Samsung Galaxy S22 Ultra 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Samsung Galaxy S22 Ultra 5G hadir sebagai suksesor dari Galaxy Note. Smartphone ini diklaim menjadi salah satu HP terbaik di tahun 2022. Yang menarik, tentunya dibekali dengan stylus yang semakin membuatnya menjadi terlihat apik dan multi fungsi.

Galaxy S22 Ultra ini hadir bebarengan dengan Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S22+. Pastinya, Galaxy S22 Ultra menjadi varian yang tertinggi pada S22 series. Dibandingkan saudaranya tersebut, smartphone ini membawa fitur dan spesifikasi yang berbeda total.

Smartphone flagship besutan Samsung ini sering dijadikan sebagai acuan bagi smartphone lainnya, khususnya di kelas menengah dalam hal fitur dan spesifikasinya di masa mendatang, mungkin satu atau dua tahun kemudian.

Nah, kira-kira kamu setuju atau tidak jika Samsung Galaxy S22 Ultra 5G ini menjadi kandidat the best smartphone in 2022? Sebelum menjawabnya, Yuk kita baca dulu ulasan lengkap, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G.

Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

Umum
BrandSamsung
Tahun RilisFebruari 2022
Layar
PanelDynamic AMOLED 2X
Ukuran6.8 inci
Resolusi1440 x 3088 px
Refresh Rate120Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass Victus+
Desain
Dimensi163.3 x 77.9 x 8.9 mm
Berat228 g
MaterialGlass front (Gorilla Glass Victus+), glass back (Gorilla Glass Victus+), aluminum frame
Pilihan WarnaPhantom Black, White, Burgundy, Green, Graphite, Red, Sky Blue, Bora Purple
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 1
CPUOcta-core (1x3.00 GHz Cortex-X2 & 3x2.50 GHz Cortex-A710 & 4x1.80 GHz Cortex-A510)
GPUAdreno 730
RAM8GB/12GB
Memori Internal128GB/256GB/512GB/1TB
Memori Eksternal-
Kamera Belakang
Resolusi108 MP + 10 MP + 10 MP + 12 MP
FiturLED flash, auto-HDR, panorama
Video[email protected], [email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps, [email protected], HDR10+, stereo sound rec., gyro-EIS
Kamera Depan
Resolusi40 MP
FiturDual video call, Auto-HDR
Video[email protected]/60fps, [email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 12, upgradable to Android 13
InterfaceOne UI 5
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 45W + Fast wireless charging 15W + Reverse wireless charging 4.5W
Jaringan
Slot Kartu SIMNano-SIM and eSIM or Dual SIM (2 Nano-SIMs and eSIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.2, A2DP, LE
USBUSB Type-C 3.2, OTG
Lainnya
SertifikasiIP68 (Tahan debu dan air hingga 1,5m selama 30 menit)
FingerprintFingerprint (under display, ultrasonic)
GyroYa

Harga Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G menawarkan dua varian, yakni 8/128 GB yang dibanderol dengan harga resmi Rp 17.999.000 dan 12/256 GB dengan harga Rp. 20.999.000.

Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

1. Layar Dynamic AMOLED 2X QHD+

Galaxy S22 Ultra dibekali dengan panel Dynamic AMOLED 2X yang mendukung resolusi QHD+. Tentu saja, layar tersebut menawarkan warna yang tajam serta gambar yang detail. Cocok sekali untuk mendukung berbagai aktivitas mulai dari pekerjaan hingga hiburan.

Hebatnya, tingkat kecerahannya mencapai 1750 nits. Layar masih sangat terbaca dengan jelas sekalipun berada di bawah terik sinar matahari. Samsung juga membenamkan teknologi Vision Booster yang membuat layar tetap dalam kecerahan yang tinggi dengan tampilan yang detail.

Bagaimana dengan refresh rate-nya? Smartphone ini sudah dibekali dengan Super Smooth Adaptive refresh rate hingga 120 Hz. Kamu bisa mendapatkan scrolling layar dengan lembut, mulai dari browsing, buka story instragram maupun short video di Youtube.

