Samsung Galaxy A14 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Samsung kembali meramaikan kompetisi smartphone di harga 2 jutaan, melalui produk terbarunya, Samsung Galaxy A14 5G. Smartphone ini  menjadi salah satu HP dengan dukungan jaringan 5G termurah di Indonesia. Ya, harganya 2 jutaan saja dan kamu sudah mendapatkan smartphone 5G dari Samsung. Ini terobosan yang mantap.

Selain mengandalkan jaringan 5G, Samsung Galaxy A14 5G juga mengunggulkan pada beberapa sektor, termasuk kamera, baterai, hingga RAM yang lega. Smartphone ini ditujukan bagi konsumen yang ingin migrasi ke jaringan 5G dengan ponsel yang ramah di kantong.

Nah, apakah harganya tersebut sesuai dengan kualitasnya? Yuk, simak review Samsung Galaxy A14 5G termasuk kelebihan dan kekurangannya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A14 5G

Umum
BrandSamsung
Tahun RilisJanuari 2023
Layar
PanelPLS LCD
Ukuran6.6 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate90Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi167.7 x 78 x 9.1 mm
Berat202 g
MaterialGlass front, plastic back, plastic frame
Pilihan WarnaBlack, Light Green, Dark Red, Silver
Hardware
ChipsetExynos 1330
CPUOcta-core (2x2.4 GHz & 6x2.0 GHz)
GPUMali-G68 MC4
RAM4GB/6GB
Memori Internal64GB/128GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + 2 MP + 2 MP
FiturLED flash, panorama, HDR
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi13 MP
Fitur-
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 13
InterfaceOne UI Core 5
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 15W
Jaringan
Slot Kartu SIMNano-SIM
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCUnspecified
Bluetooth5.2, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Samsung Galaxy A14 5G

Samsung Galaxy A14 5G dibanderol dengan harga Rp 2.999.000 untuk varian 6/128 GB. Nah, bagi kamu yang tertarik membeli smartphone ini, langsung saja mengunjungi situs resmi Samsung Indonesia.

Kelebihan Samsung Galaxy A14 5G

1. Layar Full HD+

Kelebihan Samsung galaxy A14 5G adalah pada lini layarnya. Smartphone ini dibekali dengan layar PLS LCD 6.6 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2408 piksel). Layar tersebut menghadirkan warna yang, tajam, dan nyaman di mata. Ukuran layar juga cukup luas yang siap memberikan pengalaman nonton yang maksimal.

Tidak hanya itu, layar ini juga sudah mendukung refresh rate hingg 90 Hz. Kamu bisa mendapatkan pergerakan konten yang halus dan mulus dengan refresh rate tersebut. Tentu saja, scrolling media sosial, nonton video streaming atau gaming pun juga berasa super smooth pergerakannya.

Tingkat kecerahan layar juga tergolong baik. Kamu masih bisa membaca layar dengan jelas sekalipun berada di bawah terik sinar matahari. Tidak ada informasi jelas mengenai berapa Touch Sampling Rate. Namun, layarnya cukup responsif dan tidak ada delay.

2. Desain Minimalis Nan Cantik

Samsung selalu memberikan desain minimalis namun terkesan cantik. Ini bisa dibilang kelebihan Samsung Galaxy A14 5G. Keseluruhan bodi menggunakan frame yang datar dengan sudut yang membulat. Back cover juga terlihat simpel dengan finishing matte yang membuatnya tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Manariknya, pabrikan asal Korea Selatan ini tidak memberikan modul kamera. Jadi, tiga kamera diposisikan secara vertikal dan menyatu dengan back cover. Ya, kamu tidak menemukan modul kamera. Ini menjadi pembeda dengan smartphone lainnya.

Beralih ke bagian depan, Samsung masih mengusung bentuk layar tetesan air, yang disebut “Infinity-V”. Bentuk tersebut memang menjadi ciri khas Samsung.

Smartphone ini berbobot 205 gram dengan ketebalan 9.1 mm. Memang bukan tergolong smartphone yang ringan dan ramping, namun cukup nyaman dalam genggaman tangan. Untuk opsi warna, smartphone ini hadir dengan 3 pilihan, yakni Dark Red, Black, dan Silver.

3. Konektivitas 5G

Konektivitas menjadi keunggulan Samsung Galaxy A14 5G ini. Smartphone ini sudah didukung jaringan 5G yang sudah mulai merata di seluruh wilayah Indonesia. Ini membuktikan bahwa smartphone besutan Samsung ini sudah future-proof. Kamu bisa menggunakannya beberapa tahun ke depan.

Selain dukungan konektivitas 5G, smartphone ini juga hadir dengan dukungan konektivitas lainnya, seperti NFC, Wi-Fi, Bluetooth 5.2, dan USB OTG. Dengan konektivitas modern tersebut, rasanya ponsel ini masih bisa diandalkan untuk beberapa tahun ke depan.

4. Performa Tergolong Baik

Samsung Galaxy A14 5G ini dibekali dengan System on Chip (SoC) MediaTek Dimensity 700. SoC ini tergolong mantap di kelas harga 2 jutaan dan pastinya sudah mendukung jaringan 5G. Chip ini hadir dengan CPU 8 inti dengan kecepatan hingga 2.2 GHz.

