutaan untuk varian terendah dan 3,2 jutaan untuk varian 256 GB.

Kelebihan Poco M4 Pro

1. Layar Super AMOLED 90 Hz

Poco M4 Pro dibekali dengan panel Super AMOLED 6.43 inci dengan resolusi Full HD+. Layar tersebut juga sudah mendukung refresh rate hingga 90 Hz.

Touch Sampling Rate layar mencapai 180 Hz dan tingkat kecerahan layar mencapai 1000 nit. Ini tergolong bagus untuk kelas ponsel di bawah 3 juta. Kamu masih bisa melihat dan membaca layar dengan jelas meski berada di bawah teri sinar matahari.

Cakupan warna layar juga sudah mendukung DCI-P3. Layar tersebut juga menawarkan 3 opsi pengaturan warna, mulai dari vivid, saturated, dan standar. Pada mode standar, cakupan gamut di 99.3% sRGB dan 75.4% DCI P3. Pada mode vivid, cakupannya bisa mencapai 99.8% DCI P3.

Poco juga membenamkan fitur Adaptive refresh rate yang mana layar akan menyesuaikan kebutuhan refresh rate berdasarkan aplikasi yang dibuka, mulai dari 60 Hz hingga 90 Hz. Ini bertujuan untuk menghemat daya baterai.

Keseluruhan layarnya sudah mantap banget di kelas harga 2 jutaan.

2. Performa Gahar

Poco M4 Pro ditenagai dengan chipset gaming MediaTek Helio G96 yang cukup powerful. Chip tersebut berpadu dengan opsi RAM 6 dan 8 GB serta memori internal 128 GB dan 256 GB.

Pada pengujian performa melalui AnTuTu Benchmark v9, smartphone ini mendapatkan skor 321700. Pengujian performa dengan CPU Thorttling test mendapatkan skor 88% yang mana performa keseluruhan tergolong stabil.

Bagaimana performa gamingnya? Genshin Impact dengan pengaturan Lowest-60 fps hasilnya mendapatkan 35-40 fps saat travelling dan turun menjadi 20-30 fps saat battle. Agar performa gaming tetap stabil, kami menyarankan untuk menggunakan fan grip atau pendingin ekstra.

PUBG Mobile dengan pengaturan Smooth Ultra cukup stabil di 40 fps. Mobile Legends bisa mencapai 60 fps lancar tanpa adanya frame drop.

Keseluruhan performa gamimg cukup mengagumkan. Poco M4 Pro sudah menjadi pilihan yang tepat di kisaran harga 2 jutaan.

3. Sistem Pendingin LiquidCool Tecnology 1.0 Plus

Poco M4 Pro sudah dibekali dengan sistem pendingin dengan teknologi LiquidCool 1.0 Plus. Sistem ini berperan besar dalam menjaga kondisi suhu agar tetap stabil, khususnya saat digunakan bermain game.

Sistem pendingin tersebut bekerja dengan baik. Setelah digunakan untuk bermain Genshin Impact, suhu layar berada di kisaran 35-40 derajat celcius. Sementara itu, suhu back cover berada di kisaran 34-40 derajat celcius.

Suhu tersebut tergolong anget dan terbukti penyebaran suhu merata. Titik panasnya tidak hanya terpusat pada satu area saja.

4. Baterai 5.000 mAh Awet Dengan Teknologi Terkini

Poco M4 Pro ditopang dengan baterai 5.000 mAh yang bisa diandalkan untuk mendukung aktivitas seharian. Pemutaran local video playback 1080p bisa bertahan 18 jam lebih. Sementara itu, daya hanya berkurang 3% saja untuk streaming video Youtube,

Untuk bermain TikTok selama 30 jam, daya baterai hanya berkurang 4% saja. baterai hanya berkurang 10% untuk memainkan Genshin Impact selama 30 menit.

Selain itu, kelebihan Poco M4 Pro adalah kemampuan pengisian daya yang cepat. Smartphone ini sudah dibekali dengan teknologi pengisian daya cepat 33 watt yang performanya cukup baik.

Pengisian daya 0-50% hanya membutuhkan waktu 24 menit saja. Sementara itu, pengisian daya hingga full membutuhkan waktu 1 jam lebih sedikit.

Untuk kelas harga smartphone 2 jutaan, performa fast charging ini menjadi keunggulan tersendiri.

Tak tanggung-tanggung, Poco juga menyematkan 3 teknologi baterai sekaligus, yakni MMT Technology, Mi_FC Technology, anda LiquidCool 1.0 Plus.