Untuk perlindungan dari goresan, Samsung menyematkan anti pelindung pada layar dan back cover-nya dari Corning Gorilla Glass Victus+. Lapisan kaca tersebut diklaim lebih tangguh 10% daripada versi sebelumnya.

2. Performa Gahar Berkat Snapdragon 8 Gen 1

Selain layar, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga ditenagai dengan System on Chip terbaik, Snapdragon 8 Gen 1 dengan fabrikasi 4 nm. SoC nampaknya mendengarkan masukan dari pengguna yang menginginkan produk flagshipnya menggunakan chip tersebut.

Meski banyak yang meragukan performanya, SoC ini nyatanya menawarkan kinerja yang bagus untuk mendukung aktivitas mulai dari single maupun multi tasking. SoC tersebut juga mengakomodasi pemrosesan AI serta ML besutan Samsung.

SoC tersebut berpadu dengan opsi RAM 8/12 GB dan memori penyimpanan 128/256 GB.

Untuk varian 6/128 GB, pengujian performa melalui AnTuTu Benchmark v9 mempunyai skor kisaran 900an. Bahkan, kamu bisa mendapatkan skor hingga 990ribuan dengan menggunakan kipas tambahan.  

Sementara itu, smartphone untuk varian 12/256 GB mendapatkan skor AnTuTu mencapai 1jutaan.

Bagaimana dengan performa gamingnya? Smartphone ini menawarkan performa yang apik untuk game. Genshin Impact sangat playable dengan kisaran frame rate 40-50 fps. Suhu bodi maupun layar setelah digunakan bermain game pun juga tidak terlalu panas, berada di kisaran 40 derajat celcius.

3. Kamera Utama Menakjubkan

Selain Galaxy S22 Ultra menawarkan kemampuan merekam maupun membidik baik di siang maupun malam dengan canggih. Smartphone ini membawa kamera utama 108 MP dengan bukaan F1.8 dengan sudut tangkapan 85 derajat.

Kameranya juga sudah didukung oleh aplikasi Expert Raw yang memungkinkan pengguna untuk melakukan editing foto maupun video dengan peralatan yang lengkap. Hebatnya, pengguna bisa melakukannya dalam aplikasi kamera.

Kamera tersebut juga mempunyai kemampuan untuk menyimpan file foto dengan format RAW hingga 16 bit. Ini yang akan sulit ditemukan pada kompetitor lainnya. Jadi, pengguna akan lebih mudah dalam editing maupun kontrol terhadap foto sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana kualitas fotonya? Tentu saja menakjubkan. Dalam kondisi pencahayaan yang ideal, hasil jepretannya sangat baik. Warnanya natural, saturasi warna enak dipandang, serta detailnya terjaga.

Samsung juga membenamkan fitur Scene Optimiser untuk menghasilkan warna bidikan kamera yang lebih matang. Fitur tersebut cocok untuk membidik langit yang mendung atau kurang biru untuk menghasilkan gambar yang maksimal.

Selain itu, kamera Galaxy S22 Ultra ini juga membawa fitur-fitur keren seperti Super HDR dan Optical Image Stabilization (OIS).

Bagaimana dengan tangkapan gambar saat di malam hari? kualitas fotonya juga masih baik, detail terjaga, dan minim noise. Fitur Night Mode sangat membantu untuk mendapatkan kualitas gambar yang jernih dan detail.

Kamera utama tersebut juga menawarkan kualitas videografi yang keren. Samsung membenamkan fitur Cinematic Video, Video Digital Image Stabilization (VDIS), dan OIS untuk menciptakan video yang keren.

Menariknya, kamera ini mendukung resolusi video hingga 8K. Ini luar biasa mengingat belum banyak smartphone flagship yang menawarkan kualitas setinggi itu.

4. Kamera Depan dan Pendamping Tidak Kalah Keren

Sementara itu, kamera depan mengusung lensa 40 MP. kamera selfie tersebut mampu menghasilkan foto yang detail dan cukup tajam.

Menariknya, kamera bisa mendeteksi secara langsung jika ada beberapa orang yang berada di dalam frame. Ini cocok sekali bagi pengguna yang mempunyai tangan pendek saat ber-swa foto ria.

Kamera utamanya didampingi lensa ultra wide 12 MP, lensa telefoto 3X optical zoom 10 MP, dan 10 lensa persikop.

