Tecno Pova 4 Pro: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

PublicaTecno Indonesia menggebrak pasar smartphone Indonesia dengan merilis Tecno Pova 4 Pro yang mengusung slogan Real Gaming for Youth. Smartphone ini dirilis bebarengan dengan saudaranya, Tecno Pova 4 yang juga menawarkan smartphone spesifikasi gaming untuk kawula muda.

Smartphone menyasar pengguna muda yang hobi gaming dengan menjadikan performa yang kencang, serta layar yang menawan sebagai daya tarik utamanya. Kehadiran smartphone besutan Tecno ini disambut antusias oleh pencinta gadget.

Tecno Pova 4 Pro ini diklaim sebagai smartphone gaming yang performa yang kencang namun harganya ramah di kantong.

Untuk lebih jelasnya, Yuk simak review Tecno Pova 4 Pro mulai dari spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan.

Spesifikasi Tecno Pova 4 Pro

Umum
BrandTecno
Tahun RilisOktober 2022
Layar
PanelAMOLED
Ukuran6.66 inci
Resolusi1080 x 2460 px
Refresh Rate90Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi164.8 x 77 x 9.2 mm
Berat-
MaterialGlass front, plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaFluorite Blue
Hardware
ChipsetMediaTek Helio G99
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52 MC2
RAM8GB
Memori Internal256GB
Memori Eksternal-
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + other unspecified camera
FiturDual LED flash
Video[email protected], [email protected]
Kamera Depan
Resolusi8 MP
FiturLED flash
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceHIOS
Baterai
Kapasitas6000 mAh
ChargingFast charging 45W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIYa
NFCYa
BluetoothYa
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Smartphone gaming ini hadir dengan desain yang unik, mengusung motif bebatuan meteorite. Finishing matte pada back cover -nya juga memberikan kesan premium dan tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari. Sementara itu, modul kamera menggunakan finishing yang lebih glossy.

Pada sektor layar, smartphone ini mengusung layar AMOLED 6.66 inci dengan resolusi FHD+. Layar tersebut juga sudah terproteksi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3. Kualitas layar tersebut cukup  memanjakan mata baik untuk penggunaan sehari-hari maupun bermain game.

Bagaimana dengan dapur pacunya? Didaulat sebagai smartphone gaming, Tecno Pova 4 Pro ditenagai dengan chipset MediaTek Helio G99 yang terkenal kencang dan gahar untuk memainkan berbagai game-game mainstream, seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire hingga Genshin Impact.

Prosesor tersebut dipadankan dengan opsi RAM 8 GB dan memori internal 256GB. Kombinasi dapur pacu yang cukup impresif untuk kelas harganya.

Di lini kamera, smartphone ini mengusung dual camera yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan kamera tambahan. Sementara, kamera selfie mempunyai lensa 8 MP.  

Tecno Pova 4 Pro ditopang dengan baterai super jumbo berkapasitas 6.000 mAh dan mendukung fitur fast charging hingga 45W. Smartphone besutan Tecno ini berjalan di sistem operasi HIOS berbasis Android 12.

Smartphone ini hadir dengan tiga opsi warna yakni Rutile Orange, Fluorite Blue, and Uranolith Grey.

Harga Tecno Pova 4 Pro

Tecno Pova 4 Pro hanya menawarkan satu varian saja 8/256 GB dan dirilis dengan harga resmi Rp. 2.999.000. Namun, beberapa toko online menawarkan harga yang lebih murah. Nah, sekarang tinggal pintar-pintarnya kamu saja mencari seller yang menawarkan harga yang miring.

Kelebihan Tecno Pova 4 Pro

1. Dibekali Chipset yang kencang

Tecno Pova 4 Pro dipersenjatai dengan chipset MediaTek Helio G99 dengan fabrikasi 6nm. Prosesor tersebut dipadukan dengan kartu grafis Mali-C52 MC2 yang menawarkan performa yang ciamik untuk bermain game.

Didukung dengan kapasitas RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB, kombinasi dapur pacu tersebut menawarkan performa yang impresif dan gahar di kelas harganya. Pada pengujian performa di AnTuTu 9, smartphone ini mendapatkan skor 372390. Skor yang cukup tinggi untuk sekelas harga 2 jutaan.

Bagaimana performa untuk memainkan game? PUBG Mobile dengan pengaturan smooth ultra, kamu masih bisa mendapatkan frame rate di angka 40 fps dengan lancar.  Untuk memainkan Mobile Legends, kamu bisa mendapatkan frame rate 60 fps lancar dengan setting grafis high dan refresh rate maksimum.

