Samsung Galaxy A23 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Samsung kembali merilis produk unggulannya di kelas mid-range, Galaxy A23 5G. Ya, sesuai dengan namanya, smartphone ini mengusung konektivitas 5G, chipset Snapdragon, dan kamera yang menawan. 

Dibanderol mepet 4 jutaan, apakah smartphone ini worth untuk dibeli? Yuk kita simak ulasan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A23 5G.

Spesifikasi Samsung Galaxy A23 5G

Umum
BrandSamsung
Tahun RilisSeptember 2022
Layar
PanelPLS LCD
Ukuran6.6 inci
Resolusi1080 x 2408 px
Refresh Rate120Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
Desain
Dimensi165.4 x 76.9 x 8.4 mm
Berat197 g
MaterialGlass front (Gorilla Glass 5), plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaBlack, White, Peach, Blue
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 695
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 660 Silver)
GPUAdreno 619
RAM4GB/6GB/8GB
Memori Internal64GB/128GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
FiturLED flash, panorama, HDR
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi8 MP
Fitur-
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceOne UI 4.1
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 25W
Jaringan
Slot Kartu SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.1, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Samsung Galaxy A23 5G

Samsung Galaxy A23 5G dibanderol dengan harga Rp 3.999.000 atau lebih tepatnya mepet 4 juta. Namun demikian, banyak toko-toko online yang menawarkan harga dikisaran 3.8 jutaan.

Kelebihan Samsung Galaxy A23 5G

1. Desain Simpel Namun Elegan

Samsung mengusung frame yang membulat, yang membuatnya lebih nyaman. Selain itu, bagian belakang juga mempunyai finishing matte yang terlihat kalem dan tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Samsung membawa desain bodi yang khas, layaknya seri-seri sebelumnya, yakni simple namun menawarkan tampilan yang elegan. Untuk pilihan warna, Samsung Galaxy A23 5G memberikan warna orange, hitam dan biru.

Sementara itu, bobot smartphone ini 197 gram dengan ketebalan 8.4 mm. Ini tidak terlalu berat juga tidak terlalu tebal. Cukup nyaman dalam genggaman tangan.

2. Layar 120 Hz Full HD+

Spesifikasi layar juga menjadi kelebihan Samsung Galaxy A23 5G.  Smartphone ini dibekali dengan panel PLS LCD 6.6 inci Infinity V Display. Ya, itu PLS, semacam layar jenis IPS-nya khas dari Samsung.

Tak tanggung-tanggung, layar tersebut sudah menawarkan adaptive refresh rate hingga 120 Hz. Kamu bisa merasakan penyegaran yang super smooth, saat scrolling layar. Ini pastinya akan memanjakan mata.

Refresh rate tersebut juga bisa berubah secara otomatis sesuai dengan kebutuhan layar. Jadi, tidak stuck di 120 Hz. Ini akan berpengaruh cukup signifikan pada efisiensi daya baterai. Touch Sampling Rate juga cukup baik, tidak ada delay saat digunakan.

Pada pengujian tingkat kecerahan, layarnya berada di 470 nits pada penggunaan dalam ruangan. Color gamut juga sudah mendekati 100%, tepatnya 99.7% sRGB dan 97.1% DCI P3. Warnanya mantap untuk nonton atau main game.

Untuk perlindungan layar dari goresan maupun gesekan, Samsung sudah menyematkan lapisan kaca Gorilla Glass 5. Ini juga mantap.

3. Performa Stabil Snapdragon 695

Galaxy A23 5G ditenagai dengan SoC Snapdragon 695 dengan fabrikasi 6 nm. SoC tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Untuk performanya, smartphone ini mendapatkan skor 390765 melalui AnTuTu Benchmark v9. Pengujian performa selama 30 menit menggunakan CPU Thorttling Test sangat stabil di kisaran 98%.

Bahkan, tanpa pendingin tambahan, performanya masih terjaga. Ya, ini benar-benar stabil performanya.

Bagaimana performa gamingnya? Meski demikian, kami menyarankan untuk melakukan beberapa pengeaturan, seperti mengaktifkan Alternate Game Performance Management, Game Booster Plus, dan Perf Z untuk memantau frame rate. Pengaturan tersebut perlu dilakukan agar performa gaming menjadi optimal dan stabil.

PUBG Mobile dengan pengaturan Smooth Ultra mendapatkan frame rate mentok 40 fps. Mobile Legends dengan pengaturan tampilan Ultra High mendapatkan kisaran 60 fps. Genshin Impact dengan pengaturan Lowest-60 rata-ratanya 30fps. Keseluruhan, performanya cukup nyaman untuk gaming.

Suhu setelah bermain game juga masih terjaga dan tidak mempengaruhi performa secara signifikan. Smartphone ini berjalan pada sistem antarmuka One UI 4.1 berbasis Android 12.

4. Kamera 50 MP OIS

Kelebihan Samsung Galaxy A23 5G adalah pada sektor kameranya. Ada kamera utama 50 MP dengan teknologi Optical Image Stabilization (OIS) dan AutoFocus. Kamera tersebut mempunyai kualitas perekaman hingga [email protected]

Ada kamera ultra wide 5 MP yang mendukung perekaman video hingga [email protected] Menariknya, sudut tangkapan layarnya hingga 123 derajat. Cukup luas dibandingkan dengan kamera ultra wide pada umumnya yang 118 derajat.

