Vivo Y21: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

PublicaVivo Y21 melengkapi deretan smartphone entry-level di Indonesia. Diperkenalkan pada bulan September 2021, ponsel ini membawa daya tarik fitur extended RAM yang umumnya ditemukan pada smartphone flagship besutan Vivo, seperti Vivo X60 series.

Smartphone yang dibanderol dengan harga 2 jutaan ini menyasar kelas menengah yang memerlukan ponsel dengan desain elegan dan spesifikasi yang mumpuni.

Smartphone ini diharapkan bisa menjadi penantang kompetitor dari brand smartphone lainnya termasuk Xiaomi Redmi 9T, Redmi 10, dan Redmi Note 10 yang laris manis di pasaran.

Meski dirilis di awal kuartal IV 2021, smartphone ini masih banyak diminati. Nah, bagaimana spesifikasinya? Apa saja kelebihan dan kekurangan Vivo Y21? Yuk simak pembahasan

Spesifikasi Vivo Y21

Umum
BrandVivo
Tahun RilisAgustus 2021
Layar
PanelIPS LCD
Ukuran6.51 inci
Resolusi720 x 1600 px
Refresh Rate-
Perlindungan-
Desain
Dimensi164.3 x 76.1 x 8 mm
Berat182 g
MaterialGlass front, plastic frame, plastic back
Pilihan WarnaDiamond Glow, Midnight Blue
Hardware
ChipsetMediatek Helio P35
CPUOcta-core (4x2.35 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320
RAM4GB
Memori Internal64GB/128GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
Kamera Belakang
Resolusi13 MP + 2 MP
FiturLED flash
Video[email protected]
Kamera Depan
Resolusi8 MP
Fitur-
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 11
InterfaceFuntouch 11.1
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 18W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5G-
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
NFC-
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go
Lainnya
FingerprintFingerprint (side-mounted)
GyroYa

Vivo Y21 hadir dengan desain yang stylish dan kekinian. Keseluruhan bodi cukup ramping dan nyaman digenggam dengan satu tangan dan mempunyai rangka yang datar. Desain bodi ini jarang ditemukan pada smartphone entry-level lainnya.

Vivo Y21 dipersenjatai dengan chipset MediaTek Helio P35. Chipset tersebut dipadankan dengan opsi RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Konfigurasi dapur pacu tersebut menghadirkan performa yang cukup mumpuni untuk  mendukung aktivitas harian.

Pada bagian punggung, smartphone ini mengusung susunan dua kamera yang terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera makro 2 MP. Sementara itu, kamera depan mengusung lensar 8 MP. Kombinasi kamera tersebut cukup bisa diandalkan untuk fotografi maupun pengambilan video sederhana.

Vivo Y21 ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh dan fitur fast charging 18W. Layar smartphone ini menggunakan IPS LCD 6.51 inci dengan refresh rate maksimum 60 Hz.

Harga Vivo Y21

Vivo Y21 menawarkan satu varian 4/64 GB yang dibanderol dengan harga resmi Rp 2.339.000 pada saat peluncuran ponsel September 2021 kemarin.

Namun saat ini, kamu bisa mendapatkan ponsel ini dengan harga mulai 1,8 jutaan saja di pasaran baik online maupun oflline.

Kelebihan Vivo Y21

1. Desain smartphone terkesan premium

Vivo Y21 menawarkan desain stylish dan elegan yang memberikan kesan premium. Bodi belakangnya mempunyai desain yang memukau layaknya ponsel-ponsel kelas atas. Smartphone ini juga hanya berbobot 182 gram dengan ketebalan 8 mm, sehingga terlihat ramping.

Adanya AG Coating membuat bodi belakang smartphone ini tampak berkilau. Opsi warna Midnight Blue dan Diamond Glow juga menambah kesan modis dan estetik pada smartphone besutan Vivo ini.

Tampaknya, Vivo menjadikan desain Vivo Y21 ini sebagai daya tarik utama bagi pengguna yang suka desain yang elegan tanpa harus merogoh kocek yang dalam.

2. Ada fitur Extended RAM dan slot microSD

Vivo Y21 hanya menawarkan ops RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB. Namun jika dirasa kurang, ada fitur extended RAM yang bisa memberikan tambahan RAM 1 GB. Jadi, kapasitas RAM masih bisa diperluas hingga 5 GB.

Kapasitas RAM tersebut sudah cukup mumpuni untuk mendukung kebutuhan multitasking harianmu, baik bermain media sosial, nonton video streaming atau main game tipis-tipis.

