Vivo X90: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Setelah banyak yang menantikan, Vivo akhirnya resmi mengumumkan line up smartphone flagship mereka, Vivo X90 pada 22 November 2022 di China. Rencananya ponsel kelas atas besutan Vivo ini akan dijual di pasar China mulai tanggal 6 Desember 2022.

Hingga saat ini belum ada informasi resmi apakah ponsel ini akan diluncurkan di pasar internasional atau belum. Dibandingkan dengan seri flagship sebelumnya, smartphone ini membawa peningkatan yang cukup signifikan.

Vivo X90 dipersenjatai dengan chipset Mediatek Dimensity 9200 yang sudah mendukung jaringan 5G. Prosesor tersebut menawarkan performa yang kencang baik untuk menunjang produktivitas harian maupun streaming video hingga bermain game.

Ponsel flagship ini mengusung layar AMOLED dengan bentang layar 6.78 inci. Ukuran layar tersebut akan memanjakan mata baik untuk aktivitas keseharian, nonton video, maupun bermain game.

Sektor kamera juga menawarkan kualitas yang keren layaknya ponsel kelas atas. Kamera belakang hadir dengan triple camera dengan sensor Sony IMX series. Sementara itu, kamera depan mengusung lensa 32 MP yang menawarkan kualitas foto maupun video yang ciamik.

Apakah Vivo X90 ini pantas dibanderol dengan harga di atas? Tentu saja, itu kembali pada kebutuhanmu terhadap ponsel. Namun menarik untuk kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo X90 sebagai berikut.

Spesifikasi Vivo X90

Umum
BrandVivo
Tahun RilisNovember 2022
Layar
PanelAMOLED
Ukuran6.78 inci
Resolusi1260 x 2800 px
Refresh Rate120Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi164.1 x 74.4 x 8.5 mm
Berat196 g
MaterialGlass front, glass back or eco leather back
Pilihan WarnaBlack, Red, Blue
Hardware
ChipsetMediaTek Dimensity 9200
CPUOcta-core (1x3.05 GHz Cortex-X2 & 3x2.50 GHz Cortex-A710 & 4x1.80 GHz Cortex-A510)
GPUArm Immortalis-G715
RAM8GB/12GB
Memori Internal128GB/256GB/512GB
Memori Eksternal-
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + 12 MP + 12 MP
FiturZeiss optics, Zeiss T* lens coating, Pixel Shift, dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video[email protected]/60fps, [email protected]/60fps, gyro-EIS
Kamera Depan
Resolusi32 MP
FiturHDR
Video[email protected], [email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 13
InterfaceFuntouch
Baterai
Kapasitas4810 mAh
ChargingFast charging 120W + Reverse charging
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.3, A2DP, LE, aptX HD
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
SertifikasiIP64 (Tahan debu dan air)
FingerprintFingerprint (under display, optical)
GyroYa

Harga Vivo X90

Vivo X90 ini akan dijual di pasar China dengan benderol 3.699 Yuan (sekitar Rp 8.13 juta) untuk varian 8/128 GB dan 4.999 Yuan (sekitar 10, 98 juta) untuk varian 12/256 GB. Vivo X90 belum diketahui apakah akan dijual di pasar global termasuk di Indonesia atau tidak.

Kelebihan Vivo X90

1. Kamera “Benar-Benar” Kelas Flagship

Banyak smartphone flagship namun menawarkan kualitas kamera yang biasa saja. Nah, Vivo X90 ini menawarkan spesifikasi kamera yang benar-benar kelas atas.

Hadir dengan konfigurasi  3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX866, kamera ultra-wide 12 MP dengan sensor Sony IMX663 dan kemera telefoto 12 MP dengan sensor Sony IMX663.

Kamera telefoto tersebut hadir dengan fitur optical zoom 2X. Kamu bisa menangkap objek-objek yang berada di jauh dengan kualitas yang jernih dan detail. Kamera tersebut juga hadir dengan chip ISP V2 in-house milik Vivo yang meningkatkan kualitas gambar meskipun pencahayaannya minim.

