Samsung Galaxy A13: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

PublicaSamsung Galaxy A13 merupakan varian terjangkau pada A series di tahun 2022. Smartphone ini siap memanaskan persaingan entry-level dengan mengandalkan kamera 50 MP khas Samsung, sistem antar muka yang matang serta baterai yang terbilang irit.

Dibanderol di harga 2 jutaan, apakah Samsung Galaxy A13 ini layak untuk dibeli? Yuk kita simak ulasan spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A13.

Spesifikasi Samsung Galaxy A13

Umum
BrandSamsung
Tahun RilisMaret 2022
Layar
PanelPLS LCD
Ukuran6.6 inci
Resolusi1080 x 2408 px
Refresh Rate-
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
Desain
Dimensi165.1 x 76.4 x 8.8 mm
Berat195 g
MaterialGlass front (Gorilla Glass 5), plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaBlack, White, Peach, Blue
Hardware
ChipsetExynos 850
CPUOcta-core (4x2.0 GHz Cortex-A55 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52
RAM3GB/4GB/6GB
Memori Internal32GB/64GB/128GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
FiturLED flash, panorama, HDR
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi8 MP
Fitur-
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 12, upgradable to Android 13
InterfaceOne UI 5
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 15W
Jaringan
Slot Kartu SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
Gyro-

Harga Samsung Galaxy A13

Samsung A13 hadir dengan dua versi yakni 4/128 GB dan 6/128 GB. Untuk varian 4/128 GB, harga resminya Rp 2.499.000. Sementara itu, harga resmi untuk varian 6/128 GB adalah Rp 2.699.000.

Namun di awal Januari 2023, Harga Samsung Galaxy A13 sudah turun mulai dari 2.2 jutaan untuk versi terendahnya.  

Kelebihan Samsung Galaxy A13

1. Desain Simpel Namun Elegan

Samsung mengusung desain yang gak neko-neko dan tidak banyak gimmick. Ini malah menjadi kelebihan Samsung Galaxy A13. Ya, kesan simpel namun elegan terpancar pada desainnya. Uniknya, sisi frame menyatu dengan back cover. Bahan yang digunakan juga masih polikarbonat.

Samsung memberikan opsi warna, Hitam, Peach, dan Biru. Sementara itu, smartphone ini berbobot 195 gram dengan ketebalan 8.8 gram. Memang bukan yang tergolong tipis namun masih nyaman dalam genggaman tangan.

2. Setup Kamera Lengkap

Samsung menawarkan konfigurasi empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultra wide 5 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth 2 MP. Keempat kamera tersebut didampingi oleh LED Flash untuk pencahayaan tambahan saat kondisi low light.

Setup kamera yang tergolong lengkap di kelas harganya. Kamu masih mendapatkan kamera ultra wide yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil video kamera ultra wide juga sudah tergolong bagus dibandingkan dengan kompetitornya.  

Kamera utama menggunakan sensor Samsung JN1 dan dukungan AutoFocus. Perekeman video maksimal hingga 1080p 30 fps. Hasil perekaman video kamera utama juga cukup baik dengan warna yang masih terjaga dan detailnya yang cukup mantap.

Beralih ke bagian depan, Samsung membenamkan kamera selfie 8 MP dengan dukungan perekaman hingga 1080p 30 fps. Hasil video kamera selfie cukup bagus pada pencahayaan yang optimal. Detailnya terjaga, warna natural dan dynamic range-nya tergolong baik.

Pada kondisi low light, hasil kameranya juga tergolong bagus. Detailnya masih terjaga dan warnanya juga bagus.

Keseluruhan hasil kamera baik depan maupun belakang sudah cukup bagus untuk video maupun foto di kelas harganya.

3. Layar Full HD+

Samsung membawa layar PLS LCD 6.6 inci Infinity-V. Menariknya, layar tersebut sudah beresolusi Full HD+. Gambar yang dihasilkan sudah cukup kaya, tajam dan detail untuk mendukung kebutuhan harian mulai dari main sosial media, nonton film, hingga gaming.

Tak tanggung-tanggung, Samsung juga sudah menyematkan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5 untuk melindungi dari goresan maupun kotoran.

4. Performa Stabil dikelas Harganya

Samsung Galaxy A13 dibekali dengan System on Chip (SoC) Exynos 850 yang dibangun di atas manufaktur 8 nm. SoC tersebut mempunyai CPU dengan 8 inti dengan kecepatan hingga 2.2 GHz.

SoC tersebut berpadu dengan opsi RAM 4 GB dan 6 GB dan memori internal 128 GB. Kapasitas RAM tersebut masih bisa diperbesar dengan fitur extended RAM hingga 4 GB. Fitur tersebut sangat membantu untuk multitasking hingga tugas berat seperti gaming.

PUBG Mobile dengan pengaturan Smooth Ultra mendapatkan kisaran 20-30 fps. Mobile Legend dengan tampilan Ultra-60 mendapatkan rata-rata 30 fps. Subway Surfers masih bisa berjalan dengan mulus dan lancar di 60 fps.

