Xiaomi 12S Ultra: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

PublicaXiaomi 12S Ultra merupakan jawaban yang tepat bagi pengguna yang mementingkan aspek fotografi. Bukan main-main, Xiaomi menjadikan ponsel flagship-nya layaknya kamera mirrorless yang mana lensa bisa lepas-pasang secara mudah.

Ini merupakan daya tarik tersendiri yang mungkin tidak ditemukan pada ponsel flagship lainnya. Xiaomi menyematkan modul kamera yang berbentuk bulat yang bisa dipasangi lensa eksternal Leica.

Maka tidak mengherankan, jika Xiaomi sendiri menyebut ponsel ini dengan Xiaomi 12S Ultra Concept. Selain menawarkan sektor kamera yang istimewa, apa saja kelebihan dan kekuranganya? Bagaimana spesifikasi dan harga Xiaomi 12S Ultra?

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.   

Spesifikasi Xiaomi 12S Ultra

Umum
BrandXiaomi
Tahun RilisJuli 2022
Layar
PanelLTPO2 AMOLED
Ukuran6.73 inci
Resolusi1440 x 3200 px
Refresh Rate120Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass Victus
Desain
Dimensi163.2 x 75 x 9.1 mm
Berat225 g
MaterialGlass front (Gorilla Glass Victus), eco leather back, aluminum frame
Pilihan WarnaBlack, Dark Green
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
CPUOcta-core (1x3.19 GHz Cortex-X2 & 3x2.75 GHz Cortex-A710 & 4x1.80 GHz Cortex-A510)
GPUAdreno 730
RAM8GB/12GB
Memori Internal256GB/512GB
Memori Eksternal-
Kamera Belakang
Resolusi50.3 MP + 48 MP + 48 MP
FiturLeica lenses, Dual-LED flash, HDR, panorama
Video[email protected], [email protected]/60fps, [email protected]/60/120/240fps, [email protected], gyro-EIS, Dolby Vision HDR 10-bit rec. (4K, 1080p)
Kamera Depan
Resolusi32 MP
FiturHDR, panorama
VideoYa
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceMIUI 13
Baterai
Kapasitas4860 mAh
ChargingFast charging 67W + Fast wireless charging 50W + Reverse wireless charging 10W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA
NFCYa
Bluetooth5.2, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
SertifikasiIP68 (Tahan debu dan air hingga 1,5m selama 30 menit)
FingerprintFingerprint (under display, optical)
GyroYa

Xiaomi meluncurkan produk 12 series secara global pada bulan Juli 2022 kemarin. Adapun produk yang diluncurkan salah satunya Xiaomi 12S Ultra yang merupakan varian tertinggi dibanding lainnya.

Xiaomi 12S Ultra ini mempunyai bobot 225 gram dengan ketebalan 9.1 mm. Bisa dikatakan baik bobot maupun dimensinya tidak tergolong ponsel yang ringan dan ramping. Namun ukuran dan beratnya dianggap sesuai dengan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan.

Pada sektor layar, ponsel ini mengusung panel AMOLED LTPO 2.0 dengan bentang layar 6.73 inci. Perbandingan rasio layarnya 20:9 serta didukung dengan resolusi 2.000 piksel. Layar tersebut cukup memanjakan mata untuk kebutuhan ponsel sehari-hari.

Seperti halnya ponsel kelas flagship, Xiaomi 12S Ultra ini juga menyematkan punch hole yang memuat kamera selfie 32 MP. Sementara pada bagian punggung, terdapat modul kamera dengan bentuk bulatan besar yang memuat konfigurasi 3 kamera, termasuk kamera utama 50 MP, kamera ultra wide 48 MP dan kamera telefoto 48 MP.

Ponsel flagship besutan Xiaomi ini ditenagai chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dari Qualcomm dengan fabrikasi 4 nm dan CPU clockspeed hingga 3.2 Hz.

Chipset tersebut berpadu dengan opsi RAM LPPDR 5, yakni 8 GB dan 12 GB. Sementara itu, opsi memori internalnya adalah 256 GB dan 512 GB.

Untuk sektor daya, Xiaomi 12S Ultra ini ditopang baterai berkapasitas 4.860 mAh dengan teknologi pengisian cepat 67W. Selain dengan kabel, ponsel ini juga sudah mendukung pengisian daya wireless.

Xiaomi 12S Ultra sudah berjalan menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI 13. Ada dua opsi warna yang bisa dipilih yakni Dark Green dan Black.  

Harga Xiaomi 12S Ultra

Berapa harga Xiaomi 12S Ultra? Di pasar global, ponsel besutan Xiaomi ini dibanderol dengan harga sekitar 950 euro (kurang lebih 14,8 juta rupiah) untuk varian terendah, 8GB/256GB.

Namun, belum ada informasi resmi apakah  ponsel flagship tersebut akan dijual di Indonesia atau tidak.

Kelebihan Xiaomi 12S Ultra

1. Setup Kamera belakang istimewa

Banyak ponsel berlabel flagship yang menawarkan kamera berkelas. Namun, Xiaomi 12S Ultra ini menawarkan setup kamera yang istimewa. Bagi pecinta fotografi, tentu ponsel besutan Xiaomi ini wajib menjadi perhatian.

Pada bagian punggung, kamera utama mengusung lensa 50 MP yang menggunakan sensor Sony IMX 989 dengan ukuran 1 inci. Lensa ini tergolong spesial mengingat baru kali ini Sony merilis lensa dengan ukuran tersebut, biasanya lebih kecil.

Lensa utama tersebut menghadirkan fitur lengkap termasuk Dual Pixel PDAF, Laser AF dan OIS. Yang menarik, kamera tersebut mendukung perekaman video hingga 8K dengan fitur Gyro-EIS. Ini juga yang menjadi selling point yang jarang ditemukan pada kompetitornya.

