Samsung Galaxy A04: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Melengkapi Galaxy A04 series, Samsung resmi meluncurkan smartphone entry-level, Samsung Galaxy A04. Smartphone ini sekilas memang mirip dengan saudaranya, Samsung Galaxy A04s. Keduanya dibekali dengan kapasitas RAM 4 GB dan mengandalkan kamera utama yang beresolusi 50 MP serta layar 6.5 inci.

Samsung Galaxy A04 ini mengusung layar IPS LCD 6.5 inci dengan resolusi HD+. Seperti halnya, line up ponsel Samsung kelas pemula, ponsel ini menggunakan layar berbentuk poni dengan bentuk yang menyerupai huruf V.

Model poni tersebut memuat kamera depan dengan resolusi 5 MP yang cukup bisa kamu andalkan untuk foto-foto selfie maupun live streaming. Sementara itu, kamera belakang mengusung dual-camera yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan kamera depth sensor 2 MP.

Kamera utama tergolong baik di kelas harganya. Kamu bisa menggunakannya membidik foto baik di siang maupun malam hari dengan hasil yang cukup detail dan jernih.

Untuk sektor dapur pacu, Samsung Galaxy A04 ini dipersenjatai dengan chipset MediaTek Helio P35. Prosesor ini seringkali menjadi andalan untuk ponsel kelas pemula.   Ponsel ini dibekali opsi RAM 3 GB/4 GB dan penyimpanan internal 32 GB/64 GB.

Samsung Galaxy A04 juga hadir dengan sistem operasi Android 12 yang dipadankan dengan antarmuka OneUI 4.1. Untuk varian warnanya, ponsel ini mempunyai opsi warna Black, Green, dan Copper.

Berapa harga ponsel ini? Samsung Galaxy A04 dibanderol dengan harga Rp 1.499.000 untuk varian 3/32 GB dan Rp 1.799.000 untuk varian 3/64 GB. Nah, apakah ponsel ini sebanding dengan harga yang ditawarkan? Apakah menawarkan nilai lebih dibandingkan dengan kompetitornya? Yuk kita bedah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A04 sebagai berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy A04

Umum
BrandSamsung
Tahun RilisOktober 2022
Layar
PanelPLS LCD
Ukuran6.5 inci
Resolusi720 x 1600 px
Refresh Rate-
Perlindungan-
Desain
Dimensi164.4 x 76.3 x 9.1 mm
Berat192 g
MaterialGlass front, plastic back, plastic frame
Pilihan WarnaBlack, Green, White, Copper
Hardware
ChipsetMediaTek Helio P35
CPUOcta-core (4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320
RAM3GB/4GB/6GB/8GB
Memori Internal32GB/64GB/128GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + 2 MP
FiturLED flash
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi5 MP
Fitur-
VideoYa
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceOne UI Core 4.1
Baterai
Kapasitas5000 mAh
Charging-
Jaringan
Slot Kartu SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFC-
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0
Lainnya
Fingerprint-
Gyro-

Harga Samsung Galaxy A04

Samsung Galaxy A04 tersedia dalam dua varian pilihan, yakni varian 3/32GB dengan banderol harga Rp1.499.000 dan varian 4/32GB dengan banderol harga Rp1.699.000.

Kelebihan Samsung Galaxy A04

1. Kamera Tergolong Jernih

Samsung Galaxy A04 dibekali dengan kamera utama 50 MP yang cukup memadai untuk fotografi maupun pengambilan video sederhana. Kamera tersebut cukup jernih untuk membidik objek foro baik di siang hari maupun malam hari.

Kamera tersebut juga sudah mendukung perekaman hingga [email protected] Kamu juga akan dimanjakan dengan fitur-fitur khas, seperti mode Pro, Panorama, dan Portrait mode. Fitur yang dibawa memang terasa sederhana. Namun jangan salah, kameranya sanggup memberikan hasil foto maupun video yang jernih dan berkualitas.

Kamera tersebut juga ditopang dengan mic yang kualitasnya cukup baik di kelas harganya. Jadi, kamu bisa menggunakan ponsel ini untuk membuat vlog, reels, atau video pendek tanpa harus menggunakan mic tambahan.  

2. Fitur RAM Plus dan Mendukung Penyimpanan Eksternal

Samsung Galaxy A04 ini hadir dengan opsi RAM 3 GB atau 4 GB. Namun jika kapasitas tersebut dirasa kurang, kamu bisa menggunakan RAM virtual dengan tambahan maksimal 4 GB. Dengan perluasan kapasitas RAM tersebut, performanya cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan multitasking.