Selain itu, ada dua kamera tambahan, yakni kamera makro 2 MP dan depth sensor 2 MP. Sementara itu, kamera depan membawa lensa 8 MP dengan dukungan perekaman video hingga [email protected]

5. Dual Microphone Jernih

Kelebihan Samsung Galaxy A23 5G tentunya pada dual microphone yang terpasang pada frame atas dan juga bawah. Kehadiran dual mic ini tentunya sangat membantu sekali jika kamu melakukan perekaman video dengan kualitas suara yang baik.

Sekalipun satu mic tertutup tidak sengaja saat pengambilan video, masih ada mic lainnya yang bisa mem-back up. Menariknya, kualitas microphone besutan Samsung ini juga bukan kaleng-kaleng. Suara yang dihasilkan jernih, jelas, dan minim noise.

Kamu tidak perlu menambahkan mic eksternal jika sedang mengambil video vlog atau lainnya. Kualitas suara yang dihasilkan cukup nyaman di telinga.  

6. Konektivitas Lengkap 5G

Konektivitas 5G merupakan kelebihan Samsung Galaxy A23 5G yang membuatnya future-proof. Smartphone ini pastinya masih bisa digunakan untuk beberapa tahun kedepan, khususnya saat jaringan 5G sudah merata di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Selain 5G, Samsung juga menyematkan konektivitas lainnya, seperti NFC, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.1 dan USB OTG.

7. Baterai 5000 mAh Awet Seharian

Kelebihan Samsung Galaxy A23 5G adalah pada sektor baterainya. Smartphone ini didukung dengan baterai 5000 mAh dan support dengan 25W Samsung Adaptive Fast Charging. Sayangnya, charger bawaan dalam paket penjualan hanya 15 W.

Jadi untuk mendapatkan kemampuan fast charging yang optimal, kamu perlu membeli charger yang sudah support 25W.  

Baterai bisa bertahan hingga 21 jam lebih untuk menonton local video playback 1080p. streaming youtube selama 30 menit baterai turun 3% dan TikTok selama 30 menit turun 4%. Genshin Impact selama 30 menit hanya turun 9% saja.  

Untuk kemampuan chargingnya, 0-50 menit membutuhkan waktu 44 menit. Sementara, charging hingga full membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam. kemampuan charging tersebut menggunakan charger bawaan 15W.

Kamu bisa mendapatkan kecepatan yang lebih baik jika menggunakan charger 25W atau atasnya.

8. Didukung Gyro Hardware

Alih-alih menggunakan virtual gyroscope, Smartphone ini sudah menawarkan gyro hardware. Ini menjadi kelebihan Samsung Galaxy A23 5G yang tidak banyak ditemukan di kelas harganya.

Kehadiran gyro hardware ini membuat pengalaman gaming menjadi lebih menarik, khususnya memainkan game aiming gyro seperti PUBG Mobile. Kamu bisa mengarahkan senapan dengan cepat  dan responsif berkat bantuan gryo tersebut.

Selain itu, adanya gyro hardware juga membuat perekaman video menjadi minim goncangan dan lebih stabil.

Kekurangan Samsung Galaxy A23 5G

1. Tanpa IP Rating

Kekurangan Samsung Galaxy A23 5G adalah tanpa IP rating. Ya, smartphone ini tidak dibekali dengan anti percikan air maupun debu. Ini membuat kamu harus berhati-hati menggunakannya saat berada di luar ruangan dalam kondisi cuaca yang ekstrem.

Ini cukup disayangkan mengingat kompetitor di kelas harganya, bahkan dibawahnya sudah membawa setidaknya IP53.

2. Speaker Masih Mono

Mono speaker juga menjadi kekurangan Samsung Galaxy A23 5G ini. Sayang sekali, smartphone kelas 3 jutaan masih memberikan speaker mono. Harapannya, Samsung menyematkan dual speaker stereo.

Speaker mono tersebut menawarkan suara yang tidak seimbang, kurang menggelegar, dan berdampak pada clarity suara. Ketika kamu nonton film atau main video game, output suaranya pun juga masih kalah dengan speaker stereo.

3. Layar Belum AMOLED

Sayangnya, Samsung tidak didukung oleh panel AMOLED, masih jenis layar PLS. Harapan kami, smartphone ini sudah mendukung layar AMOLED yang lebih cerah, berwarna, dan terang daripada jenis IPS, mengingat harganya mepet 4 jutaan.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, sebagian besar sudah menggunakan panel AMOLED. Ini juga menjadi hal yang harus kamu perhatikan sebelum memboyong smartphone ini.

4. Video Recording Mentok 1080p 30 fps

Baik kamera depan maupun belakang hanya menawarkan resolusi perekaman video maksimal [email protected] saja. Ini juga menjadi kekurangan Samsung Galaxy A23 5G mengingat harganya yang hampir 4 jutaan.

Harapannya sih, Samsung menawarkan perekaman setidaknya [email protected] fps atau mungkin [email protected] Layaknya yang ditawarkan pada kompetitornya, seperti InfinixZero 5G yang mana kedua kameranya sudah mendukung perekaman video hingga 4K.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.