Kamera utama tersebut juga sudah mendukung perekaman video hingga [email protected]/60fps anda sudah membenamkan fitur gyro-EIS. Kamu juga bisa menemukan fitur-fitur kamera andalan khas ponsel flaghsip seperti Zeiss Optics, Zeiss T* Lens, Pixel Shifts, and fitur-fitur lainnya.

2. Layar Jernih dan Memukau

Vivo X90 mengusung curved screen dengan panel AMOLED dan bentang layar 6.78 inci. Layar tersebut mempunyai resolusi QHD+ (1260 x 2800 pixels) dan refresh rate maksimum hingga 120Hz. Layar tersebut sangat memanjakan mata untuk mendukung keseharianmu.

Kamu bisa merasakan pergerakan layar yang smooth saat scrolling social media, atau nonton video streaming. Tingkat kecerahan bisa mencapai 1.300 nits dan dukungan warna 10-bit. Itu berarti layar masih bisa terlihat dengan jelas sekalipun kamu menggunakannya di bawah terik sinar matahari.

Layar melengkung Vivo X90 ini juga semakin menegaskan bahwa ponsel ini benar-benar hadir sebagai andalannya Vivo. Layar tersebut memberikan kesan premium dan elegan seperti hallnya pada ponsel-ponsel kelas atas pada umumnya.

3. Dibekali Chipset Bertenaga

Vivo X90 mengusung chipset Mediatek Dimensity 9200. Dapur pacu ini cukup bertenaga dan menawarkan performa tinggi di kelas harganya. Dipadukan dengan opsi RAM 8 GB/12 GB dan penyimpanan internal 128 GB/256 GB, ponsel ini bisa kamu andalkan untuk berbagai kebutuhan, baik social media, main game, maupun yang lainnya.

Chipset tersebut juga mendukung konektivitas 5G. kecepatan jaringan internet pun juga akan lebih stabil, lancar dan kencang.

4. Baterai Berkapasitas Besar dan Didukung Fast Charging 120w

Vivo X90 ini ditopang dengan beterai berkapasitas 4.810 mAh yang tergolong jumbo untuk kelas ponsel flagship. Daya baterai yang cukup besar ini memungkinkan kamu menggunakan ponsel ini seharian tanpa khawatir cepat habis dayanya.

Selain itu, ponsel ini juga sudah mempunyai fitur pengisian daya cepat 120W dan juga reverse charging. Pihak Vivo memberi klaim bahwa ponsel ini hanya membutuhkan waktu 8 menit saja untuk mengisikan daya dari 0-50%.

Wow sungguh luar biasa! Kamu bisa mengisi daya hingga full dengan waktu yang singkat.

Kekurangan Vivo X90

1.Tidak ada Fitur RAM Extension

Vivo X90 ini sayang sekali tidak membawa fitur RAM extension. Dengan kata lain, kamu tidak bisa menambah kapasitas  memori RAM secara virtual dari internal storage. Meski kapasitas RAM yang dibawa cukup lega, namun seharusnya Vivo masih mempertahankan fitur tersebut.

Hal tersebut mengingat banyak ponsel-ponsel yang harganya lebih rendah menawarkan fitur tersebut. Dengan kata lain, ponsel ini hanya mengandalkan RAM bawaannya saja, yakni 8 GB atau 12 GB.   

2. Tidak Mendukung External Storage

Seperti halnya RAM, Vivo X90 ini tidak mendukung penyimpanan internal. Ponsel ini hanya mengandalkan penyimpanan bawaannya dengan opsi 128 GB, 256 maupun 512 GB. Jika kamu jarang menyimpan file-file besar, tentu ketiadaan penyimpanan eksternal itu tidak menjadi masalah berarti.

Namun demikian, jika kamu mengandalkan smartphone ini sebagai media penyimpanan berkas baik foto, video, atau jenis berkas lainnya, maka penyimpanan tambahan ini sangat penting manfaatnya.     

3. Tidak Ada Auto Focus pada Kamera Telefoto

Vivo X90 ini sudah menghadirkan lensa telefoto 12 MP. Tentu ini menjadi hal yang menarik. Kamu bisa membidik objek-objek dari kejauhan dengan gambar yang detail dan jernih. Sayangnya, lensa tersebut belum dilengkapi dengan fitur Auto Focus.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.