Realme C30: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Realme kembali memanaskan persaingan smartphone entry-level dengan meluncurkan Realme C30. Mengusung tagline “HP Sejutaan #Pasty Stylish”, smartphone besutan Realme ini diklaim mempunyai desain yang paling stylish dengan konsep vertical stripe.

Tentu saja, Realme C30 ini tidak hanya menawarkan desain yang kece saja, namun juga hal-hal menarik lainnya yang terbilang mantap untuk kelas smartphone 1 jutaan. Daripada kamu penasaran, yuk kita bahasa, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Realme C30 ini.  

Spesifikasi Realme C30

Umum
BrandRealme
Tahun RilisJuni 2022
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.5 inci
Resolusi720 x 1600 px
Refresh Rate-
Perlindungan-
Desain
Dimensi164.1 x 75.6 x 8.5 mm
Berat182 g
MaterialGlass front, plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaLake Blue, Bamboo Green
Hardware
ChipsetUnisoc Tiger T612
CPUOcta-core (2x1.8 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G57
RAM2GB/3GB/4GB
Memori Internal32GB/64GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi8 MP
FiturLED flash, HDR, panorama
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi5 MP
FiturHDR
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 11
InterfaceRealme UI Go
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 10W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 b/g/n
NFC-
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBmicroUSB 2.0, OTG
Lainnya
Fingerprint-
Gyro-

Harga Realme C30

Realme C30 hadir dalam dua pilihan 2/32 GB dan 4/64 GB. Untuk varian 2/32 GB, smartphone ini dibanderold engan harga resmi Rp 1.499.000. Sementara itu, Realme C30 varian 4/64 GB dibanderol dengan harga resmi Rp 1.799.000.

Kelebihan Realme C30

1. Desain Stylish

Seperti yang sudah kami singgung di atas, kelebihan Realme C30 adalah pada desainnya yang stylish dan elegan. Tidak seperti smartphone 1 jutaan lainnya yang terkesan seadanya dalam hal desain, Realme benar-benar menawarkan desain mantap dengan konsep Vertical Strip.

Pada back cover-nya, terdapat tekstur yang menyerupai koper untuk meminimalisir slip dan meningkatkan grip.  Menariknya, back cover juga membawa finishing yang bagus sehingga tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Modul kamera juga menawarkan tampilan yang minimalis, simpe namun tetap elegan. Smartphone ini menawarkan 3 opsi warna yang menarik, diantaranya Bamboo Green, Lake Blue, dan Denim Black. Ketebalannya juga tergolong ramping, yakni 8.5 mm.  

Pada sisi depan, smartphone hadir dengan bezel yang cukup tipis dan build quality-nya cukup solid dan kuat. Tidak terlihat seperti smartphone satu jutaan.

2. Performa Stabil dikelasnya

Performa juga menjadi kelebihan Realme C30. Ya, smartphone ini dibekali dengan System on Chip (SoC) Unisoc Tiger T612 dengan fabrikasi 12 nm. SoC tersebut membawa CPU 8 inti dengan kecepatan hingga 1.8 GHz. Selain itu, SoC tersebut didampingi dengan pengolah grafis (GPU) Mali-G57.

Mungkin banyak yang kurang familiar dengan SoC di atas. Ya, mayoritas smartphone di Indonesia ditenagai oleh SoC dari MediaTek atau Qualcomm Snapdragon. Namun performanya tidak kalah gahar bahkan dibandingkan dengan MediaTek Helio G25, Helio G35, atau Helio P35 yang sering digunakan pada smartphone entry level di harga 1 jutaan. 

Chipset tersebut hadir dengan opsi RAM 2 GB atau 4 GB LPDDR4x dan memori internal 32 GB UFS 2.2. Ya, Realme sudah menyematkan memori flash terbaru, bukan lagi eMMC 5.1. Jenis memori UFS 2.2 itu menawarkan kecepatan baca serta tulis data yang lebih baik daripada versi eMMC.

Performa smartphone cukup bisa diandalkan untuk penggunaan reguler, seperti menjalankan beberapa aplikasi, mendengarkan musik, atau scrolling media sosial, hingga multitasking. Pindah aplikasi satu ke lainnya pun juga berjalan lancar, mulus dan jarang terjadi lagging.

Apakah smartphone ini bisa untuk gaming? Sejatinya Realme C30 tidak ditujukan untuk gaming. Namun smartphone ini masih bisa kok menjalankan game-game ringan dan casual, seperti Subway Surfer dan game ringan lainnya.

3. Kamera Tergolong Bagus

Kelebihan Realme C30 adalah sektor kameranya yang cukup bersaing di kelas harganya. Smartphone ini hanya dibekali 1 kamera belakang dengan resolusi 8 MP dengan sensor SC800CS.

Iya, memang resolusinya kecil dibandingkan dengan kompetitornya. Namun hasil foto maupun videonya bisa diadu dengan kompetitor di kelas harganya. Kamera tersebut juga hadir dengan fitur PDAF, AI, dan LED Flash sebagai pencahayaan tambahan saat low-light.

Menariknya, Realme juga memberikan mode Pro untuk foto sehingga kamu bisa berkreasi dengan ISO, Shutter Speed hingga Fokus distance. Meski hanya 8 MP, hasil kameranya tergolong bagus dengan detail yang masih terjaga dan warna yang natural pada pencahayaan yang optimal.

