Samsung Galaxy A73 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Samsung Galaxy A73 5G mempunyai potensi besar untuk menjadi flagship killer. Mengapa demikian? Ya, smartphone unggulan Samsung ini menawarkan daya tarik pada sektor setup kamera yang mantap, layar Super AMOLED, chipset gahar di kelasnya, dan IP Rating.

Dibanderol di harga 7 jutaan, smartphone ini diklaim siap bersaing dengan kompetitornya di kelas harga yang sama. Nah, jika kamu ingin mencari smartphone di harga 7 jutaan, Samsung Galaxy A73 5G ini bisa menjadi pilihan.

Namun demikian, untuk membantumu menentukan pilihan, kami akan memberikan ulasan spesifikasi, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A73 5G.

Spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G

Umum
BrandSamsung
Tahun RilisApril 2022
Layar
PanelSuper AMOLED Plus
Ukuran6.7 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate120Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
Desain
Dimensi163.7 x 76.1 x 7.6 mm
Berat181 g
Material-
Pilihan WarnaGray, Mint, White
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 778G
CPUOcta-core (1x2.4 GHz Cortex-A78 & 3x2.2 GHz Cortex-A78 & 4x1.9 GHz Cortex-A55)
GPUAdreno 642L
RAM6GB/8GB
Memori Internal128GB/256GB
Memori EksternalmicroSDXC (uses shared SIM slot)
Kamera Belakang
Resolusi108 MP + 12 MP + 5 MP + 5 MP
FiturLED flash, panorama, HDR
Video[email protected], [email protected]/60fps; gyro-EIS
Kamera Depan
Resolusi32 MP
FiturHDR
Video[email protected], [email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 12, upgradable to Android 13
InterfaceOne UI 5
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 25W
Jaringan
Slot Kartu SIMSingle SIM (Nano-SIM) or Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
SertifikasiIP67 (Tahan debu dan air hingga 1m selama 30 menit)
FingerprintFingerprint (under display, optical)
GyroYa

Harga Samsung Galaxy A73 5G

Samsung Galaxy A73 5G dibanderol dengan harga resmi Rp 7.799.000. Namun demikian, ada beberapa toko online yang menjual sedikit lebih murah dari harga resmi tersebut.

Kelebihan Samsung Galaxy A73 5G

1. Desain Simpel Khas A Series

Samsung membawa desain khas seri A dengan back cover yang flat, frame-nya mengotak, serta moduk kamera yang agak menonjol. Baik frame dan juga back cover tersebut dari bahan polikarbonat.

Samsung Galaxy A73 hadir dengan 3 pilihan warna, Awesome Mint, Awesome Gray, Awesome White. Smartphone berbobot 181 gram dengan ketebalan 7.6 mm. Itu tergolong ringan dan tipis. Dimensi tersebut juga membuat ponsel ini terlihat simpel, namun elegan.

Bagian depan, Samsung sudah menggunakan bentuk layar model punch hole yang lebih kekinian, bukan notch, layaknya tetesan air.

Menariknya, bodi smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi IP67 yang tahan air dan debu. Bahkan, smartphone ini diklaim bisa berfungsi dengan baik meski tenggelam dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit.

2. Performa Kencang

Performanya yang kencang menjadi kelebihan Samsung Galaxy A73 5G. Smartphone ini ditenagai dengan SoC Snapdragon 778G 5G dengan fabrikasi 6 nm. SoC tersebut berpadu dengan 8 GB dan memori internal 256 GB.

Samsung sudah menyematkan fitur extended RAM hingga 8 GB. Artinya, kamu bisa mendapatkan total RAM hingga 16 GB. Pengujian performa menggunakan AnTuTu v9 mendapatkan skor 524968.

Performanya gaming juga mantap. Namun sebelum main game, pastikan aktifkan Alternate Game Performance Management (AGP) dan Game Booster. Dengan mengaktifkan tersebut, performa akan lebih kencang namun suhu akan lebih panas.

Genshin Impact dengan pengaturan Highest-60 mendapatkan frame rate 30-35 fps saat battle. Artinya, frame rate-nya bisa lebih tinggi bisa lebih tinggi.

PUBG Mobile dengan Smooth-Extreme mendapatkan frame rate yang stabil 60 fps dari awal pertandingan hingga akhir. Asphalt 9 mendapatkan frame rate 60 fps dengan tampilan yang super mulus.

