Poco M5 vs Tecno Pova 4: Ini Perbandingan Spesifikasi Keduanya

PublicaPoco M5 dan Tecno Pova 4 hadir memanaskan persaingan ponsel gaming di kisaran harga 2 jutaan. Ya, kedua ponsel tersebut hadir dengan hardware maupun software yang memang dirancang khusus untuk kebutuhan gaming.

Baik Poco M5 maupun Tecno Pova 4 sama-sama ditenagai chipset 4G terkencang di tahun 2022, MediaTek Helio G99. Chip tersebut menjadi favorit para gamers karena bisa melibas game-game mainstream seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, hingga Genshin Impact dengan lancar jaya.

Nah, jika suruh memilih salah satu, kira-kira kamu pilih yang mana nih? Poco M5 atau Tecno Pova 4? Daripada bingung, yuk simak perbandingan antara Poco M5 dan Tecno Pova 4 sebagai berikut.

SpesifikasiPOCO M5Tecno Pova 4
Panel LayarIPS LCDIPS LCD
Ukuran Layar6.58 inci6.82 inci
Refresh Rate90Hz90Hz
Perlindungan LayarCorning Gorilla Glass 3-
ChipsetMediaTek Helio G99MediaTek Helio G99
Kamera Belakang50 MP + 2 MP + 2 MP50 MP + other unspecified camera
Kamera Depan5 MP8 MP
Baterai5000 mAh6000 mAh
Fast ChargingFast charging 18WFast charging 18W

Desain

POCO M5 menawarkan bagian belakang unik dengan tekstur kulit jeruk. Selain menambah estetika, fitur tersebut juga membuat genggaman semakin mantap dan tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Selain itu, modul kamera juga hadir dengan tampilan glossy dengan bulatan kamera dan logo Poco yang berpadu cukup menawan. Pada bagian depan, Poco membenamkan bentuk tetesan air sebagai rumah kamera.

Ponsel nin berbobot 201 gram dan ketebalan 8.9 mm, dimensi yang standard untuk ponsel gaming. Untuk opsi warna, Poco M5 hadir dengan pilihan warna kuning, hijau dan juga hitam.

Sementara itu, Tecno Pova 4 menawarkan desain unik yang disebut ID Energy Light Ultimate. Bagian belakang akan terlihat menyala layaknya energi yang mengalir. Desain tersebut juga memberi kesan kokoh dan kuat dengan tampilan yang premium.

Tecno Pova 4 hadir dengan 3 pilihan warna, yakni Cyolite Blue, Uranolith Gray, and Lava Orange. Ponsel ini mempunyai ketebalan 8.7 mm yang lebih ramping dibandingkan dengan pendahulunya.   

Layar

Perbedaan Poco M5 dan Tecno Pova 4 adalah di sisi ukuran layar. Keduanya sama-sama dibekali dengan layar IPS LCD, namun dengan ukuran yang berbeda.  

POCO M5 membawa IPS LCD 6.58 inci dengan resolusi Full HD+. Layar tersebut juga sudah mendukung refresh rate maksimum 90 Hz.  Untuk touch sampling rate, ponsel ini sudah mendukung 240 Hz yang tergolong sudah responsif. Layarnya juga mempunyai tingkat kecerahan hingga 500 nit.

Layar tersebut juga sudah terproteksi dari gesekan maupun goresan dengan lapisan kaca dari Corning Gorilla Glass.

Sementara itu, Tecno Pova 4 mengusung layar IPS LCD 6.82 inci dengan resolusi HD+. Layar tersebut juga sudah mendukung refresh rate hingga 90 Hz. Bagi sebagian orang, ukuran layar tersebut terlalu besar untuk digenggam menggunakan satu tangan.

Chipset

Di sektor performa, baik Poco M5 maupun Tecno Pova 4 ditenagai dengan chipset MediaTek Helio G99 dengan fabrikasi 6 nm yang performanya cukup kencang. Keduanya juga membawa CPU 8 inti dengan kecepatan hingga  2.2 Ghz.