Untuk penyimpanan, smartphone ini masih menyediakan slot microSD yang menawarkan kapasitas penyimpanan eksternal yang lebih besar, hingga 1TB. Ada slot microSD khusus yang telah disediakan tanpa harus mengambil ruang kedua kartu SIM.

3. Dibekali sensor sidik jari samping

Vivo Y21 hadir dengan keamanan sensor sidik jari yang tergolong responsif pada bagian samping. Kebanyakan smartphone entry level menempatkan sensor tersebut pada punggung bodinya.

Tentu saja penempatan sensor pada bagian samping ini menambah modis tampilannya tanpa harus mengurangi fungsionalitasnya. Kamu cukup menempelkan jari pada bagian samping untuk membuka smartphone maupun aplikasi-aplikasi lainnya.

4. Baterai jumbo dan bisa dijadikan power bank

Vivo Y21 ditopang dengan baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh yang menawarkan daya yang tahan lama. Kamu bisa menggunakan smartphone ini untuk penggunaan umum termasuk media sosial, mengirim pesan, maupun video streaming seharian tanpa khawatir kehabisan daya baterai.

Untuk bermain PUBG Mobile selama 16 menit, daya baterainya hanya berkurang 4% saja. Ini berarti kamu bisa bermain 5 jam lebih non-stop tanpa harus menyambung ke kabel charging.

Smartphone besutan Vivo ini juga sudah dibekali dengan fitur fast charging 18W. fitur tersebut bekerja cukup baik untuk mempersingkat pengisian daya hingga 100%. Yang menarik, Vivo juga menyematkan fitur reverse charging yang mana bisa dijadikan sebagai power bank.  Ya, kamu bisa menggunakannya untuk memberikan daya kepada perangkat lainnya.

5. Disematkan Jack audio 3.5 mm dan USB Type-C

Vivo Y21 menawarkan jack audio 3.5 mm untuk memudahkan pengguna menghubungkan dengan earphone maupun speaker tanpa harus menggunakan connector. Kamu bisa menggunakan headphone kesayanganmu dengan colokan audio 3.5 mm tersebut.

Alih-alih menggunakan microUSB, VivoY21 sudah menggunakan USB Type-C 2.0 yang menawarkan performa yang lebih baik dan tidak mudah longgar.

Adanya USB Type-C ini juga menunjang transfer data dan sudah mendukung USB on-the-go yang bisa terhubung dengan flashdisk dengan mudah.

Kekurangan Vivo Y21

1. Chipset kurang gahar

Vivo Y21 ditenagai dengan chipset MediaTek Helio P35 yang performanya kurang gahar, terlebih jika digunakan untuk gaming. Untuk menunjang aktivitas harian pun, seperti membuka aplikasi hingga edit foto juga, kinerja prosesor ini tergolong standar saja.

Chipset ini memang bukan ditujukan untuk penggunaan kelas berat, seperti memainkan game-game PUBG Mobile ataupun yang lainnya. Kalaupun dipaksakan, kamu harus menggunakan pengaturan paling rendah, dan itupun masih mungkin frame rate akan drop.

2. Layar masih HD

Vivo Y21 ini mengusung layar IPS LCD 6.5 inci dengan resolusi HD 720 piksel. Tentu hal tersebut sangat disayangkan mengingat kompetitor di kelas harganya, seperti Infinix Hot 11s sudah menawarkan layar dengan resolusi FHD+.

Sebenarnya layar HD ini menawarkan keunggulan hemat daya baterai. Akan tetapi tampilan layar akan terlihat agak buram dan kurang detail.

3. Spesifikasi kamera Pas-pasan

Vivo Y21 mengusung konfigurasi dual-camera yang terdiri dari kamera utama 13 MP dan kamera makro 2 MP. Kamera tersebut hadir dengan fitur LED flash untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik dalam kondisi kurang pencahayaan.

Kamera utama 13 MP tersebut tentu menjadi hal penting yang perlu diperhatikan, mengingat kompetitornya sudah menawarkan setup kamera lebih lengkap dengan lensa utama 50 MP. Selain itu, smartphone ini juga belum dibekali kamera ultra wide untuk tangkapan yang lebih luas.

Di kelas harganya, banyak kompetitornya yang sudah membenamkan kamera ultra wide untuk menunjang fotografi maupun pengambilan video yang lebih luas.

4. Speaker masih mono

Speaker menjadi hal penting yang harus diperhatikan, baik saat nonton video maupun perekaman video. Sayangnya, Vivo Y21 ini masih menggunakan speaker mono yang menghasilkan output suara yang kurang jernih dan mantap.

Ketidakhadiran speaker stereo ini tentunya juga akan mengurangi kualitas suara, baik saat mendengar musik, melihat film, maupun saat bermain game.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.