Tecno Pova 4: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Di akhir tahun 2022, persaingan smartphone, khususnya di kelas entry-level semakin memanas, terlebih dengan kehadiran Tecno Pova 4. Ponsel gaming besutan Tecno  menawarkan spesifikasi yang unik dengan pengalaman yang asyik.

Tecno Pova 4 diluncurkan bersamaan dengan Pova 4 Pro, yang sama-sama menargetkan pengguna muda yang membutuhkan gadget dengan performa gahar dengan harga yang ramah di kantong.

Smartphone ini mendapatkan pengakuan dari sebagian reviewers sebagai ponsel gaming murah dengan spesifikasi yang menarik.

Nah, apakah benar ponsel ini menjadi the most-recommended gaming smartphone di kelas entry level? Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan lengkap mengenai spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Tecno Pova 4 sebagai berikut.

Spesifikasi Tecno Pova 4

Umum
BrandTecno
Tahun RilisOktober 2022
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.82 inci
Resolusi720 x 1600 px
Refresh Rate90Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi170.6 x 77.5 x 8.7 mm
Berat-
MaterialGlass front, plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaCryolite Blue, Uranolith Grey
Hardware
ChipsetMediaTek Helio G99
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G52 MC2
RAM8GB
Memori Internal128GB
Memori EksternalUnspecified
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + other unspecified camera
FiturDual LED flash
Video[email protected], [email protected]
Kamera Depan
Resolusi8 MP
FiturLED flash
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceHIOS
Baterai
Kapasitas6000 mAh
ChargingFast charging 18W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIYa
NFCYa
BluetoothYa
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Harga Tecno Pova 4

Tecno Pova 4 hanya menawarkan satu varian 8/128 GB dengan harga resmi Rp. 2.299.000. Kamu bisa mendapatkan ponsel ini baik di toko online maupun offline.

Kelebihan Tecno Pova 4

1. Chipset Helio G99 Ngebut

Tecno Pova 4 ditenagai dengan chipset MediaTek Helio G99 yang diklaim sebagai chip 4G paling gahar di tahun 2022. SoC tersebut menggunakan fabrikasi 6 nm.

SoC tersebut berpadu dengan RAM 8 GB LPDDRX4 dan penyimpanan internal 128 UFS 2.2. RAM tersebut mendukung fitur Memory Fushion hingga 5 GB yang bisa diekspansi hingga 13 GB.

Pada pengujian performa melalui AnTuTu Benchmark v9, ponsel ini mendapatkan skor 367289.

Bagaimana performa gamingnya? Tecno menyebut produk ini dengan the most valuable gaming phone. Itu menegaskan bahwa ponsel ini memang cocok untuk main game.

Untuk bermain PUBG Mobile, frame rate tertahan stabil di 40 fps dengan pengaturan balanced-ultra. Menariknya, Gyro-nya bekerja dengan cepat dan akurat saat memainkan game ini. Ini merupakan fitur yang langka di kelas harganya.

Mobile Legends mendapatkan frame rate stabil 60 fps dengan pengaturan High-HD-Shadow On. Meski bermain dalam waktu yang cukup lama, tidak ada gejala penurunan performa.

Ponsel ini bisa mendapatkan frame rate stabil di 90 Hz saat digunakan memainkan game Real Racing 3. Ini mengesankan dan membuat game menjadi mulus terlebih dengan dukungan gyro hardware-nya.

2. Bodi Stylish dan Futuristik

Pada dasarnya, Pova 4 dan Pova 4 Pro mengusung desain bodi yang hampir sama. Ada pola garis pada bagian belakangnya. Bagian back cover, ponsel membenamkan finishing matte yang terlihat elegan dan tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Sementara, pada modul kamera, menggunakan finishing glossy. Perpaduan finishing tersebut membuat karakternya menjadi lebih unik dan hidup.

Pada bagian depan, Tecno mengusung layar flat dengan bentuk punch hole sebagai rumah kamera. Ponsel ini hadir dengan 3 opsi warna yakni Larva Orange, Uranolith Gray, anda Cyolite Blue. Tecno Pova 4 mempunyai bobot 215 gram dengan ketebalan 8.7 mm.

3. Layar Gede 6.82 inci 90 Hz

Tecno Pova 4 menghadirkan layar IPS LCD 6.82 inci yang mantap untuk bermain game maupun nonton film. Layar tersebut sudah mendukung refresh rate maksimum 90 Hz untuk mendapatkan pengalaman scrolling yang mulus.

Layar tersebut sudah menyematkan fitur auto-switch yang memungkinkan refresh rate berubah otomatis menyesuaikan kebutuhan, baik 60 Hz atau 90 Hz. Fitur ini juga akan menghemat daya baterai.

Untuk tingkat kecerahan, layarnya mempunyai kecerahan hingga 465 nit dalam ruangan yang lumayan terang di kelas harganya. Sementara itu, rata-rata color gamut mencapai 94.0% sRGB dan 70.1% DCI-P3.

Warna layar yang dihadirkan tidak berlebihan. Jadi, cukup cocok untuk digunakan sebagai edit foto dengan warna yang lebih natural, atau mirip dengan aslinya.  

Tecno Pova 4 dibekali dengan baterai 6.000 mAh dilengkapi dengan pengisian 18 watt dan teknologi Safety Battery Technology (STS). Daya baterai lumayan awet.

4. Baterai 6000 mAh

Dalam pengujian pemutaran local video playback, daya baterai bertahan hingga 22 jam 30 menit. Untuk streaming video Youtube dan bermain TikTok selama 30 menit, baterai hanya berkurang 3%. Ini tergolong irit.