Tidak hanya kapasitas RAM saja, ponsel ini juga mendukung perluasan penyimpanan melalui slot microSD. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kehabisan kapasitas penyimpanan karena bisa diperluas hingga 1 TB. Kita patut mengapresiasi Samsung karena menyematkan kedua fitur tersebut di ponsel entry-level mereka.  

3. Baterai Awet

Samsung Galaxy A04 ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fitur pengisian daya cepat 15W. Kapasitas baterai ini cukup besar yang bisa digunakan seharian untuk penggunaan ringan seperti mengirim pesan, social media atau nonton video streaming.

Secara spesifik, daya baterai bisa bertahan hingga 17 jam 30 menit untuk memutar local video playback dengan resolusi 1080p. Fitur fast charging 15W juga bekerja cukup baik. Pengisian daya 0-50% membutuhkan waktu 1 jam 8 menit-an.

Sementara dari 0-full membutuhkan waktu 2 jam 58 menit. Kecepatan pengisian daya ini memang belum super cepat, namun sudah tergolong impresif untuk ponsel di kelas harga 1 jutaan.  

4. Sistem Operasi Ringan dan Terjamin

Salah satu yang menjadi keunggulan ponsel besutan Samsung dibandingkan kompetitornya adalah sistem operasi yang ringan dan hampir tanpa iklan. Banyak pengguna brand sebelah yang mengeluhkan banyaknya iklan dan bloatware pada sistem operasinya.

Kamu tidak akan menemukan iklan pada antarmuka UIOne core pada ponsel ini. Selain itu, Samsung juga memberikan jaminan update sistem operasi hingga 4 kali dan sistem keamanan hingga 5 kali.

Keunggulan ini sungguh menjadi daya tarik tersendiri yang mungkin tidak akan ditemukan pada brand kompetitor lainnya.

5. Dibekali Dua Microphone

Yang mengejutkan ponsel 1 jutaan besutan Samsung ini juga dibekali dengan microphone ganda dengan kualitas yang cukup jernih untuk perekaman video. Dengan kata lain, kamu tidak perlu menggunakan mic eksternal ketika melalukan perekaman video.

Kualitas perekamannya pun juga cukup jernih. Fitur dual microphone ini jarang sekali ditemukan di ponsel di kelas harganya. Sebagian besar hanya mempunyai satu mic, itupun dengan kualitas yang pas-pasan.

6. Sudah Menggunakan USB Type-C

Alih-alih menggunakan microUSB, Samsung Galaxy A04 ini sudah dibekali dengan port USB Type-C yang kualitasnya lebih baik. Colokan USB lebih kencang dan tidak mudah longgar.

Penggunaan USB tipe ini juga memudahkan konektivitas antar perangkat atau dengan perangkat lainnya.

Kekurangan Samsung Galaxy A04

1. Chipset sudah Tertinggal

Samsung Galaxy A04 ini ditenagai dengan chipset MediaTek Helio P35 yang dikenal menjadi andalan ponsel-ponsel entry level. Meski performanya cukup menjanjikan, namun prosesor ini tergolong sudah tertinggal dibandingkan kompetitornya.

Mereka sudah menggunakan chipset yang lebih bertenaga dan menawarkan performa yang lebih tinggi, seperti MediaTek G80 hingga Snapgragon 680. Dibandingkan dengan pendahulunya Samsung Galaxy A03, performanya chipset-nya pun juga mengalami penurunan.   

2. Tidak ada Sensor Sidik Jari

Ponsel ini hanya dibekali sistem keamanan face unlock saja tanpa adanya finger print scanner. Ini juga menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan. Bagaimana pun sidik jari ini sangat membantu ketika layar ponsel kesulitan mengenali wajah penggunannya, terlebih di kondisi yang pencahayaannya kurang.

Selain itu, kompetitor di kelas harganya juga menawarkan kedua fitur keamanan, baik face unlock dan finger print secara bersamaan.     

3. Kurang Cocok untuk Gaming

Samsung Galaxy A04 kurang cocok untuk menjalankan game, khususnya game-game mainstream seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire atau lainnya. Selain karena dapur pacu yang kurang mumpuni, tidak ada fitur Game Booster maupun Alternate Gaming Performance Mode  yang bisa memaksimalkan kinerja ponsel untuk bermain game.

Kalaupun dipaksakan untuk bermain game, kualitas tampilan yang akan kamu dapatkan juga yang paling rendah dan sering frame drop serta lagging di tengah main game.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.