Vivo X90 Pro: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

PublicaVivo X90 Pro resmi diperkenalkan di pasar China dan melengkapi line up smartphone flagship Vivo di tahun 2022 ini. Smartphone ini diklaim menjadi yang tertangguh pada Vivo X90 series. Dibandingkan dengan saudaranya, smartphone ini menawarkan keunggulan khususnya pada sektor kamera yang mumpuni dan prosesor yang kencang.

Pada sektor dapur pacu, Vivo X90 Pro ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 9200 yang menawarkan performa yang cukup kencang di kelasnya. Prosesor tersebut berpadu dengan opsi RAM 8 GB/12 GB dan penyimpanan internal 128 GB/512 GB.

Vivo X90 Pro juga menawarkan spesifikasi kamera yang terbaik. Kamera belakang mengusung konfigurasi 3 kamera yang terdiri dari kamera utama 50.3 MP, kamera telefoto 50 MP dan kamera ultra wide 12 MP. Konfigurasi kamera tersebut bisa kamu andalkan untuk membidik foro atau merekam video dengan kualitas di atas rata-rata.

Sementara, kamera depannya mengusung lensa 32 MP yang juga tidak kalah memberikan kualitas foto maupun video yang keren.

Vivo X90 Pro ini sudah mengusung layar lengkung AMOLED 6.78 inci. Layar ini sudah mendukung resolusi QHD+ dan refresh rate hingga 120 Hz. Kualitas layar ini juga sangat menawan dan memanjakan mata untuk kamu gunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Smartphone flagship besutan Vivo ini juga ditopang dengan baterai yang berkapasitas 4.870 mAh dan sudah didukung fitur pengisian daya cepat baik dengan kabel maupun nirkabel. Sambil menunggu smartphone flagship besutan Vivo ini diluncurkan di pasar global, Yuk kita cari tahu kelebihan dan kekurangan Vivo X90 Pro ini.

Spesifikasi Vivo X90 Pro

Umum
BrandVivo
Tahun RilisDesember 2022
Layar
PanelAMOLED
Ukuran6.78 inci
Resolusi1260 x 2800 px
Refresh Rate120Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi164.1 x 74.5 x 9.3 mm
Berat214.9 g
Material-
Pilihan WarnaBlack, Red
Hardware
ChipsetMediaTek Dimensity 9200
CPUOcta-core (1x3.05 GHz Cortex-X2 & 3x2.50 GHz Cortex-A710 & 4x1.80 GHz Cortex-A510)
GPUArm Immortalis-G715
RAM8GB/12GB
Memori Internal256GB/512GB
Memori Eksternal-
Kamera Belakang
Resolusi50.3 MP + 50 MP + 12 MP
FiturZeiss optics, Zeiss T* lens coating, Pixel Shift, dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video8K, [email protected]/60fps, [email protected]/60fps, gyro-EIS
Kamera Depan
Resolusi32 MP
FiturHDR
Video[email protected], [email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 13
InterfaceFuntouch
Baterai
Kapasitas4870 mAh
ChargingFast charging 120W + Fast wireless charging 50W + Reverse wireless charging
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.3, A2DP, LE, aptX HD
USBUSB Type-C 3.2, OTG
Lainnya
SertifikasiIP68 (Tahan debu dan air hingga 1,5m selama 30 menit)
FingerprintFingerprint (under display, optical)
GyroYa

Harga Vivo X90 Pro

Vivo X90 Pro dibenderol dengan harga  4.999 Yuan (sekitar Rp 10,98 juta) untuk varian 8GB/256GB dan 5.999 Yuan (sekitar Rp 13,18 juta) untuk varian 12GB/512GB. Vivo X90 Pro belum diketahui apakah akan dijual di pasar global termasuk di Indonesia atau tidak.

Kelebihan Vivo X90 Pro

1. Kamera Berkelas dengan Sensor Sony

Vivo X90 Pro menjadi sektor kamera sebagai daya tarik utamanya. Smartphone ini mengusung konfigurasi tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50.3 MP dengan sensor Sony IMX989 F/1.75 sama yang digunakan pada model Pro Plus.

Selain itu, terdapat kamera telefoto 50 MP yang sudah dibekali fitur 2X opctical Zoom serta Optical Image Stabilization (OIS). Kamera ini bekerja baik untuk membidik foto dari kejauhan dengan kualitas gambar yang jernih dan detail. Fitur OIS bekerja dengan baik untuk meredam guncangan saat pengambilan video maupun foto.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera ultra wide 12 MP untuk mendapatkan tangkapan gambar yang lebih luas.