Perbedaan Poco M5 dan Tecno Pova 4 pada bagian pengolah grafis, fitur gaming, dan juga memorinya.

Poco M5 membawa fitur MediaTek Hype Engine 2.0 Lite dan juga Game Turbo 5 untuk memastikan pengalaman terbaik saat bermain game. Chip tersebut berpadu dengan RAM 4 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 64 GB dan 128 GB UFS 2.2.

POCO M5 mendapatkan skor 332.845 melalui pengujian performa menggunakan AnTuTu Benchmark v9.  Dengan performa tersebut, kamu bisa memainkan game-game seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan lainnya dengan lancar.

Sementara itu, Pova Tecno 4 membawa chipset yang sama berpadu dengan opsi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Dalam pengujian performa melalui AnTuTu Bencmark v9, ponsel ini mendapatkan skor 371.268.

Yang menarik, Tecno Pova 4 menawarkan fitur Gyroscope Hardware. Fitur ini akan meningkatkan pengalamanmu bermain game, khususnya game-game yang aiming gyro seperti PUBG Mobile. Sensornya lebih tinggi dan juga responsif dibandingkan dengan virtual gyro.

Dengan konfigurasi dapur pacu tersebut, kamu bisa memainkan game-game mainstream, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, hingga Genshin Impact dengan lancar jaya.

Dari perbandingan performa tersebut, Tecno Pova 4 mempunyai performa yang lebih baik untuk bermain game. Terlebih dengan dukungan, Gyro Hardware, kamu bisa memainkan game dengan maksimal, termasuk membidik musuh dengan mudah.

Kamera

Poco M5 membawa konfigurasi 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera makro 2 MP dan kamera depth 2 MP serta LED flash. Sementara kamera depan mengusung lensa 5 MP.

Kamera utama menawarkan perekaman video hingga [email protected] dengan fitur menarik seperti Portrait Mode, 50MP Mode, Pro Mode, Night Mode, Panorama dan pilihan menarik mode video, termasuk Time Lapse Slow Motion, dan Short Video.

Sementara itu, Tecno Pova 4 membawa konfigurasi 2 kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan kamera tambahan. kamera utama tersebut menawarkan resolusi perekaman hingga [email protected] Kamera depan mengusung lensa 8 MP dengan kualitas perekaman hingga [email protected]

Dari spesifikasi kamera tersebut, Poco M5 menawarkan lensa yang lebih lengkap dengan resolusi yang lebih tinggi juga dibandingkan dengan Tecno Pova 4.

Baterai

POCO M5 ditopang baterai 5000 mAh dengan fitur pengisian daya cepat 18 watt.

Baterai POCO M5 bertahan hingga 26 jam untuk nonton video dengan resolusi 1080p. Untuk streaming Youtube selama 30, daya hanya berkurang 3% saja dan bermain TikTok selama 30 menit juga hanya berkurang 4% saja.

Sementara itu, Pova Tecno 4 ditopang dengan baterai 6.000 mAh dengan pengisian cepat 18 watt. Berkat daya yang jumbo tersebut, ponsel ini bisa bertahan untuk menelpon lebih dari 12 jam. Untuk bermain game, daya baterai juga bisa bertahan lebih dari 3 jam.

Kamu juga bisa nonton Youtube selama 4 jam nonstop dalam kondisi baterai yang hanya tersisa 20% saja. Yang menarik, Tecno juga menyematkan teknologi keamanan baterai STS untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti korsleting internal.

Keduanya juga sama-sama dibekali dengan fitur fast charging 18 watt. Namun performanya berbeda. Poco M5 menawarkan pengisian yang lebih cepat dibandingkan dengan Tecno Pova 4.

Harga

POCO M5 hadir dengan dua varian 4/64 GB dan 4/128 GB. Varian 4/64 GB dibanderol dengan harga resmi Rp 2.099.000 dan Rp 2.299.000 untuk varian 4/128 GB.  Sementara itu, Tecno Pova 4 hanya menawarkan satu varian 8/128 GB dengan harga resmi 2.399.000.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.