Xiaomi 12 Pro: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

PublicaXiaomi 12 Pro merupakan line up andalan Xiaomi untuk kelas flagship di tahun 2022 ini. smarthpone ini diluncurkan bersamaan dengan suudaranya, Xiaomi 12. Kedua menjadi penerus dari smartphone sebelumnya Xiaomi Mi 11 series yang dirilis pada tahun 2021 kemarin.

Dibandingkan dengan Xiaomi 12, pastinya Xiaomi 12 Pro ini mengusung spesifikasi dan fitur yang lebih tinggi. Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah kemera yang lebih memukau, layarnya lebih besar, hingga baterai yang kapasitasnya lebih juga besar.

Smartphone ini hadir dengan panel layar AMOLED yang siap memanjakan mata kamu. layar tersebut juga dipadukan dengan fitur-fitur keren, termasuk sudah mendukung refresh rate maksimal, dan sudah terproteksi dengan kaca pelindung.

Dari sektor kamera, smartphone ini mengusung konfigurasi 3 kamera pada bagian belakangnya. Untuk kualitas gambar maupun video, smartphone ini mampu memberikan kualitas fotografi yang terbaik di kelasnya. Kamera depannya juga tidak ketinggalan menawarkan kualitas foto yang ciamik.

Bagaimana dengan dapur pacunya? Smartphone ini dibekali dengan chipset bertenaga, Snapdragon 8 Gen 1. Prosesor tersebut berpadu dengan kapasitas RAM yang besar dan penyimpanan internal yang juga memadai.

Kamu tertarik membeli smartphone flagship besutan Xiaomi ini? Yuk, simak dulu kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Pro.

Spesifikasi Xiaomi 12 Pro

Umum
BrandXiaomi
Tahun RilisDesember 2021
Layar
PanelLTPO AMOLED
Ukuran6.73 inci
Resolusi1440 x 3200 px
Refresh Rate120Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass Victus
Desain
Dimensi163.6 x 74.6 x 8.2 mm
Berat204 g
MaterialGlass front (Gorilla Glass Victus), glass back, aluminum frame
Pilihan WarnaGray, Blue, Purple, Green
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 1
CPUOcta-core (1x3.00 GHz Cortex-X2 & 3x2.50 GHz Cortex-A710 & 4x1.80 GHz Cortex-A510)
GPUAdreno 730
RAM8GB/12GB
Memori Internal128GB/256GB
Memori Eksternal-
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + 50 MP + 50 MP
FiturDual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video[email protected] (HDR), [email protected]/60fps (HDR10+), [email protected]/120/240/960fps, [email protected], gyro-EIS
Kamera Depan
Resolusi32 MP
FiturHDR, panorama
Video[email protected]/60fps, [email protected], HDR10+
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceMIUI 13
Baterai
Kapasitas4600 mAh
ChargingFast charging 120W + Fast wireless charging 50W + Reverse wireless charging 10W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6 or 6e (market dependent), dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.2, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
FingerprintFingerprint (under display, optical)
GyroYa

Harga Xiaomi 12 Pro

Pada saat peluncuran perdana, Xiaomi hanya memperkenalkan satu varian Xiaomi 12 Pro yang dibanderol dengan harga Rp. 13.099.000 untuk versi 12/256 GB. Namun saat ini, kamu bisa mendapatkan ponsel ini dengan harga mulai Rp. 12.425.600 jutaan saja di pasaran baik online maupun oflline.

Kelebihan Xiaomi 12 Pro

1. Layar Berteknologi Tinggi

Xiaomi 12 Pro ini hadir dengan panel AMOLED 6.73 inci dengan resolusi WQHD+ (3.200 x 1.440 piksel). Bentang layarnya sudah sangat oke untuk keperluan menonton film atau aktivitas lainnya.

Layarnya juga sudah mendukung fitur adaptive refresh rate 1 – 120 Hz. Fitur ini memungkinkan ponsel untuk bisa menyesuaikan kecepatan refresh rate sesuai dengan kebutuhan atau aplikasi yang digunakan. Selain itu, touch sampling rate di angka 480 Hz.

Untuk tingkat kecerahannya, smartphone ini mencapai 1.500 nits. Cukup tinggi level brightness-nya dibandingkan dengan kompetitor di kelas harganya. Dengan kata lain, layar ponsel masih terlihat jelas meski berada di bawah terik matahari.

Layar ponsel ini juga sudah mendukung in-display fingerprint yang menjadi ciri khas ponsel-ponsel flagship. Ponsel ini juga menggunakan bentuk punch hole yang terletak di atas tengah layarnya.

Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus.

2. Kamera Beresolusi Tinggi

Pada sektor kamera, Xiaomi 12 Pro ini mengusung konfigurasi 3 kamera pada bagian belakang, yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultra wide 50 MP, dan kamera telefoto 50 MP. Konfigurasi tiga kamera tersebut menawarkan kualitas foto yang jernih, bening dan menawan.

