Vivo V25e: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Vivo memanaskan persaingan smartphone kelas mid-range dengan produk unggulannya, Vivo V25e. Smartphone melengkapi seri V yang telah diisi oleh Vivo V25 Pro dan V25 5G. Pada seri V Vivo V25e juga menjadi produk yang dibanderol dengan harga yang paling murah.

Meski demikian, smartphone ini membawa hal-hal menarik, termasuk chipset MediaTek Helio G99, RAM lega, dan kameranya juga menawan, serta tentunya desain yang elegan.

Smartphone ini juga diklaim sebagai HP 3 jutaan yang paling worth untuk dibeli. Apakah klaim tersebut benar? Tentu itu kembali pada kebutuhan masing-masing pengguna.

Untuk memudahkan kamu menjawabnya, kami memberikan ulasan spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Vivo V25e.

Spesifikasi Vivo V25e

Umum
BrandVivo
Tahun RilisSeptember 2022
Layar
PanelAMOLED
Ukuran6.44 inci
Resolusi1080 x 2404 px
Refresh Rate90Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi159.2 x 74.2 x 7.8 mm
Berat183 g
MaterialGlass front, glass back
Pilihan WarnaDiamond Black, Sunrise Gold
Hardware
ChipsetMediaTek Helio G99
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G57 MC2
RAM8GB
Memori Internal128GB/256GB
Memori EksternalmicroSDXC (uses shared SIM slot)
Kamera Belakang
Resolusi64 MP + 2 MP + 2 MP
FiturLED flash, HDR, panorama
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi32 MP
FiturHDR
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceFuntouch 12
Baterai
Kapasitas4500 mAh
ChargingFast charging 44W
Jaringan
Slot Kartu SIMHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.2, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
SertifikasiIP54 (Tahan debu dan air)
FingerprintFingerprint (under display, optical)
GyroYa

Harga Vivo V25e

Vivo V25e menawarkan dua varian yakni 8/128 GB yang dibanderol dengan harga resmi Rp 3.999.000 dan varian 8/256 GB dengan harga resmi Rp. 4.299.000.

Kelebihan Vivo V25e

1. Desain Simpel dan Minimalis

Kelebihan Vivo V25e adalah pada sektor desain. Smartphone ini membawa desain yang simpel, minimalis namun tetap elegan. Hadir dengan desain frame yang rata dan berbahan polikarbonat. Smartphone ini menghadirkan warna Diamond Black dan Sunrise Gold.

Khusus untuk warna Sunrise Gold, terdapat teknologi UV Color Changing Design dan berbahan Color Changing Fluorite AG Glass. Yang menarik, warna back cover akan berubah saat terkenal sinar matahari.

Bodi belakang tersebut juga dibekali anti-fingerprint dan anti-scratch. Artinya, baik bekas sidik jari maupun goresan akan terkurangi dan membuat tampilannya tetap elegan.

Vivo V25e juga sudah mengantongi sertifikasi IP54 untuk ketahanan terhadap percikan air dan debu. Ini membuatnya menjadi smartphone yang cocok untuk berbagai medan aktivitas, termasuk aktivitas di luar ruangan.

Smartphone ini berbobot 186 gram dan mempunyai ketebalan 7.79 mm saja. Dimensinya tergoloong tipis dan ringan.

2. Layar AMOLED 90 Hz

Vivo V25e mengusung panel AMOLED 6.44 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate hingga 90 Hz. Spesifikasi layar tersebut sudah cukup memanjakan mata baik untuk penggunaan harian, termasuk nonton film maupun bermain game.

Refresh rate tersebut juga bisa diatur otomatis sesuai dengan kebutuhan layar. Ini bagus untuk menghemat daya baterai.

Sementara itu, Touch Sampling Rate hingga 300 Hz dan tingkat kecerahan di dalam ruangan mencapai 500 nit. Angka tersebut sudah bagus untuk smartphone di kelas 3 jutaan. Layar masih bisa terbaca dengan jelas sekalipun berada di bawah terik sinar matahari.

Cakupan warnanya juga terbilang bagus, hampir 100% DCI-P3, tepatnya 98,2% DCI-P3 pada mode standar. Layar tersebut juga sudah mengantongi sertifikasi SGS Eye Care Display untuk kesehatan mata, Netflix HDR untuk kualitas video streaming terbaik, dan HDR10+ untuk layar yang menawan.

3. Kamera utama 64MP +OIS

Sektor kamera juga menjadi kelebihan Vivo V25e. Smartphone ini membawa setup kamera yang keren. Ada kamera utama 64 MP Night Camera dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan Auto Focus. Kamera utama didampingi oleh dua kamera tambahan yang terdiri dari kamera Super makro 2 MP dan kamera bokeh 2 MP.

Kamera belakang mendukung perekaman video hingga [email protected] dan slow motion [email protected] Kamera belakang juga membawa fitur khas Vivo seperti OIS Super Night Mode, Hybrid Image Stabilization, Bokeh Flare Portrait, Vlog Movie, Double Exposure, Dual-View Video, 64 MP, Time Lapse, SteadiFace, dan Pro photo.