Secara keseluruhan, performa gaming mantap. hampir semua bisa dilibas dengan pengaturan rata kanan dan bisa tahan lama, tanpa adanya frame drop atau lagging.

Hebatnya, suhu permukaan tergolong adem setelah digunakan bermain game, hanya dikisaran 28 – 35 derajat celcius. Smartphone ini bisa memberikan performa yang kenceng namun suhunya tetap adem. Ini mantap sekali.  

3. Kamera 108 MP + OIS dan EIS

Kelebihan Samsung Galaxy A73 5G adalah pada sektor kameranya. Kamera utama menawarkan lensa 108 MP yang mendukung perekaman video hingga [email protected] atau [email protected] Hebatnya, semua pengaturan resolusi tersebut sudah mendukung fitur EIS.

Video kamera utama mempunyai warna yang natural, detail terjaga dan yang paling oke video stabilizernya bekerja dengan baik. Goncangan-goncangan berkurang cukup signifikan.

Kamera ultra wide membawa lensa 12 MP dengan sudut tangkapan 123 derajat. Kamera tersebut juga sudah mendukung perekaman hingga [email protected] dan sudah support EIS. Selain itu ada kamera makro 5 MP dan depth sensor 5 MP untuk membantu efek bokeh.

4. Kamera Selfie 32 MP

Samsung Galaxy A73 hadir dengan kamera selfie 32 MP dengan dukungan resolusi video hingga [email protected] dan masih support [email protected] Ini keren dan sulit mencari kemampuan ini di smartphone lainnya di kelas harga yang sama.

Umumnya, smartphone di kelas harganya hanya menawarkan perekeman video mentok [email protected] saja. Video selfie mempunyai dynamic range yang cukup baik. Detailnya cukup bagus dan EIS bekerja dengan baik untuk meredam goncangan.

Untuk perekaman video saat low light, kamera juga bisa diandalkan dengan detail yang masih baik dan minim noise.

5. Layar Super AMOLED Plus 120 Hz

Layar menjadi kelebihan Samsung Galaxy A73 5G. Smartphone ini dibekali layar Super AMOLED 6.7 inci Infinity O Display. Sudah Full HD+ dan hebatnya, mendukung refresh rate hingga 120 Hz.

Layar tersebut mempunyai tingkat kecerahan hingga 800 nits. Ini memungkinkan kamu masih bisa membaca dengan jelas layar meski berada di bawah terik sinar matahari. Samsung juga sudah membenamkan fitur Always on Display (AoD) dan Fingerprint under Display. Fitur AoD pun juga bisa diatur untuk selalu menyala.

Samsung juga memberikan opsi pilihan warna layar, yakni vivid atau natural. Namun, defaultnya di vivid dengan color gamut 99.3% sRGB dan 97% DCI P3. Warna yang dihasilkan cukup gonjreng.  

Untuk perlindungan dari goresan atau gesekan, Samsung memberikan lapisan kaca Corning Gorilla Glass 5.  

6. Dual Microphone Jernih

Kelebihan Samsung galaxy A73 5G adalah kehadiran dual microphone khas Samsung yang jernih. Mic tersebut ditanamkan pada frame bagian atas dan bawah. Kehadiran mic tersebut akan banyak membantu saat perekaman video.

Suara yang didapatkan jelas, jernih dan pastinya minim noise. Ini cocok sekali bagi kamu yang membutuhkan smartphone untuk vlogging tanpa perangkat mic tambahan. Microphone bawaannya sudah cukup nyaman di telinga.

Kualitas mic yang jernih juga memungkinkan smartphone ini untuk digunakan sebagai alat voice over. Dengan sedikit sentuhan bisa menghasilkan suara yang mantap.  

7. Dual Speaker Stereo

Dual Speaker Stereo juga menjadi kelebihan Samsung Galaxy A73 5G. Letak speaker tersebut terdapat di frame atas dan juga bawah. Hadirnya dual speaker stereo ini akan menawarkan output suara yang menggelegar, detail, dan jernih.

Tak tanggung-tanggung, Samsung membenamkan dukungan Dolby Atmos untuk dual stereo speakernya. Bahkan, dibandingkan dengan seri A lainnya, ini yang paling keren.