Kamu bisa menggunakan kamera telefoto untuk membidik objek dari kejauhan dengan kualitas gambar yang menawan. Kamera ultra wide juga menawarkan tangkapan layar yang lebih luas dengan kualitas gambar yang jernih.

Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik seperti Xiaomi ProFocus, Ultra Night Photo, mode long exposure dengan enam efek, dan yang lainnya.  fitur ProFocus ini akan memudahkan kamu membidik objek bergerak dengan maksimal.   

3. Chipset Bertenaga dengan Performa Tinggi

Xiaomi 12 Pro ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1 dengan fabrikasi 4nm. Prosesor ini mempunyai CPU octa-core yang memiliki kecepatan hingga 3.0 Gz. Untuk grafisnya, Xiaomi membenamkan GPU Adreno 730.

Tidak mengherankan jika performa ponsel ini cukup impresif untuk berbagai kegiatan baik mendukung produktivitas harian maupun main game. Grafisnya pun juga maksimal sehingga menghasilkan layar ponsel yang menawan.

Chipset tersebut berpadu dengan RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Koombinasi dapur pacu tersebut bisa kamu andalkan untuk berbagai kebutuhan dengan ponsel.

Mau main game? Tentu saja bisa. game-game mainstream bisa kamu libas dengan pengaturan maksimal tanpa adanya lagging.

4. Sistem Pengisian Daya Terbaik

Xiaomi 12 Pro mengusung baterai berkapasitas 4.600 mAh dengan teknologi HyperCharge 120W. Kapasitas baterai tergolong jumbo untuk ponsel kelas flagship dan ditopang dengan teknologi pengisian daya cepat,  maka kamu tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat menggunakan ponsel seharian.

Teknologi fast charging ini diklaim hanya membutuhkan waktu 18 menit untuk pengisian dari 0-100% dengan menggunakan mode boost. Jika kamu menggunakan mode standard, maka hanya membutuhkan waktu 24 menit saja.

Xiaomi 12 Pro ini juga sudah dilengkapi dengan wireless charging 50W. Teknologi ini memungkinkan ponsel terisi dayanya tanpa terhubung dengan kabel listrik.

5. Fitur-fitur Berteknologi Tinggi

Xiaomi 12 Pro juga membawa fitur-fitur berteknologi tinggi yang kamu tidak bisa temukan di ponsel lainnya. Salah satunya adalah speaker Dolby Atmos yang berjumlah 4. Speaker besutan Harman/Kardon itu menawarkan kualitas suara yang jernih.

Selain itu, ada sistem pendingin LiquidCool yang akan menjaga suhu tetap stabil meskipun kamu menggunakannya untuk pekerjaan yang berat, seperti main game, live video, atau lainnya. Fitur-fitur lainnya seperti dukungan 5G, NFC, WiFi 6, Bluetooth 5.2 juga sudah dibawa oleh ponsel besutan Xiaomi ini.  

Kekurangan Xiaomi 12 Pro

1. Tidak Tersedia Slot microSD

Xiaomi 12 Pro memang sudah mengusung penyimpanan internal 256 GB. Namun, penyimpanan tersebut dirasa kurang, terlebih jika kamu menggunakannya untuk pengambilan foto, video, maupun game-game.

Seharusnya, Xiaomi memberikan opsi penyimpanan internal 512 GB atau setidaknya menyediakan slot penyimpanan eksternal melalui microSD.

Dengan adanya opsi penyimpanan eksternal tersebut pengguna pun juga bisa mempunyai kepasitas lebih untuk menyimpan file-file besar tanpa khawatir kehabis penyimpanan.

2. Belum Mempunyai Fitur Tahan Debu dan Air

Sangat disayangkan, sekelas ponsel flagship  belum dibekali dengan fiur anti debu dan air yang bersertifikasi baik IP53, IP67, atau IP68. Dengan kata lain, kamu harus berhati-hati menggunakan ponsel ini ketika berada di luar ruangan.

Meski pada bagian bawa sudah ada lapisan karet untuk meminimalisir air masuk, tapi fitur anti air tersebut masih kurang. Xiaomi seharusnya memberikan fitur anti air dan debu yang terbaik sesuai dengan kelasnya.

3. Adanya Pembatasan Performa Gaming

Meski sudah ditenagai chipset bertenaga, Pihak Xiaomi membatasinya performa gaming-nya untuk mencegah overheat. Di satu sisi, hal tersebut akan membuat ponselnya bisa bertahan dalam jangka yang lebih panjang.

Namun pembatasan tersebut akan mempengaruhi performa bermain game. Meskipun tidak semua game akan terpengaruh dengan pembatasan tersebut.  

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.