Bagaimana performa chipset untuk memainkan Genshin Impact? Kamu bisa mendapatkan frame rate rata-rata 40 fps lancar pada pengaturan lowest. Dengan kata lain, smartphone ini memang didesain khusu bagi pecinta gaming untuk mendapatkan pengalaman terbaik melalui smartphone yang ramah di kantong.

2. Mengusung layar AMOLED jernih

Tecno Pova 4 Pro membawa layar AMOLED 6.66 inci dengan resolusi FHD+. Layar tersebut juga sudah mendukung refresh rate maksimum 90 Hz dan terlindungi oleh pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Tingkat kecerahannya mencapai 500 nit di dalam ruangan. Layar ini juga masih terlihat dengan baik saat berada di luar ruangan atau di bawah terik sinar matahari.

Baik color gamut maupun cakupan warnanya juga tergolong baik. Hal tersebut menjadikan warna layar menjadi lebih jernih dan cerah. Namun warnanya yang gonjreng ini perlu diperhatikan saat digunakan untuk mengedit foto maupun video.

3. Baterai super jumbo

Smartphone ini ditopang dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh yang menawarkan daya baterai yang awet untuk gaming. Pova 4 Pro juga sudah support dengan fast charging hingga 45W. Selain berkapasitas jumbo, baterainya sudah sudah lolos uji durabilitas STS Battery safety technology.

Untuk melihat local video playback 1080p, daya baterainya bertahan 20 jam lebih. Hasil ketahanan baterainya cukup bagus. Untuk bermain Genshin Impact selama 30 menit dengan pengaturan lowest 60fps, daya baterai hanya berkurang 9% saja. baterainya ternyata cukup awet untuk bermain game.

Untuk bermain TikTok selama 30 menit baterai hanya berkurang 4% dan Youtube 30 menit hanya 3%.

Untuk pengisian daya, smartphone ini hanya membutuhkan waktu 24 menit untuk pengisian dari 0%-50% dan 1 jam 11 menit hingga pengisian full 100%.

4.mendukung perekaman video [email protected]

Pova 4 Pro mengusung kamera utama 50 MP yang mendukung perekaman video hingga [email protected] Jarang sekali, smartphone di kelas harganya yang menawarkan perekaman dengan kualitas itu. Biasanya hanya menawarkan perekaman video maksimal [email protected]

Selain itu, hasil jepretan kameranya juga tergolong bagus. Foto-fotonya terlihat cukup detail, dan jernih. Selain itu, baik kamera depan maupun belakang dibekali dengan dual LED flash untuk hasil foto yang lebih baik.

5. Hadir dengan gyroscope hardware

Tecno Pova 4 Pro membawa fitur gyro hardware untuk menambah pengalaman bermain game, khususnya game-game dengan aiming gyro seperti PUBG Mobile. Ini termasuk fitur yang langka dibawa pada smartphone 2 jutaan.

Kebanyak smartphone di kisaran harga tersebut hanya menawarkan gyro virtual yang performanya tidak sebaik gryo hardware.

6. Paket Penjualan tergolong lengkap

Tecno memberikan paket lengkap pada smarthphone besutannya. Pembeli akan mendapatkan unit smartphone dengan pelindung layar yang sudah terpasang. Ada adapter charging 45W yang juga disertakan dalam paket tersebut.

Pembeli juga akan mendapatkan soft case, SIM tray ejector, paket dokumen dan yang jarang ditemukan adalah headset original dari Tecno. Paket penjualan tersebut tergolong sangat lengkap, khususnya dengan adanya charger 45W dan headset.

Kekurangan Tecno Pova 4 Pro

1. Tidak ada kamera ultra wide

Sayang sekali, Tecno tidak menyematkan kamera ultra wide pada Pova 4 Pro ini. Padahal, kamera tersebut bisa menjadi selling point tersendiri yang semakin membuatnya laris manis di pasaran.

Banyak pengguna yang masih menitikberatkan pada kamera ini karena menawarkan tangkapan layar yang lebih luas saat pengambilan foto.

3. Belum mendukung jaringan 5G

Smartphone ini belum menawarkan konektivitas 5G. Hal tersebut juga menjadi hal yang harus kamu perhatikan. Jika kamu mencari smartphone yang future-proof untuk beberapa tahun ke depan, kamu harus mempertimbangkan terkait dengan dukungan jaringannya.

4. Pembaruan software belum jelas

Pihak Tecno juga tidak memberikan informasi resmi terkait dengan jaminan update software maupun sistem keamanan mereka. Hal ini juga menjadi perlu menjadikan pertimbangan terkait dengan dukungan di mendatang.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.