Teknologi MMT menawarkan pengisian daya dari tengah dengan arus yang terbelah. Tujuannya meminimalisir suhu berlebih saat pengisian daya. Sementara itu, Mi-FC Technology untuk menjaga performa pengisian daya tetap tinggi.

Sementara itu, LiquidCool 1.0 Plus bekerja baik untuk menjaga suhu merata, khususnya saat bermain game.

5. Kamera Mantap & Bening

Poco M4 Pro hadir membawa konfigurasi 4 kamera belakang. Kamera utama menawarkan perekaman video hingga [email protected] dan menariknya sudah dibekali dengan teknologi video stabilizer. Pada kondisi pencahayaan yang optimal, kamera utama menawarkan hasil yang detail dan karakter warnanya bagus.

Sementara itu, pada kondisi low light, detailnya masih cukup baik dan bisa diandalkan. Memang masih ada glitter stabilizer. Namun itu sangat wajar mengingat harganya di kelas 2 jutaan.

Kamera ultra wide juga sudah bisa perekaman video hingga [email protected] dengan sudut pandang yang lebar dan kualitasnya masih tetap terjaga, terlebih juga sudah didukung video stabilizer. Performanya, masih cukup OK untuk di kelas harganya.

Menariknya, kamera tersebut juga menawarkan pro mode foto maupun video dan slow motion hingga  [email protected] Ini cocok sekali bagi konten kreator.

Kamera selfie juga menawarkan hasil yang bening dengan dukungan video hingga [email protected] Dari segi detail, kamera selfienya cukup bagus dengan karakter warna yang natural serta dynamic range yang cukup baik.

Pada kondisi low light, kamera selfie bekerja cukup baik. Memang masih ada noise namun detail gambar masih tetap terjaga. Untuk kelas harganya, level noise dari Poco M4 Pro ini tergolong sedikit.

Untuk hasil foto baik kamera depan maupun kamera belakang menawarkan hasil yang mantap. Meski ditenagai SoC dari MediaTek, ternyata hasil jepretannya bisa maksimal.

6. Microphone Cukup Jernih

Poco M4 Pro dibekali dengan Microphone yang cukup jernih. Ini cocok sekali buat kamu yang mencari smartphone untuk membuat konten. Kamu tidak perlu membutuhkan mic tambahan, karena bawaanya sudah cukup oke. Bahkan, kamu bisa menggunakan mic tersebut untuk kebutuhan voice over.

7. Screen Recorder Lengkap

Poco M4 Pro juga menawarkan fitur screen recorder yang cukup lengkap dan ideal. Kamu bisa mengatur bitrate, suara internal, bisa memilih frame rate.

Tentu saja fitur ini sangat membantu sekali bagi kamu yang ingin merekam video saat bermain game. Bagi konten kreator game dengan budget terbatas, smartphone ini rasanya bisa menjadi pilihan yang tepat.

8. Sudah NFC

Poco M4 Pro sudah dibekali dengan fitur NFC. Ya, smartphone jaman sekarang rasanya wajib membawa fitur modern ini baik untuk cel saldo e-toll, isi saldo e-money hingga bisa dijadikan sebagai kartu akses untuk memasuki gedung atau perkantoran berbasis smart office.

Kekurangan Poco M4 Pro

1. Dual Speaker Kurang Seimbang

Poco M4 Pro memang sudah menawarkan speaker stereo. Namun kualitas suaranya tergolong biasa saja. Ya, sebanding dengan harga yang ditawarkan. Kedua speaker tersebut menawarkan output suara yang cukup jelas dan menggelegar.

Sayangnya, suara yang keluar tersebut kurang seimbang antara bagian atas dan bagian bawah. Speaker bagian bawah lebih dominan. Ini pastinya akan sedikit menganggu bagi kamu yang fokus pada kualitas suaranya/

Selain itu, speaker tersebut juga belum mendapatkan dukungan dari Dolby Atmos. Lagi-lagi kembali pada kelas harganya, rasanya masih wajar.  

2. Belum Mendukung Jaringan 5G

Sayangnya, Poco M4 Pro ini belum mendukung jaringan 5G. Jaringan tersebut sudah mulai merata di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Ini menjadi hal yang bisa kamu perhatikan jika kamu mencari ponsel untuk 2 tahun atau lebih kedepan.

3. Perekaman Video Mentok Full HD 30fps

Kekurangan Poco M4 Pro adalah pada resolusi video hanya mentok 30fps. Meski menawarkan setup kamera yang lengkap, sayangnya smartphone ini belum mendukung perekaman 60fps. Ini memang tergolong wajar di kelas harganya.

Harapannya, Poco menawarkan kualitas video yang lebih baik. Mengingat SoC-nya, Helio G96 menawarkan kualitas resolusi video hingga 2K.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.