Vivo T1 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

PublicaVivo melengkapi produk mereka di Indonesia dengan meluncurkan line up T1 series. Salah satunya adalah Vivo T1 5G. Tentu saja, kehadirannya menambah opsi ponsel bagi pengguna yang membutuhkan konektivitas 5G.

Selain mendukung jaringan 5G, Vivo T1 5G ini menawarkan daya tarik lainnya khususnya pada sektor performa, kamera utama yang berukuran 50 MP dan baterai dengan kapasitas jumbo dengan harga yang terjangkau.

Perlu diketahui bahwa peluncuran ponsel ini awalnya hanya dua varian, yakni 4/128 GB dan 8/128 GB. Namun karena sambutan dari pengguna yang cukup antusias, khususnya mereka yang mencari ponsel dengan performa turbo, Vivo kemudian meluncurkan ponsel ini dalam versi 8/256 GB.       

Spesifikasi Vivo T1 5G

Umum
BrandVivo
Tahun RilisFebruari 2022
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.58 inci
Resolusi1080 x 2408 px
Refresh Rate120Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi164 x 75.8 x 8.3 mm
Berat187 g
MaterialGlass front, plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaStarlight Black, Rainbow Fantasy
Hardware
ChipsetMediaTek Dimensity 810
CPUOcta-core (2x2.4 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G57 MC2
RAM4GB/6GB/8GB
Memori Internal128GB/256GB
Memori EksternalmicroSDXC (uses shared SIM slot)
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + 2 MP + 2 MP
FiturDual-LED flash, HDR, panorama
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi16 MP
Fitur-
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 11
InterfaceFuntouch 12
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 18W
Jaringan
Slot Kartu SIMHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.1, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
Gyro-

Vivo hadir dengan desain khas Vivo yang mempunyai kemiripan dengan Y-series dan beberapa V-series. Adapun kemiripan tersebut berada pada layar poni dengan model waterdrop, modul kamera berbentuk persegi serta sudut yang membulat.

Dari sektor layar, Vivo T1 5G ini hadir dengan LCD Colorful 6.58 inci dengan resolusi HD+. Layar tersebut juga sudah mendukung cakupan warna 100% P3 agar tampilan layar lebih harus dengan detail gambar, kontras warna, dan kecerahan yang cukup baik.

Vivo T1 dipersenjatai dengan chipset Dimensity 810 5G dengan fabrikasi 6nm, yang dilengkapi dengan fitur Dual On 5G. Prosesor tersebut membawa CPU octa-core dengan clock speed mencapai 2,4 Gz dan kartu grafis GPU Mali-G57 MC2.

Chipset tersebut dipadukan dengan opsi RAM 4 GB dan 8 GB dan penyimpanan memori internal dengan opsi 128 GB dan 256 GB.  Kapasitas RAM tersebut masih bisa diekspansi menggunakan fitur Extended RAM. Begitu juga dengan penyimpanan masih bisa ditingkatkan hingga 1TB melalui slot MicroSD.

Untuk menjaga agar suhu tetap stabil saat penggunaan, ponsel ini hadir dengan sistem pendingin Liquid Cooling yang diklaim bisa menurunkan suhu hingga 10 derajat celcius.

Kamera belakang menawarkan 3 sensor kamera yang terdiri dari sensor utama 50 MP, sensor makro 2 MP, dan sensor bokeh 2 MP. Sementara itu, kamera depannya dibekali sensor 16 MP.

Ponsel ini juga membawa baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan fitur pengisian daya cepat 18W. Untuk sistem operasinya, ponsel ini berjalan menggunakan antarmuka Funtouch OS 12 berbasis Android 11.

Fitur lainnya yang turut dibawa untuk melengkapi Vivo T1 ini adalah NFC, Bluetooth, sensor sidik jari, ultra game mode, dan beberapa yang lainnya. untuk pilihan warnanya, Vivo T1 5G hadir dengan opsi Rainbow Fantasy dan Starlight Black.  

Harga Vivo T1 5G

Vivo T1 5G dibenderol dengan harga resmi Rp. 2.999.000 untuk varian 4GB+128 GB dan Rp. 3.399.000 untuk varian 8GB+128 GB. Selain kedua varian tersebut, Vivo juga meluncurkan unitnya dengan varian internal storage yang lebih besar, 8GB+256GB dengan harga resmi Rp. 4.099.000

Kelebihan Vivo T1 5G

1. Fitur Extended RAM hingga 8 GB

Vivo T1 5G menawarkan 3 opsi RAM pada setiap variannya, yakni 4 GB, 6 GB, dan 8 GB. Kapasitas RAM tersebut sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk mendukung kebutuhan harian, termasuk bermain gim.

Namun demikian, jika dirasa opsi RAM tersebut kurang besar, Vivo menawarkan fitur extended RAM yang bisa diperluas hingga 8 GB. Ya, pengguna bebas memilih perluasan RAM dari 1 hingga 8 GB.

Ini yang menjadi salah satu fitur unggulan Vivo yang mungkin tidak akan ditemukan pada ponsel kompetitor yang lainnya.

2. Performa Ngebut

Hadir dengan embel-embel T series, Vivo T1 5G menawarkan performa ponsel yang ngebut berkah chipset MediaTek Dimensity 810 5G. Dalam pengujian performa dengan AnTuTu v9, chipset tersebut mendapatkan skor 374.532 poin.