Kamera ultra wide mempunyai bukaan F2.2 dengan sudut tangkapan 120 derajat. Kamera ini cocok untuk mengambil foto bersama keluarga atau teman-teman. Hasil jepretan kamera ultra wide nyaris mirip dengan kamera utamanya. Dynamic range-nya terjaga, detailnya juga baik serta saturasi warna tidak berlebihan.

Selain itu, ada juga kamera telefoto dengan 3X optical Zoom. Kamera tersebut hadir dengan bukaan F2.4 dengan sudut tangkapan 36 derajat. Kamera ini cocok sekali untuk membidik detail sebuah objek dengan mode zoom 3x.

Pengguna akan mendapatkan tangkapan objek yang detail dan cantik. Meski tidak ada kamera makro, kamera tersebut bekerja cukup baik untuk menangkap detail objek. Ada opsi Focus Enhancer yang menawarkan gambar dengan efek bokeh yang halus dalam jarak yang dekat.

5. Dibekali S Pen

Meski bukan dari keluarga Note series, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga dibekali dengan S Pen yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Samsung tidak hanya menawarkan S Pen namun juga menyediakan slot khusus S Pen yang terletak pada bodinya.

Ini membuat smartphone ini mirip dengan Galaxy Note umumnya. Selain itu, performa S Pen juga meningkat, khususnya dalam latensi.

Dibandingkan Galaxy S21 Ultra dan Galaxy Note20 series,  latensinya berkurang 70% menjadi 2.8 milidetik saja. Ini berdampak pada layar yang lebih responsif ketika mendapatkan sentuhan dari S Pen.

6. Baterai Tergolong Awet

Meski berstatus sebagai smartphone flagship, Galaxy S22 Ultra ini ditopang dengan baterai 5.000 mAh. Kapasitas baterai tersebut tergolong besar mengingat kompetitornya hanya menawarkan kapasitas dibawahnya.

Daya baterai tersebut cukup tahan lama untuk penggunaan harian, termasuk bisa digunakan browsing dengan jaringan 5G.

7. Mengusung Fitur UWB

Kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G adalah fitur Ultrawide Band (UWB). Dengan fitur tersebut, pengguna bisa melakukan pertukaran data jarak pendek dengan teknologi tinggi.

Fitur tersebut juga menggunakan aksesoris Galaxy Tag+ yang akan mempermudah pengguna menemukan benda yang hilang.

8. Desain Kokoh

Selain menawarkan desain yang stylish dan elegan layaknya smartphone flagship pada umumnya, kelebihan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G adalah pada bodinya yang kokoh. Frame terbuat dari armour alumunium yang kuat.

Frame tersebut dirancang khusus untuk menjaga HP dari tergores maupun terjatuh. Selain itu, smartphone ini juga sudah dibekali anti air maupun debu dengan sertifikasi IP68. Meskipun terjatuh pada kedalaman air hingga 1.5 meter selama 30 menit, smartphone ini masih bisa bertahan.

Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

1. Paket Penjualan Kurang Lengkap

Jika kamu membuka box Samsung Galaxy S22 Ultra 5G ini, kamu tidak akan mendapatkan charger, soft case dan juga screen protector. Entah mengapa kebanyakan produk flaghsip tidak membawakan perlengkapan tersebut.

Dengan kata lain, kamu harus membeli charger, maupun screen protector secara terpisah. Artinya, kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk membelinya.

Harapannya, Samsung tetap memberikan unit dengan perlengkapannya, layaknya pada smartphone entry level hingga mid-range mereka. 

2. Fast Charging Belum Optimal

Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G adalah pada kemampuan charging-nya. Meski sudah dibekali teknologi fast charging 45 watt, performanya masih kurang maksimal.

Jika dibandingkan dengan kompetitornya, teknologi tersebut masih kalah saing, yang mana sudah menawarkan fitur pengisian daya cepat hingga 120 watt.

Pengisian daya dari 25%-full membutuhkan waktu 50 menit. Kecepatan charging-nya tergolong kurang optimal.

Selain itu, teknologi wireless charging-nya juga maksimal, yakni 15 watt.  

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.