Foto portrait-nya pun juga cukup bagus dengan subyek dan latar belakang yang terpisah cukup halus. Ya, untuk kelas harga 1 jutaan, hasil portraitnya terbilang mantap. Kamera belakang juga sudah mendukung perekaman video hingga 1080p 30fps.  

Nah, bagaimana hasilnya saat malam hari? memang masih ditemukan noise. Namun wajar mengingat harganya di kelas 1 jutaan. Namun kamu bisa menggunakan mode malam untuk mengurangi noise dan memberikan hasil yang cukup terang.

Sementara itu, Realme C30 membawa kamera depan 5 MP yang juga menawarkan kualitas foto maupun video yang terbilang bagus di kelas harga 1 jutaan.

4. Software Simpel dan Ringan

Software menjadi kelebihan Realme C30 ini. Ya, smartphone ini berjalan pada sistem operasi Android 11 Go Edition dengan antarmuka Realme UI R Edition. Antarmuka besutan Realme tersebut menawarkan performa yang lebih ringan, dan cenderung lebih simple.

Realme UI R Edition memang hadir dengan tampilan yang simpel, mudah dan minim kustomisasi. Cocok sekali bagi pengguna awal atau kamu yang lebih mementingkan fungsionalitas dari smartphone.

Menariknya, sistem operasi tersebut menawarkan berbagai fitur yang terbilang keren untuk kelas harga 1 jutaan, seperti Smart Controls, Ultra-Saving Mode, Digital Wellbeing, Smart motion, Dark Theme, Pocket Mode, Night Light, hingga Face Unlock.  

Setidaknya, ada dua kali sistem update yang akan didapatkan. Artinya, ada jaminan update software baik Android maupun sistem keamanan yang akan didapatkan. Ini juga menjadi hal yang menarik yang mungkin tidak didapatkan pada pesaingnya.

5. Layar Memadai

Kelebihan Realme C30 selanjutnya tentunya pada sektor layar. Smartphone ini mengusung layar IPS 6.5 inci dengan resolusi HD+. Benar, memang belum Full HD+ mengingat harganya di kelas 1 jutaan.

Namun jangan salah, layarnya menawarkan saturasi warna yang tajam, mantap dan kontras yang memadai. Menariknya, touch sampling rate-nya berada di 120 Hz yang membuat layarnya cepat dan responsif. Tidak ada lagi delay-delay. Jadi, kamu bisa memainkan Real Drum tanpa ada kendala.

6. Baterai Awet Seharian

Kelebihan Realme C30 selanjutnya adalah daya tahan baterainya yang awet seharian. Smartphone ditopang dengan baterai 5000 mAh yang bisa bertahan antara 1-1.5 hari untuk penggunaan reguler. Ini tergolong awet.

Menariknya, Realme juga menyematkan fitur Ultra Saving Mode yang bisa menambah fungsional dasar smartphone meskipun daya tingal tersisa 5% saja.

Kekurangan Realme C30

1. Setup Kamera Minim

Kekurangan Realme C30 adalah pada setup kameranya. Ya, Realme benar-benar pede hanya memberikan 1 kamera belakang. Hanya kamera utama, tidak ada kamera ultra wide, kamera makro, maupun depth sensor. Ya,  meski kedua kamera terakhir tersebut memang sering diklaim sebagai gimmick..

Namun konfigurasi kamera yang diberikan Realme ini memang diakui kalah dengan kompetitornya yang mana memberikan setup kamera setidaknya berjumlah 3 yang terdiri dari kamera utama, kamera makro maupun kamera depth.

2. Speaker Mono

Kekurangan Realme C30 selanjutnya adalah masih mono speaker. Realme hanya membenamkan satu speaker pada sisi bawah smartphone. Memang kualitas suaranya tergolong nyaring untuk kelas harga 1 jutaan.

Kualitas suara yang dihasilkan lebih dominan pada treble dan mid. Suara bass-nya masih kurang. Ini juga banyak yang ditemukan pada ponsel kelas entry-level lainnya. Harapannya, Realme membenamkan speaker stereo untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan seimbang.

3. Memori Terbatas

Realme menawarkan dua versi smartphone, yakni 2/32 GB dan 4/64 GB. Memori keduanya tergolong terbatas untuk menunjang aktivitas di tahun 2023 ini. Apalagi yang varian 2/32 GB, itu sangat sesak sekali dan membuat kamu tidak bebas instal banyak aplikasi.

Saat smartphone yang versi 2/32 GB dihidupkan, memori internal hanya menyisakan sekitar 22 GB dan RAM hanya bersisa 600 MB.

Ini sangat terbatas sekali. Kamu tidak bisa memasang aplikasi karena keterbatasan memori tersebut. Untungnya, masih ada slot MicroSD yang bisa digunakan untuk menambah penyimpanan.

4. Tanpa Dukungan Fast Charging

Realme C30 belum didukung oleh fitur pengisian daya cepat. Pabrikan gadget tersebut hanya memberikan fitu charging 10W yang performanya tergolong lambat. Ya, pengisian dari 0 hingga full membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Harapannya, Realme sudah membenamkan teknologi fast charging, setidaknya 18 watt. Jadi, pengisian daya hingga full bisa didapatkan dibawah 1 jam saja.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.