Dapur pacu tersebut diklaim lebih kencang dibandingkan dengan MediaTek Helio G96 maupun Snapdragon 695 sekalipun. Yang membuat performa ponsel ini semakin bagus, disematkannya opsi RAM hingga 8GB+8GB dan penyimpanan internal hingga 256 GB.

Tentu saja, perpaduan dapur pacu tersebut menawarkan performa turbo dan kencang pada ponsel besutan Vivo ini. Dengan fabrikasi chipset yang tergolong kecil, 6nm, kinerja dapur pacu harapannya juga bisa mengelola daya baterai yang lebih bagus.

3. Menawarkan kualitas tampilan yang bagus

Dibekali dengan layar IPS LCD 6.58 inci, Vivo T1 5G menawarkan keseruan yang immersif baik untuk penggunaan sehari-hari maupun bermain gim. Layarnya sudah mengusung resolusi FHD+ (1080 x 2408 piksel) dengan kerapatan piksel 401 ppi yang mana membuat tampilan menjadi lebih tajam dan detail.

Resolusi layar tersebut dipadukan dengan P3 color gamut yang menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih dan hidup dengan saturasi warna yang lebih baik. Rasio layar ke bodi juga hanya 90.6% yang membuat  layarnya terlihat lebih luas.

Meski tidak dibekali dengan panel AMOLED, Vivo T1 5G menawarkan tampilan yang berkualitas dan cukup memanjakan mata.

4. Daya tahan baterai awet

Vivo T1 5G ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang cukup awet untuk digunakan seharian. Untuk penggunaan harian ringan, seperti mengirim pesan, social media, atau streaming video, baterai ini bisa digunakan seharian.

Bagaimana jika digunakan untuk bermain gim? Untuk bermain Mobile Legends atau PUBG Mobile selama 30 menit, daya baterai hanya berkurang sekitar 6%. Sementara itu, untuk menonton video playback dengan resolusi 1080p, daya baterai bisa bertahan hingga sekitar 23 jam.

Kinerja baterai tersebut tergolong awet dan cukup bisa diandalkan untuk mendukung produktivitas harian tanpa khawatir kehabisan daya baterai.

5. Desain bodi yang cantik

Vivo terkenal membawa desain yang cantik, stylish dan terkesan premium pada setiap produknya, termasuk pada Vivo T1 5G ini. Bagian punggung belakang terbuat dari bahan polikarbonat yang dilapisi dengan Crystaline Matte.

Lapisan tersebut memantulkan cahaya dengan baik sehingga menawarkan warna-warni layaknya pelangi. Selain itu, lapisan itu juga menjaga bodi dari bekas sidik jari.

Dua opsi warna yakni Starlight Black dan Rainbow Fantasy menawarkan tampilan yang beda dari biasanya. Khususnya untuk opsi Rainbow Fantasy, desainnya menggunakan teknologi Dynamic Color yang membuatnya berkilau seperti pelangi saat terkena sinar.  

6. Setup Kamera terbilang baik

Vivo T1 5G menawarkan setup kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera makro 2 MP dan kamera bokeh 2 MP.  Kamera utama menawarkan kualitas foto maupun video yang cukup jernih dan detail. Kamera tersebut juga mendukung perekaman video hingga [email protected]

Sementara di bagian depan, kamera depan mengusung lensa 16 MP yang sudah cukup memadai untuk berswafoto atau membuat video blog. Kamera tersebut juga dibekali dengan fitur Dual View Video yang memungkinkan pengguna bisa merekam menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

7. Konektivitas 5G dilengkapi NFC

Vivo T1 5G tergolong future-proof, digunakan beberapa tahun ke depan masih cukup mumpuni. Hal tersebut berkah sudah mendukung jaringan 5G dan sudah dibekali dengan fitur NFC. Kedua fitur tersebut akan memainkan peran penting dalam kehidupan modern.

Kekurangan Vivo T1 5G

1. Tidak ada kamera ultra wide

Sekelas ponsel mid-range, sangat disayangkan Vivo T1 5G ini tidak membawa kamera ultra wide. Kamera ini masih menjadi pertimbangan utama bagi banyak pengguna mengingat funginya untuk tangkapan foto yang lebih luas.

Meski begitu masih bisa dipahami mengingat kebanyakan ponsel 5G yang harganya terjangkau menghilangkan kamera tersebut.

2. Fitur fast charging Cuma 18W

Meski ditopang dengan kapasitas baterai yang jumbo, Vivo T1 ini hanya membawa fitur pengisian daya cepat 18W. jika melihat kompetitor di kelas harganya seperti Realme 9, Redmi Note 11, atau Infinix Zero 5G, mereka sudah menawarkan teknologi fast charging minimal 33W.

Alhasil, kecepatan pengisian daya juga tidak bisa dikatakan cepat. Untuk pengisian dari 0%-100% membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.  

3. Speaker masih mono

Sayang sekali, Vivo T1 5G belum membawa dual speaker stereo. Ini menjadi kekurangan yang harus diperhatikan khususnya pengguna yang suka mendengarkan audio tanpa earphone. Suara yang dihasilkan pun juga kurang mantap dan terdengar agak cempreng dalam kondisi volume suara yang tinggi.

4. Refresh rate mentok 60fps

Alih-alih menawarkan refresh rate hingga 90Hz, Vivo T1 ini masih menawarkan kecepatan layar ini hanya mentok di angka 60Hz. Hal ini membuat ponsel ini setara dengan ponsel keluaran 2018 atau ponsel-ponsel entry level yang dibanderol dengan harga 1 jutaan.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.