Realme Narzo 50 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Realme merilis Narzo 50 5G, yang merupakan smartphone 5G pertama pada seri Narzo. Smartphone ini hadir membawa daya tarik utama pada sektor chipset, layar, baterai hingga konektivitas dengan teknologi terkini.

Realme Narzo 50 5G ini diklaim sebagai smartphone 5G yang dibanderol dengan harga yang ramah di kantong. Smartphone ini bisa menjadi solusi terbaik untuk berbagai kebutuhan namun sudah mendukung jaringan 5G.

Nah, seperti apa sih smartphone satu ini? Daripada penasaran, Yuk simak ulasan lengkap kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 50 5G.

Spesifikasi Realme Narzo 50 5G

Umum
BrandRealme
Tahun RilisMei 2022
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.6 inci
Resolusi1080 x 2408 px
Refresh Rate90Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi163.8 x 75.1 x 8.1 mm
Berat190 g
MaterialGlass front, plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaHyper Blue, Hyper Black
Hardware
ChipsetMediaTek Dimensity 810
CPUOcta-core (2x2.4 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G57 MC2
RAM4GB/6GB
Memori Internal64GB/128GB
Memori EksternalmicroSDXC (uses shared SIM slot)
Kamera Belakang
Resolusi48 MP + 2 MP
FiturDual-LED flash, HDR, panorama
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi8 MP
FiturPanorama
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceRealme UI 3.0
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 33W
Jaringan
Slot Kartu SIMHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.3, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Realme Narzo 50 5G

Realme Narzo 50 5G dibanderol dengan harga awal Rp 3.299.000. Namun sekarang sudah turun harga. Kamu bisa mendapatkannya mulai harga 2.8 jutaan.

Kelebihan Realme Narzo 50 5G

1. Desain Cantik dan Elegan

Realme membawa desain frame datar dengan bahan polikarbonat. Back cover juga terbuat dari bahan polikarbonat dengan pola garis miring. Smartphone ini mempunyai dua opsi warna, Hyper Blue and Hyper Black.

Smartphone ini mempunyai bobot 190 gram dan ketebalan 8.1 mm. Tidak terlalu berat dan cukup ramping. Ukuran smartphone tersebut nyaman digenggam sekalipun dengan menggunakan satu tangan.

Sementara bagian bodi depan, Smartphone ini masih membawa bentuk layar water drop sebagai rumah kamera depan. Bezel layar baik di kiri maupun kanan juga lumayan tipis.  

2. Layar 90 Hz Full HD+

Realme Narzo 50 5G mengusung panel IPS LCD 6.6 inci dengan resolusi Full HD+ (2408 x 1080 piksel). Selain itu, layarnya juga sudah mendukung refresh rate hingga 90 Hz.

Tingkat kecerahan layar mencapai 600 nit. Artinya, kamu masih bisa membaca layar dengan jelas sekalipun berada di bawah terik sinar matahari.

Layarnya juga mempunyai color gamut 99.4% sRGB dan 96.2% DCI P3 pada mode vivid. Pada mode natural, layarnya mempunyai color gamut 94.4% sRGB dan 69.1% DCI P3.

3. Dual Stereo Speaker

Kelebihan Realme Narzo 50 5G adalah dukungan dual stereo speaker. Speaker tersebut terletak di bezel atas menyatu dengan earpiece dan bagian bawah layar. Tentu saja, dual speaker tersebut menawarkan output suara yang seimbang, rata kanan-kiri dan cukup menggelegar.

Kehadiran dual speaker stereo ini juga membuat kamu lebih nyaman ketika nonton video streaming atau bermain game. Meski diposisikan horizontal, output suara masih terdengar jernih dan cukup lantang.

Dual stereo speaker ini menjadi nilai plus mengingat kompetitornya masih ada yang menyematkan mono speaker.

4. Kamera Cukup Jernih

Kelebihan Realme Narzo 50 5G adalah pada kamera utamanya. Ya, smartphone ini membawa kamera utama 48 MP didampingi depth sensor 2 MP dan lampu LED. Kamera tersebut menawarkan gambar yang cukup jernih, khususnya pada kondisi pencahayaan yang optimal.

Kamera utama juga mempunyai fitur yang tergolong lengkap, seperti Super Nightscape, 48 MP, Pro (Photo), Slow Motion, and Steet Mode.

Kamera utama memberikan kaulitas foto dan video yang cukup jernih dengan warna yang natural serta detail yang masih terjaga. Fokus kamera pun juga bekerja dengan cukup cepat dan baik.

Untuk kondisi low light, kamera utama masih bisa memberikan warna yang cukup oke dan tergolong minim noise. Kecepatan fokus juga lumayan di malam hari.

Kamera selfie juga sudah cukup bagus di kelas harganya. Kamu bisa mendapatkan foto dengan detail yang terjaga dan konsisten. Kameranya juga cukup apik digunakan untuk membuat vlog-vlog sederhana.