Keseluruhan untuk memainkan game-game yang tergolong ringan hingga menengah masih cukup playable. Perlu diketahui bahwa smartphone ini bukan ditujukan khusus untuk gaming. Jadi, ya wajar jika performa gamingnya tidak terlalu optimal.

5. Dual Micropohone

Dibandingkan brand lainnya, Samsung memang mempunyai kelebihan pada microphone-nya yang lebih jelas dan jernih. Menariknya, smartphone dibekali dual microphone untuk input suara yang berkualitas. Tentu saja, ini salah satu kelebihan Samsung Galaxy A13 yang sulit disaingin oleh kompetitor di kelas harganya.

Kehadiran dual mic itu akan membuat input suara saat vlogging atau perekaman video menjadi lebih baik. Kamu tidak perlu takut suara tidak masuk karena tertutup tangan saat merekam.

Masih ada microphone tambahan yang bisa back up. Untuk di kelas harga dua jutaan, microphone bawaan Samsung ini sangat bagus.

6. Baterai Awet untuk Seharian

Keunggulan Samsung Galaxy A13 adalah pada sektor baterainya. Smartphone ini dibekali baterai 5.000 mAh dan dukungan pengisian 15 W. Untuk memutar video playback 1080p, daya baterai bisa bertahan hingga 19 jam lebih 20 menit.

Daya tahan baterai sudah cukup lumayan untuk mendukung tugas reguler dengan sekali siklus charging.

Kekurangan Samsung Galaxy A13

1. Masih Mono Speaker

Kekurangan Samsung Galaxy A13 adalah belum mendukung dual stereo speaker. Ya, Samsung hanya membenamkan satu speaker saja pada bagian frame bawah. Mono speaker ini pastinya menawarkan suara yang kurang mantap.

Kamu tidak mendapatkan output suara yang seimbang dari kanan maupun kiri saat menggunakan dalam posisi horizontal. Ini juga menjadikan pengguna kurang maksimal saat nonton film, main game, atau sekedar memutar musik.

Harapannya, Samsung juga memberikan dual stereo speaker yang sudah banyak ditemukan pada ponsel di kelas 2 jutaan. 

2. Refresh Rate Masih 60 Hz

Kompetitornya di kelas harga yang sama sudah menawarkan opsi refresh rate hingga 90 Hz. Sayangnya, Smartphone ini masih mentok 60 Hz. Ini juga menjadi kekurangan Samsung Galaxy A13.

Harapannya, Samsung memberikan refresh rate setidaknya hingga 90 Hz untuk mendapatkan pengalaman scrolling yang lembut dan memanjakan mata.

3. Tanpa NFC

Fitur NFC sekarang ini sudah disematkan di hampir semua kelas harga, termasuk entry-level. Banyak smartphone dua jutaan yang sudah menawarkan NFC untuk menunjang aktivitas harian di zaman modern ini, sebut saja Xiaomi Redmi Note 11.

Sayangnya, Samsung harus memangkas fitur tersebut di produk entry level-nya. Ini bisa menjadi deal-breaker bagi pengguna mengingat NFC ini menjadi fitur vital yang akan banyak digunakan.

4. Tidak Ada Gyroscope Sensor

Samsung Galaxy A13 sudah membenamka beberapa sensor termasuk Magnetic, Proximity, Accelerometer, dan Orientation Sensor. Namun sayangnya, tidak ada Gyrsoscope Sensor. Kehadiran sensor tersebut cukup penting khususnya bagi kamu yang ingin mendapatkan pengalaman main game yang lebih nyaman dan responsif.

Selain itu, adanya gyro sensor juga akan membantu dalam menahan goncangan saat pengambilan video dalam keadaan berjalan. Harapannya, Samsung setidaknya menyematkan virtual gyro, atau malahan gryo hardware.  

5. Kecepatan Charging Tergolong Lamban

Samsung Galaxy A13 dibekali dengan teknologi charging 15W. Ya, pengisian dari 0-50% membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Sementara itu, pengisian daya dari 0-100% memakan waktu yang cukup lama, hampir 2.5 jam.

Kecepatan charging tersebut tergolong lamban di kelas harganya. Jika kita melihat kompetitornya, Xiaomi Redmi Note 11 sudah membawakan fast charging 33 W dengan pengisian 0-10% hanya dengan waktu 1 jam lebih sedikit.  

6. Belum Mendukung Video Stabilizer

Kekurangan Samsung Galaxy A13 adalah belum mendukung video stabilizer. Sebenarnya, hasil video kameranya sudah cukup baik dengan warna yang natural dan dynamic range yang cukup bagus di kelas harganya.

Sayangnya goncangan atau gitter masih cukup sering dan mempengaruhi kualitas video. Hal ini disebabkan karena belum adanya video stabilizer. Agar kualitas video semakin bagus, harapannya Samsung sudah menerapkan fitur tersebut.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.