Dapur pacu tersebut berpadu dengan opsi RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Sudah cukup memadai untuk kegunaan di tahun 2023 dan beberapa tahun ke depan. Tak tanggung-tanggung, Samsung juga memberikan fitur RAM Plus hingga 6 GB.

Artinya, kamu bisa mendapatkan total kapasitas RAM sebesar 12 GB. Membuka banyak aplikasi secara bersamaan, tentu tidak menjadi masalah. Loncat aplikasi satu ke lainnya juga bisa dilakukan dengan cepat tanpa adanya lagging.

Selain itu, Samsung juga masih memberikan opsi penyimpanan tambahan hingga 1 TB melalui slot microSD. Mau menyimpan berkas-berkas berukuran besar, tentu tidak ada kendala lagi.

Performa smartphone ini cukup lancar dan mulus untuk penggunaan casual harian, seperti membuka aplikasi, sosial media, hingga bermain game.

Bagaimana untuk gaming? Smartphone ini bisa memainkan game-game casual dengan lancar dan mulus. Kamu bisa memainkan Mobile Legends, PUBG Mobile, hingga Genshin Impact dengan pengaturan yang disesuaikan.

5. Kamera Bening 50 MP

Sektor kamera juga menjadi kelebihan Samsung Galaxy A14 5G. Smartphone ini dibekali konfigusasi 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera makro 2 MP, da kamera depth sensor 2 MP.

Kualitas foto maupun video tentu tidak diragukan lagi, cukup tajam, detailnya terjaga dan dynamic range-nya tergolong luas pada pencahayaan yang optimal. Sementara pada kondisi low light, hasil kamera juga cukup bagus dengan detail yang lumayan, warnanya juga masih tergolong baik, serta tidak banyak noise.

Kamera belakang mendukung perekaman video hingga 1080p 30fps. Ada juga fitur slow motion 120p 720fps.

Beralih ke bagian depan, ada kamera selfie 13 MP yang mendukung perekaman video hingga 1080p 30fps. Kamera depan tersebut juga memberikan hasil foto maupun video yang mantap di kelas harganya. Kamera depan bisa diandalkan untuk foto selfie hingga membuat vlog sederhana.

6. Jaminan Update Software

Jaminan update software juga menjadi keunggulan Samsung Galaxy A14 5G. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 dengan antar muka OneUI 5. Antarmuka besutan Samsung ini tergolong matang dibandingkan dengan brand lainnya, yang mana minim bug dan hampir tidak ada iklan.  

Hebatnya, Samsung menjamin update software dan sistem keamanan hingga 4 kali. Ini baru mantap. Tidak banyak pabrikan lainnya yang berani memberikan jaminan update yang panjang.

7. Baterai Tahan Hingga 2 Hari

Smartphone ini ditopang dengan baterai 5000 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 2 hari untuk penggunaan reguler. Kamu bisa mengandalkan smartphone ini untuk mendukung produktivitas hingga hiburan harian tanpa khawatir kehabisan baterai.

Selain itu, Samsung juga sudah menyematkan teknologi charging 15 watt yang menawarkan kecepatan pengisian daya yang cukup baik. Kamu bisa mengisi daya dari 0 hingga full kurang dari 2 jam. Bukan yang terbaik di kelasnya, namun sudah tergolong cepat.

Kekurangan Samsung Galaxy A14 5G

1. Tanpa Kamera Ultra Wide

Kekurangan Samsung Galaxy A14 5G adalah minus kamera ultra wide. Smartphone ini sudah membawa kamera utama, kamera depth sensor, dan makro. Sayangnya tidak ada kamera ultra wide. Padahal, jenis kamera inilah yang menjadi favorit kebanyakan pengguna di Indonesia.

Mereka suka foto bersama dengan teman dan keluarga mengandalkan kamera ultra wide tersebut. Samsung biasanya memberikan kamera ultra wide dengan sudut tangkapan (field of view) hingga 123 derajat.

Sementara itu, kompetitor di kelas harganya sudah banyak yang membenamkan jenis kamera ultra wide tersebut.

2. Video Recording Mentok 30fps

Meski dibekali dengan setup kamera yang cukup baik, sayangnya perekaman video yang tersedia maksimal 30fps. Sebenarnya, kualitas tersebut sudah cukup baik, namun melihat pesaingnya banyak yang mudah menawarkan kualitas perekaman minimal 60 fps.

Selain itu, Samsung juga belum memberikan fitur stabilisasi video. Artinya, perekaman video masih ditemukan banyak goncangan ataupun gitter-gitter.

3. Masih Mono Speaker

Harapannya, Samsung membenamkan dual stereo speaker pada produk unggulannya ini. Namun, Samsung Galaxy A14 5G ini hanya membawa satu buah speaker saja yang tentunya kualitas suaranya masih kalah dengan yang stereo.

Suara yang dihasilkan memang cukup bagus berkat dukungan fitur Dolby Atmos. Namun suaranya kurang menggelegar dan tidak seimbang terlebih ketika penggunaan secara horizontal.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.