Selain kamera utama, kamera telefoto 48 MP juga disematkan. Kamera tersebut dibekali fitur IOS dan stabilisasi video serta menawarkan 5X optical zoom camera. Pengguna bisa membidik objek foto dari jarak jauh dengan kualitas gambar yang jernih dan detail. Ada juga kamera ultra wide 48 MP yang menawarkan bidang pandang hingga 128 derajat.

Setup kamera belakang tersebut semuanya menggunakan lensa Leica Summicron. Ya, Xiaomi menggandeng pabrikan lensa asal Jerman, Leica untuk memberikan kualitas foto dan video yang terbaik.

 2. Layar AMOLED LTPO 2.0 dengan Dolby Vision

Xiaomi 12S Ultra ini dibekali dengan layar AMOLED LTPO 2.0 yang impresif. Dengan bentang 6,73 inci, layar tersebut sudah mendukung resolusi 1440 x 3200 piksel dengan kepadatan layar 522 ppi.

Layar tersebut juga sudah mendukung warna 1B, Dolby Vision dan HDR10+ yang mana menawarkan tampilan yang menawan dan nyaman dipandang mata. Tingkat kecerahan layar maksimal mencapai 1500 nits.

Untuk kecepatan layar, ponsel ini sudah mendukung refresh rate maksimum 120 Hz. Untuk perlindungan dari gesekan maupun goresan, layar sudah terproteksi dengan Corning Gorilla Glass Victus.

3. Dapur Pacu Bertenaga

Xiaomi 12S Ultra ini dipersenjatai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 dibekali CPU dengan clockspeed 3.2 Ghz. Chipset tersebut merupakan salah satu yang terkencang di tahun 2022 ini.

Dapur pacu tersebut sangat bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan harian mulai dari yang ringan-ringan seperti mengirim pesan, membuka aplikasi atau social media hingga penggunaan berat yakni bermain gim atau merekam video.

Untuk meningkatkan performa agar tetap yang terbaik, chipset tersebut dipadankan dengan opsi RAM 8 GB dan 12 GB LPDDR5 yang mampu mengirimkan data dengan kecepatan 6.400 mb/ss dan penyimpanan internal dengan opsi 256 GB dan 512 GB UFS 3.1 yang mampu membaca file dengan cepat dan baik.

Dengan konfigurasi dapur pacu tersebut, kamu bisa menggunakan ponsel ini dalam segala kebutuhan, termasuk memainkan gim-gim mainstream dengan pengaturan terbaik, tanpa adanya laging atau frame drop sama sekali.

 4. Daya baterai awet dan charging tergolong cepat

Xiaomi 12S Ultra hadir dengan baterai berkapasitas 4860 mAH yang bisa diandalkan untuk mendukung aktivitas harian tanpa khawatir kehabisan daya.

Bagaimana dengan pengisian dayanya? Ponsel ini membawa fitur fast charging 67W dengan kabel dan 50W tanpa kabel.

Untuk pengisian 0%-100% dengan kabel, pengisian daya diklaim hanya membutuhkan waktu 41 menit. Sementara untuk pengisian tanpa kabel (wireless) membutuhkan waktu 52 menit. Kedua jenis pengisian daya tersebut sama-sama memberikan kecepatan yang cukup impresif.

Selain itu, ponsel ini juga mendukung reverse charging 10W yang bisa difungsikan sebagai penyuplai daya atau power bank.

5. Hadir dengan stereo speaker

Sudah semestinya ponsel kelas flagship hadir dengan speaker stereo. Namun yang membuat Xiaomi 12S Ultra ini menarik karena speaker-nya besutan dari Harman Kardon yang sudah terkenal akan output suaranya yang jernih, jelas dan nyaring.

Speaker tersebut menghadirkan suara yang lantang namun tetap nyaring baik untuk menonton video, main gim, atau mendengarkan musik tanpa earphone.

6. Keseluruhan bodi premium

Bagian depan layar dilindungi oleh kaca pelindung dari Corning Gorilla Glass Victus. Sementara bagian punggung, menawarkan material eco leather yang menawarkan kesan premium dan elegan. Bodi tersebut juga dilindungi oleh anti debu dan air dengan sertifikasi IP68.

Kekurangan Xiaomi 12S Ultra

1. Bodi cukup berat

Dengan bobot 225 gram dan dimensi 163.2 x 75 x 9.1 mm, bodi Xiaomi 12S Ultra ini tergolong cukup berat dan tidak ramping. Sebagian besar ponsel hadir dengan bobot yang tidak lebih dari 200 gram.

Dalam genggaman memang akan terasa mantap, namun tidak semua orang nyaman dengan bobot dan juga dimensinya. Banyak pengguna yang sedikit kesulitan membawa ponsel ini dalam satu genggaman tangan.

2. Tidak ada microSD

Xiaomi 12S Ultra ini sudah menawarkan penyimpanan internal 256 GB dan 512 GB yang sebenarnya cukup lega, baik untuk pemasangan aplikasi maupun penyimpanan berkas. Namun demikian, banyak pengguna juga yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih lega.

Sayangnya slot microSD dihilangkan sehingga tidak ada opsi penyimpanan tambahan secara eksternal.  

3. Masih menggunakan USB Type C 2.0

Penggunaan USB Type C 2.0 untuk ponsel kelas flagship rasanya sudah cukup ketinggalan. Hal tersebut karena sudah ada versi terbaru, yakni USB Type C 3.0 atau di atasnya.

Dengan menggunakan USB versi terbaru, maka kecepatan dalam mengirim data pun juga akan lebih cepat lebih signifikan. Penggunaan versi terbaru juga akan lebih efesien dalam hal penggunaan maupun menghemat daya.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.