5. Konektivitas 5G

Salah satu kelebihan Realme Narzo 50 5G adalah sudah mendukung konektivitas 5G. Ya, Smartphone ini berarti tergolong future-proof. Kelak jika jaringan 5G sudah merata di seluruh wilayah Indonesia, kamu tidak perlu ganti smartphone lagi.

Realme Narzo 50 sudah mendukung jaringan 5G yang disediakan oleh hampir semua operator di Indonesia. Selain itu, Kelebihan Realme Narzo 50 5G lainnya adalah adanya fitur NFC. Fitur tersebut akan memudahkan kamu dalam menunjang kebutuhan harian mulai dari cek saldo e-wallet, isi saldo e-toll, dengan hanya satu sentuhan saja.

6. Performa Tergolong Kencang

Realme menghadirkan System on Chip (SoC) MediaTek Dimensity 810 dengan fabrikasi 6 nm.

SoC tersebut berpadu dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Jika dirasa kurang, ada fitur extended RAM dengan opsi 2 GB, 3 GB, atau 5 GB. Selain itu, Realme juga masih menyematkan penyimpanan eksternal hingga 1 TB melalui slot MicroSD.

Untuk performanya, smartphone ini mendapatkan skor 384710 melalui AnTuTu Benchmark 9. Smartphone ini berjalan menggunakan sistem antarmuka Realme UI 3.0 berbasis Android 12.

Bagaimana performanya gamingnya?

PUBG Mobile dengan pengaturan Smooth-Ultra mendapatkan frame rate rata-rata 40fps. Apex Legends dengan kualitas tampilan HD stabil di 40 fps. Mobile Legends dengan opsi tampilan High HD mulus dan lancar di 60 fps.

Genshin Impact dengan pengaturan Lowest-60 mendapatkan frame rate di kisaran 40 fps. Memang masih ada frame drop, tapi jarang dan tidak menganggu permainan.

Setelah digunakan main game selama 30 menitan, suhu ponsel berada di kisaran 37-38 derajat celcius. Tergolong masih anget-anget saja, bahkan cenderung adem.

7. Baterai Tahan Seharian

Realme Narzo 50 5G ditopang dengan baterai 5000 mAh dengan dukungan charger 33W Dart Charge. Daya baterai bisa bertahan hingga 20.5 jam untuk nonton local video playback 1080p. Streaming Youtube selama 30 menit hanya berkurang 3% dan main TikTok 30 menit hanya 3% juga.

Sementara itu, main Genshin Impact selama 30 menit daya baterai hanya berkurang 9%.  Meski bukan yang paling irit, namun sudah cukup oke untuk mendukung kegiatan harian tanpa harus sering charging.

Performa 33 W Dart Charge juga cukup baik. Pengisian daya 0-50% membutuhkan waktu 29 menit dan 0-100% kurang lebih 1 jam 20 menit. Cukup cepat untuk sekelas fast charging 33 watt.

Kekurangan Realme Narzo 50 5G

1. Tanpa Kamera Ultra Wide

Kekurangan Realme Narzo 50 5G tidak mempunyai kamera ultra wide. Ya, kamera jenis ini memang masih menjadi idola bagi sebagian besar pengguna di Indonesia. Banyak yang menggunakan kamera ini untuk foto bersama mengingat sudut tangkapan yang lebih luas hingga 118 derajat.

Dibandingkan depth sensor, sepertinya kamera ultra wide lebih banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Perekeman Video Maksimal [email protected]

Kekurangan Realme Narzo 50 5G adalah kemampuan perekaman video yang hanya sampai [email protected] Ini juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Harapannya, kamera tersebut sudah menawarkan perekaman setidaknya [email protected]  

3. Belum didukung Gyro Hardware

Realme Narzo 50 5G memang sudah mempunyai sensor gyroscope, namun sayangnya masih virtual belum hardware. Jadi, kamu belum mendapatkan pengalaman gyro yang cepat dan responsif khususnya saat memainkan game aiming gyro seperti PUBG Mobile.

4. Tanpa Video Stabilizer

Kekurangan Realme Narzo 50 5G adalah belum dibekali video stabilizer. Ini membuat kualitas perekaman video banyak gitter dan goncangan. Ketiadaan fitur ultra steady membuat perekaman video yang kurang detail.  

5. Refresh Rate Belum Optimal

Realme Narzo 50 5G memang sudah mendukung refresh rate hingg 90 Hz. Namun ternyata belum semua aplikasi menawarkan refresh rate tersebut. Kalau untuk browsing, atau scrolling aplikasi memang bisa 90 Hz. Namun ketika digunakan untuk bermain game, masih nyangkut maksimal 60 Hz.  

6. Iklan Agak Menggangu

Kekurangan Realme Narzo 50 5G adalah pada iklannya yang masih banyak dan cukup mengganggu. Ada iklan yang sering muncul, bahkan penuh di layar. Tentu saja ini mengganggu. Bahkan, saat baru menghidupkan kamera, iklan tersebut masih muncul lagi.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.