Samsung Galaxy A23 4G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

PublicaSamsung Galaxy A23 hadir dalam dua versi dengan dukungan 5G maupun 4G. Nah, kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A23 4G secara mendalam.

Banyak yang mengklaim bahwa Galaxy A23 ini merupakan penerus dari Galaxy A13. Namun jika keduanya dibandingkan, Samsung Galaxy A23 membawa peningkatan dalam beberapa aspek, termasuk dukungan OIS pada kameranya.

Dibanderol dengan harga 3 jutaan, smartphone ini didaulat sebagai perangkat yang tepat untuk membuat konten yang awesome. Apakah smartphone ini worth untuk dibeli? Yuk kita bahas lebih lengkap kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A23.

Spesifikasi Samsung Galaxy A23 4G

Umum
BrandSamsung
Tahun RilisMaret 2022
Layar
PanelPLS LCD
Ukuran6.6 inci
Resolusi1080 x 2408 px
Refresh Rate90Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
Desain
Dimensi165.4 x 76.9 x 8.4 mm
Berat195 g
MaterialGlass front (Gorilla Glass 5), plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaBlack, White, Peach, Blue
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 680
CPUOcta-core (4x2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4x1.9 GHz Kryo 265 Silver)
GPUAdreno 610
RAM4GB/6GB/8GB
Memori Internal64GB/128GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
FiturLED flash, panorama, HDR
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi8 MP
Fitur-
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 12, upgradable to Android 13
InterfaceOne UI 5
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 25W
Jaringan
Slot Kartu SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Samsung Galaxy A23 4G

Pada awal peluncurannya, Samsung Galaxy A23 dibanderol dengan harga resmi Rp 3.5 jutaan. Namun sekarang, kamu bisa mendapatkan smartphone ini dengan harga Rp 3.299.000 untuk varian 6/128 GB.

Kelebihan Samsung Galaxy A23 4G

1. Desain Khas Samsung

Samsung Galaxy A23 membawa desain yang simpel namun elegan. Banyak orang suka dengan desain simpel khas Samsung ini. Modul kameranya menyatu dengan back cover yang terlihat seamless, yang menyatu tanpa ada potongan. Ini menjadi kelebihan Samsung Galaxy A23. 

Selain itu, smartphone ini juga mempunyai finishing glossy yang menawarkan tampilan mewah dan elegan. Ada tiga opsi warna yang bisa kamu pilih, yakni Black, Blue, and Peach. Smartphone ini berbobot 195 gram dengan ketebalan 8.4 mm. Cukup nyaman digenggam meskipun dengan satu genggaman tangan.

2. Layar 90 Hz

Kelebihan Samsung Galaxy A23 adalah pada sektor layarnya. Smartphone ini membawa layar PLS LCD 6.6 inci dan refresh rate hingga 90 Hz. Tentu saja, penyegaran layar tersebut menawarkan tampilan yang mulus, baik dari membaca berita, akses media sosial maupun browsing atau belanja online.

Menariknya, layar juga sudah mendukung resolusi Full HD+ yang membuat tampilan lebih detail dan jernih. Untuk melindungi layar dari goresan atau kotoran, ada lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5.

3. Performa Stabil

Samsung Galaxy A23 ditenagai dengan SoC Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6 nm. SoC ini terkenal dengan performanya yang stabil dan hemat daya. SoC tersebut menawarkan CPU 8 inti dengan kecepatan maksimal hingga 2.4 Ghz. Untuk urusan grafis, Samsung menyematkan GPU Adreno 610.

SoC tersebut berpadu dengan opsi RAM 6 GB dan memori internal 128 GB. Menariknya, Samsung juga masih membawakan fitur Extended RAM hingga 6 GB. Jadi, smartphone mempunyai kapasitas RAM total hingga 12 GB.

Tentu saja, kapasitas RAM tersebut sudah sangat mumpuni untuk melakukan tugas dari single core hingga multitasking. Buka aplikasi satu ke aplikasi lainnya bisa dengan lancar tanpa kendala.  Selain itu, Samsung menyematkan penyimpanan eksternal hingga 1TB melalui MicroSD.

Melalui pengujian performa AnTuTu Benchmark v9, smartphone ini mendapatkan skor 276181.  Meskipun bukan didaulat sebagai smartphone gaming, performa Samsung Galaxy A23 cukup stabil. Beberapa game mainstream seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Subway Surfers, hingga Genshin Impact.  

4. Kamera Bening + OIS

Kelebihan Samsung Galaxy A23 adalah pada sektor kameranya. Smartphone ini sudah dibekali dengan setup 4 kamera. Ada kamera utama dengan lensa 50 MP yang mengusung sensor Samsung ISOCELL JN1 dan phase-detection auto focus (PDAF). Tak tanggung-tanggung, kamera utama tersebut hadir dengan Optical Image Stabilization (OIS).