Kamera utama tersebut sudah mendukung perekaman video hingga [email protected] Fitur-fitur kamera seperti Zeiss Optics, Zeiss T*Lens Coating, dan Pixel Shift juga dibawa untuk mendukung kebutuhan fotografi.

Kamera depan mengusung lensa 32 MP yang bisa merekam video dengan kualitas hingga [email protected] Dengan kata lain, baik kamera depan maupun belakang sudah menawarkan spesifikasi kamera yang terbaik di kelasnya.

2. Layar Lengkung AMOLED dengan Resolusi QHD+

Vivo X90 Pro hadir dengan layar lengkung AMOLED 6,78 inci. Layar tersebut sudah mendukung resolusi QHD+ (1260 x 2800 piksel) dan refresh rate hingga 120 Hz. Panel juga bisa menghasilkan warna 10-bit dan mempunyai maksimal brightness di angka 1.300 nits.

Kualitas layar tersebut memang tidak diragukan lagi. Layar lengkung menawarkan desain yang terkesan premium. Refresh rate 120 Hz juga membuat pergeseran layar semakin smooth and tingkat kecerahannya tersebut membuat layar masih bisa terbaca jelas meski berada di bawah terik sinar matahari.

Layar tersebut juga sudah terproteksi dengan anti cipratan air dan debu dengan sertifikasi IP68.  

3. Baterai Awet dan Pengisian Daya cepat

Vivo X90 Pro mengemas baterai dengan kapasitas 4.870 mAh. Kapasitas tersebut tergolong jumbo untuk kelas smartphone kelas atas. baterai tersebut diklaim cukup awet untuk mendukung produktivitas maupun hiburan sehari-hari.

Baterai tersebut juga membawa fitur fast charging 120W dengan kabel. Kamu bisa mengisi daya dari 0-100% kurang dari 1 jam. Vivo X90 Pro juga dilengkapi fitur pengisian daya tanpa kabel 50W.

Dengan fitur tersebut, kamu bisa mengisi daya tanpa harus mencolokkan smartphone ke sumber listrik. Sudah sewajarnya ponsel kelas flagship membenamkan fitur ini untuk memudahkan pengisian daya smartphone.

4. Fitur-fitur Smartphone Lengkap

Vivo X90 Pro ini membawa fitur-fitur spesial seperti anti air dan debu dengan sertifikasi IP68, fast charging 120W, Dual-SIM dan wireless charging 50W yang mungkin tidak akan ditemukan pada kompetitornya.

Selain fitur spesial tersebut, smartphone ini juga dilengkapi banyak fitur termasuk in-display fingerprint sensor, gyroscope, proximity, fingerprint, accelerometer, NFC dan fitur lainnya.

Kekurangan Vivo X90 Pro

1. Tidak Ada Colokan Audio Jack 3.5 mm

Vivo X90 Pro tidak membawa colokan Audio Jack 3.5 mm dan sebagai gantinya menggunakan USB Type-C. Jadi, jika kamu ingin mendengarkan musik melalui earphone,  maka kamu harus membeli perangkat yang sudah mendukung colokan tersebut.

Memang ciri khas ponsel kelas atas selalu meniadakan colokan audi 3.5 mm ini. Namun, jika Vivo masih menyematkan pada line up kelas flagship-nya, itu akan lebih menarik.  

2. Tidak Ada Slot microSD dan RAM Extension

Smartphone ini juga tidak menyediakan slot untuk penyimpanan eksternal. Meski ponsel ini sudah menawarkan internal storage yang cukup lega, penyimpanan tambahan masih dianggap penting, terlebih jika digunakan untuk pengambilan video yang memakan memori penyimpanan yang besar.

Vivo X90 ini sayang sekali tidak membawa fitur RAM extension. Dengan kata lain, kamu tidak bisa menambah kapasitas  memori RAM secara virtual dari internal storage. Meski kapasitas RAM yang dibawa cukup lega, namun seharusnya Vivo masih mempertahankan fitur tersebut.

3. Tidak Ada Autofocus pada Kamera Telefoto

Vivo X90 ini sudah menghadirkan lensa telefoto 50 MP. Kamu bisa mengangkap objek-objek dari kejauhan dengan gambar yang detail dan jernih. Sayangnya, lensa tersebut belum dilengkapi dengan fitur Auto Focus.  

Dengan kata lain, kamu harus mencari titik fokus secara manual untuk mendapatkan gambar yang sangat detail.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.