Cocok sekali untuk nonton film, mendengarkan musik, hingga main game. Sekalipun, kamu memposisikan smartphone secara horizontal, out suara bisa keluar dengan seimbang, rata kanan maupun kiri.

Output suaranya juga menawarkan kualitas yang bukan kaleng-kaleng, khas Samsung yang jernih, lantang, namun masih enak didengarkan.

8. Baterai 5000 mAh

Samsung Galaxy A73 5G ditopang dengan baterai 5.000 mAh yang diklaim awet seharian. Baterai tersebut didukung dengan teknologi fast charging 25W.

Untuk menonton local video 1080p, daya baterai bisa bertahan hingga 22.5 jam. Streaming Youtube 1080p selama 30 menit baterai berkurang 4% dan TikTok selama 30 menit berkurang 5%. Genshin Impact dengan pengaturan Lowest-60 fps turun 11%.

Daya tahan baterai tergolong awet dan bisa diandalkan untuk menunjang berbagai keperluan.

9. Konektivitas Lengkap

Smartphone besutan Samsung ini membawa konektivitas yang lengkap dan modern. Salah satunya sudah mendukung jaringan 5G. Smartphone ini juga hadir dengan Wi-Fi 6, Bluetooth 5, NFC, dan WiFi Sharing.

Konektivitas 5G tersebut juga sudah didukung semua operator di Indonesia. Ini juga menjadi jaminan bahwa smartphone ini sudah futute-proof.  

10. Update Software Terjamin

Kelebihan Samsung Galaxy A73 5G ini pastinya pada jaminan update software. Ini menjadi keunggulan yang mungkin tidak ditemukan pada brand lainnya.

Samsung berjalan menggunakan sistem antarmuka One UI 4.1 berbasis Android 12. Hebatnya, Brand ini berani memberikan jaminan Android Update selama 4 tahun dan update keamanan selama 1 tahun. Ini keren.

Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G

1. Paket Penjualan Kurang Lengkap

Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G adalah pada isi box-nya. Samsung hanya memberikan unit, kabel, dokumen, paket bundling kartu perdana, dan SIM ejector. Ya, tidak ada charger, screen protector, maupun softcase.

Ciri khas smartphone Samsung kelas atas memang seperti ini. Sepertinya, pengurangan isi tersebut disebabkan oleh kompensasi harga chipset yang sempat naik tahun lalu. Namun, ini pastinya merugikan pengguna, karena mereka harus keluar uang lagi untuk membeli charger, softcase maupun screen protector.

2. Tanpa Port Audio Jack 3.5 mm

Sayangnya, kita tidak menemukan colokan audio jack 3.5 mm. Ya, ini menjadi kekurangan Samsung Galaxy A73 5G. Banyak pengguna yang masih menggunakan colokan tersebut untuk menghubungkan ke speaker eksternal maupun headset.

Iya memang sudah ada teknologi Bluetooth. Namun banyak yang memilih menggunakan jack audio tersebut karena suaranya lebih mantap tanpa delay.

Untuk mengatasinya, kamu harus membeli connector ke USB Type C atau membeli headset yang sudah support dengan USB Type C. Lagi-lagi, ini membuat pengguna harus keluar biaya lagi.

3. Refresh Rate Belum Adaptive

Meski sudah didukung refresh rate hingga 120 Hz, sayangnya smartphone ini tidak membawakan fitur adaptive refresh rate. Jadi, refresh rate sepertinya akan kekunci di 120 Hz di berbagai aplikasi.

Dari segi tampilan, ini akan memanjakan mata saat digunakan baik produktivas harian, hiburan maupun gaming. Namun ini berdampak pada konsumsi daya baterai yang lebih tinggi juga.

4. Charging Tergolong Lamban

Kekurangan Samsung Galaxy A73 5G adalah pada performa chargingnya yang tergolong lambat. Sekelas smartphone 7 jutaan masih membawa teknologi pengisian daya 25 W. Sementara itu, pesaingnya sudah kompetitornya sudah menawarkan teknologi pengisian daya yang lebih cepat.

Dalam pengujian, pengisian daya dari 0-50% membutuhkan waktu 32 menit. Sementara, 0-100% membutuhkan waktu 1 jam 20 menit. Ini tergolong lamban untuk sekelas ponsel yang dibanderol dengan harga 7 jutaan.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.