Kamera utama menawarkakn hasil foto dengan detail yang terjaga, warna yang natural, serta cukup tajam pada pencahayaan yang optimal. Dynamic range-nya juga cukup baik, tanpa adanya overexpose. Nampaknya, fitur OIS bekerja dengan optimal.

Ada juga kamera ultra wide dengan lensa 5 MP yang mengusung sensor BSI CMOS. Menariknya, kamera ini menawarkan sudut tangkapan atau field of View 123 derajat. Sudut tangkapan tersebut tergolong luas khas Samsung, yang mana brand lainnya hanya menawarkan sudut tangkapan 118 derajat.

Hasil kamera ultra wide juga terbilang baik, dengan detail yang terjaga dan saturasi warna yang mendekati natural.

Selain itu, ada dua kamera bonus yang terdiri dari kamera bokeh 2 MP dan kamera makro 2 MP. keduanya hadir untuk memberikan efek-efek menarik pada foto maupun video.

Beralih ke kamera depan, Samsung membenamkan lensa 8 MP yang cukup bagus untuk foto selfie maupun vlogging sederhana. Hasilnya tergolong memuaskan dengan warna yang natural serta tone warna yang mendekati asilnya. Detailnya pun juga masih terjaga.

5. Baterai Awet Seharian

Daya tahan baterai menjadi kelebihan Samsung Galaxy A23. Smartphone ini dibekali dengan baterai 5.000 mAh yang bisa awet seharian. Untuk penggunaan reguler, atau non-gaming, daya baterai diklaim bisa bertahan hingga 1.5 hari.

Efisiensi daya baterai ini berkat SoC Snapdragon 680 yang menawarkan performa yang stabil dan hemat daya. Dibandingkan dengan smartphone lainnya yang ditopang baterai 5000 mAh, daya tahan baterai Samsung Galaxy A23 cukup impresif.  

6. Update Software Terjamin

Kelebihan Samsung Galaxy A23 adalah update software yang terjamin. Smartphone ini berjalan menggunakan sistem operasi One UI 4.1 berbasis Android 12. Antarmuka besutan Samsung ini terbilang matang dibandingkan dengan kompetitornya. Tidak ada lagi iklan dan yang terpenting jaminan update software.

Samsung memberikan jaminan update Android 2 tahun dan sistem keamanan selama 4 tahun. Ini yang sulit didapatkan pada brand smartphone lainnya. Keunggulan update software ini jarang kita temukan pada brand seperti Infinix, Xiaomi dan lainnya.  

7. Sudah NFC

Samsung Galaxy A23 sudah membawa konektivitas terkini dan salah satunya NFC. Fitur ini merupakan fitur penting untuk menunjang aktivitas di zaman modern ini. Dengan NFC, kamu bisa cek saldo e-wallet, isi saldo e-toll hingga menggunakan sebagai kartu akses untuk memasuki bangunan atau gedung yang berbasis smart office.

Kekurangan Samsung Galaxy A23 4G

1. Tanpa IP Rating

Kekurangan Samsung Galaxy A23 adalah ketiadaan IP Rating. Ya, smartphone kompetitor di kelas harganya sudah hadir dengan anti air dan debu dengan setidaknya IP53. Artinya, kamu harus berhati-hati ketika menggunakan smartphone ini ketika di luar ruangan.

Khususnya saat kondisi cuaca yang ekstrem, kamu membutuhkan pelindung tambahan. Harapannya, Samsung memberikan IP Rating untuk perlindungan tambahan seperti yang sudah ditawarkan pada smartphone kompetitornya.

2. Speaker Masih Mono

Smartphone ini hanya dibekali satu speaker saja alias mono speaker. Ini menjadi kekurangan Samsung Galaxy A23. Ya, kehadiran satu speaker ini pastinya kurang menggelegar, dan output suaranya pun juga tidak seimbang. Kualitas suaranya juga cenderung lebih dominan treble dan mid. Suara bass masih terasa kurang.

Harapannya, Samsung sudah menyematkan dual stereo speaker yang akan mantap jika dipadukan dengan fitur Dolby Atmos.

3. Charger 15 Watt

Kekurangan Samsung Galaxy A23 adalah charger bawaan yang masih 15 watt. Ya, dalam paket penjualan, Samsung hanya membawakan charger bawaan 15 watt. Sementara, smartphone tersebut sudah mendukung fitur pengisian daya cepat 25 watt.

Dengan kata lain, jika kamu ingin mendapatkan performa pengisian daya cepat 25 watt tersebut, kamu harus membeli charger yang support dengan pengisian tersebut.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.