Untuk bermain game Genshin Impact selama 30 menit dengan pengaturan lowest-60fps, daya hanya berkurang 6%.

5. Dual Stereo Speaker

Tecno Pova 4 membenamkan dual stereo speaker untuk mendukung output suara yang menggelegar dan nyaring. Speaker tersebut berada di posisi atas dan bawah layar. Ketika di posisi horisontal, output speaker menjadi lebih seimbang.

Ini cocok sekali saat kamu bermain game atau nonton film dan suaranya masih terdengar seimbang, jelas, dan lantang. Kualitas speaker tersebut tergolong sudah oke banget di kelas harganya.

6. Kamera selfie bisa [email protected]

Kamera depan hadir dengan lensa 8 MP dengan lampu LED yang terletak di bezel kiri atas layar. LED tersebut mempunyai fungsi sebagai lampu flash. Menariknya, kamera tersebut sudah mendukung perekaman video hingga [email protected]

Sementara pada sisi belakang, Tecno Pova 4 mengusung konfigurasi 2 kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan didampingi kamera bonus. Kamera tersebut juga hadir dengan dual LED flash.

Kamera utama tersebut menawarkan perekaman video dengan opsi [email protected] dan [email protected] Kamera tersebut juga menawarkan fitur slow-motion dengan resolusi hingga [email protected]

Untuk menghasilkan foto yang beragam, kamu bisa menggunakan fitur kamera termasuk Portrait, Short Video, Super Night, Time Lapse, Pro Photo dan 5- MP Photo.

7. Mendukung sensor Gyro Hardware

Smartphone ini membawa sensor yang cukup lengkap seperti Proximity, Light Sensor, Accelerometer, Magnetic, Sensor, dan yang menarik Gyro Hardware. Meski harganya dua jutaan kecil, Tecno masih menyematkan sensor keren ini.

Sensor ini menawarkan pengalaman terbaik untuk bermain game, khususnya game yang aiming gryo, seperti PUBG Mobile. Kamu bisa membidik musuh dengan cepat dan responsif.

8. Fitur NFC

Tecno Pova 4 juga membawa fitur NFC untuk menunjang aktivitas di zaman modern ini, termasuk cek saldo e-wallet, pembayaran e-toll, hingga menjadi kartu akses untuk memasuki gedung berbasis smart office.

9. Paket Penjualan Lengkap

Salah satu kelebihan Tecno Pova 4 adalah paket penjualan yang masih lengkap. Alih-alih mengeliminasi charger, Tecno membawakan unit smartphone, charger 18 watt, kabel USB Type-C, Softcase, SIM tray ejector, dan juga screen protector yang sudah terpasang di layarnya serta paket dokumen.

Yang menarik, Tecno masih memberikan headset original yang bisa kamu gunakan untuk nonton video, main game hingga mendengarkan musik. Kualitas headset-nya pun juga cukup lumayan nyaman digunakan dan suaranya cukup seimbang.

Paket penjualannya benar-benar masih lengkap yang sulit ditandingi oleh brand kompetitor lainnya.

Kekurangan Tecno Pova 4

1. Layar masih HD+

Tecno Pova 4 masih menggunakan layar beresolusi HD+. Kualitas layar tersebut memang sudah cukup baik .Namun, harapannya, Tecno membenamkan layar yang sudah beresolusi Full HD+. Layar tersebut menawarkan kualitas gambar yang lebih detail, tajam, dan terang.

Dengan layar Full HD+, kamu juga akan lebih betah berlama-lama nonton film, main game maupun penggunaan reguler harian.  

2. Update Software belum jelas

Tecno Pova 4 berjalan menggunakan sistem operasi HiOS 12 berbasis Android 12. Ada aplikasi bawaan namun jumlahnya tidak banyak. Sayangnya, Tecno tidak memberikan informasi yang jelas terkait dengan update sistem operasi maupun sistem keamanan.

Ini menjadi hal yang harus diperhatikan mengingat brand lainnya menawarkan jaminan update hingga 2 sampai 3 tahun.

3. Screen Protector kurang bagus

Tecno Pova 4 menyematkan screen protector bawaan. Sayangnya, screen tersebut meninggalkan bekas sidik jari saat bermain game atau penggunaan harian. Saat sudah kelamaan atau jari berkeringat, itu menurunkan sensitivitas layar. Tentunya ini menganggu pengalaman bermain game.

4. Microphone kurang jernih

Tecno menawarkan microphone untuk perekaman video. Sayangnya kualitas suaranya kurang jernih dan kurang lantang. Hal ini disebabkan karena ponsel ini masih menggunakan single microphone.

Dengan single microphone tersebut, juga memungkinkan potensi tertutup tangan saat perekaman. Tentu saja ini menghasilkan kualitas suara yang tidak jelas, bahkan suaranya bisa hilang.

5. Kualitas perekaman video gambarnya kurang halus  

Kualitas video Tecno Pova 4 menawarkan warna yang kurang natural, masih kekuning-kuningan. Selain itu, video juga terlalu tajam atau oversharpening yang membuatnya kurang cocok untuk merekam wajah. Ini membuat kualitasnya menjadi kasar.

6. Charging tergolong lama  

Tecno Pova 4 menawarkan charging 18 watt.  Kemampuan charging-nya terhitung sudah cukup lumayan. Pengisian 0-50% membutuhkan waktu 56 menit dan 0-100% membutuhkwan waktu 2 jam 57 menit.

Ini tergolong lama karena hampir 3 jam. Mungkin, kamu bisa melakukan pengisian daya saat tidur.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.