Sementara itu, kamera depan menawarkan lensa 32 MP dengan dukungan video hingga [email protected]

4. Performa optimal berkat Helio G99

Kelebihan Vivo V25e adalah pada performanya. Produk ini ditenagai dengan System on Chip (SoC) besutan MediaTek, yakni Helio G99 dengan fabrikasi 6 nm. Chip tersebut dipadankan dengan 8 GB RAM LPDDR4X dan memori internal 128 GB atau 256 GB UFS 2.2.

Hebatnya, kapasitas RAM tersebut masih bisa diekspansi dengan tambahan hingga 8 GB. Jadi, smartphone mempunyai total RAM 16 GB.

Artinya, kamu bisa melakukan tugas single hingga multitasking dengan lancar jaya. Tambahan RAM tersebut juga membuat aplikasi yang terbuka pada background bisa lebih banyak.

Untuk penyimpanan, Vivo masih membenamkan slot microSD untuk penyimpanan tambahan hingga 1 TB.

Konfigurasi dapur pacu tersebut menawarkan performa optimal dan stabil. Terbukti melalui pengujian CPU Throttling Test selama 30 menit, hanya thorttle di 93 % saja. Selain itu, smartphone ini mendapatkan skor 376676 melalui AnTuTu Benchmark v9.  

Bagaimana performa gaming-nya?  Smartphone ini membawa mode Ultra Game yang bisa memaksimalkan pengalaman gaming.

Genshin Impact dengan pengaturan Lowest-60 fps mendapatkan frame rate di kisaran 40 – 45 fps saat travelling awal. Sementara, saat perang, frame rate turun di kisaran 38 – 42 fps.

PUBG Mobile dengan pengaturan Ultra mendapatkan frame rate rata-rata 40 fps. Mobile Legends bejalan di kisaran 60 fps dengan pengaturan High-HD-Shadow On. Subway Surfers bisa mendapatkan 90 fps stabil dan mulus.

5. Daya tahan baterai bagus

Vivo V25e dibekali dengan baterai 4.500 mAh. Baterai tersebut cukup awet dibandingkan dengan smartphone Helio G99 dengan baterai 4.500 mAh. Pada pengujian daya untuk menonton local video playback 1080p, baterai bisa bertahan hingga 19 jam lebih.

Untuk bermain Genshin Impact selama 30 menit, daya baterai hanya berkurang 8% saja. Baterai hanya bekurang 3% untuk streaming video Youtube selama 30 menit.

Bagaimana dengan kemampuan charging?

Vivo menawarkan teknologi 44W FlashCharge dengan fitur 24-Dimension Security Protection dan Smart Charging Engine untuk memberikan keamanan maksimal saat pengisian daya.

Pengisian daya dari 0-50% membutuhkan waktu kurang lebih 27 menit dan sampai full sekitar 1 jam lebih sedikit. Kecepatan charging tergolong baik di kelas harganya.

6. Konektivitas lengkap

Vivo V25e menawarkan konektivitas yang cukup lengkap, termasuk dukungan jaringan hingga 4G, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.2 USB OTG, serta NFC MultiFunction.

NFC Multifunction ini mempunyai kelebihan tidak hanya sebatas alat mengecek saldo e-toll, atau mengisi e-wallet saja, namun juga bisa digunakan sebagai kartu akses untuk memasuki gedung atau bangunan berbasis smart office.

Selain itu, Vivo menawarkan fitur eSports Arena yang mempunyai keunggulan dalam penangkapan sinyal yang lebih baik dari berbagai posisi.

Kekurangan Vivo V25e

1. Tanpa Kamera Ultra Wide

kekurangan Vivo V25e adalah tidak adanya kamera ultra wide. Kamera ini masih menjadi idola bagi sebagian besar pengguna di Indonesia. Kamera ini membawa kemampuan, yakni tangkapan kamera yang lebih luas dengan sudut 118 derajat.

Sementara itu, banyak kompetitor di kelas harganya yang menyematkan kamera ultra wide untuk mendukung aktivitas fotografi maupun perekaman video.

2. Speaker masih mono

Vivo V25e juga belum membawa dual speaker stereo. Ini menjadi hal yang perlu diperhatikan, mengingat mono speaker menawarkan suara yang tidak seimbang, kurang menggelegar, serta kualitas output suara juga belum baik.

Dengan dual speaker stereo, kamu bisa mendapatkan suara seimbang rata kanan dan kiri. Ini membuat pengalaman kamu nonton video atau main game menjadi lebih optimal dan menyenangkan.

3. Tidak ada colokan audio 3.5 mm

Vivo V25e tidak membawa lagi colokan audio 3.5 mm. Sementara itu, pengguna masih bisa menyambungkan headset melalui port USB Type C. Sayangnya, headset dengan USB Type C masih sedikit.

Kalaupun ingin menggunakan jack audio 3.5 mm, maka pengguna harus memasang converter. Ini cukup ribet dan patut disayangkan dan menjadi kekurangan Vivo V25e yang patut kamu perhatikan.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.