Xiaomi 12T 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

PublicaXiaomi secara resmi memperkenalkan ponsel  flagship terbarunya, Xiaomi 12T 5G pada awal Desember 2022. Xiaomi 12T ini menawarkan keunggulan pada sektor kamera. Ponsel ini menawarkan spesifikasi kamera yang bisa diandalkan untuk mengabadikan setiap momen.

Tentu saja, selain sektor kamera yang menjadi daya tarik utama, Xiaomi 12T 5G membawa spesifikasi dan fitur-ftur khas ponsel flagship di tahun 2022 akhir. Nah, apakah ponsel ini layak untuk dibeli? Apakah spesifikasi dan fiturnya setara dengan harga yang ditawarkan?

Yuk kita simak ulasan lengkap Xiaomi 12T 5G ini.

Spesifikasi Xiaomi 12T 5G

Umum
BrandXiaomi
Tahun RilisOktober 2022
Layar
PanelAMOLED
Ukuran6.67 inci
Resolusi1220 x 2712 px
Refresh Rate120Hz
PerlindunganCorning Gorilla Glass 5
Desain
Dimensi163.1 x 75.9 x 8.6 mm
Berat202 g
Material-
Pilihan WarnaBlack, Silver, Blue
Hardware
ChipsetMediaTek Dimensity 8100-Ultra
CPUOcta-core (4x2.85 GHz Cortex-A78 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
GPUMali-G610 MC6
RAM8GB
Memori Internal128GB/256GB
Memori Eksternal-
Kamera Belakang
Resolusi108 MP + 8 MP + 2 MP
FiturDual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video[email protected], [email protected]/60/120/240fps, HDR
Kamera Depan
Resolusi20 MP
FiturHDR, panorama
Video[email protected]/60fps, HDR
Software
Sistem OperasiAndroid 12
InterfaceMIUI 13
Baterai
Kapasitas5000 mAh
ChargingFast charging 120W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.3, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
FingerprintFingerprint (under display, optical)
GyroYa

Xiaomi 12T 5G mengusung panel CystalRes AMOLED DotDisplay 6.67 inci. Layar tersebut sudah mendukung refresh rate hingga 120 Hz dengan teknologi Adaptive Synch. Selain itu, layar tersebut juga sudah mendukung touch sampling rate hingga 480 Hz.

Sektor kamera menjadi daya tarik utama pada ponsel ini. Dibekali dengan kamera utama 108 MP dengan sensor ISOCELL HM6, ponsel ini menawarkan hasil kamera dan video yang detail untuk setiap momen. Kamera tersebut juga sudah membawa fitur OIS untuk hasil yang lebih terang, jelas, dan pastinya tajam.

Kamera utama tersebut didampingi dengan kamera ultra-wide 8 MP dan kamera makro 2 MP. Pada bagian depan, ponsel ini juga membenamkan kamera selfie 20 MP yang mumpuni untuk swafoto maupun video vlog.

Pada sektor performa, Xiaomi 12T ini dibekali dengan chipset MediaTek Dimensity 8100 Ultra dengan fabrikasi TSMC 5nm. Chipset tersebut dipadankan dengan opsi RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Ponsel ini sudah berjalan menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI 13.

Di lini daya, Xiaomi membenamkan 5.000 mAh yang mendukung teknologi fitur pengisian cepat Smart 120W Hypercharge. Ponsel flagship terbaru besutan Xiaomi ini hadir dengan dua opsi warna Blue dan Black

Harga Xiaomi 12T 5G

Xiaomi 12T ini dibanderol dengan harga Rp 6.599.000. Ponsel tersebut bisa didapatkan dengan sistem pre-order hingga 8 Desember 2022 baik di toko online maupun offline.

Untuk toko online, ponsel ini bisa didapatkan di Mi.com, Tokopedia, dan marketplace lainnya. Sementara itu, pembelian offline bisa dilakukan di Xiaomi Store, Xiaomi Shop, dan juga Erafone.

Kelebihan Xiaomi 12T 5G

1. Kamera 108 MP Ultra-jernih

Daya tarik utama Xiaomi 12T ini adalah kamera beresolusi tinggi dengan fitur OIS untuk kualitas foto yang ultra jernih. Dukungan spesifikasi kamera terbaik dan berteknologi tinggi tersebut, menawarkan hasil foto maupun video yang terbaik baik pada waktu siang hari maupun malam hari.

Selain itu, ponsel ini juga membawa kamera ultra wide 8 MP yang menawarkan tangkapan gambar yang lebih luas. Pengguna bisa mendapatkan sudut hingga 120 derajat yang mana sangat cocok untuk mengabadikan momen bersama orang-orang tercinta.

Kamera tersebut juga sudah mendukung opsi perekaman video hingga [email protected] dan video lambat hingga 960fps. Fitur-fitur khas ponsel flagship seperti time-lapse pro, ultra night video, One-click AI camera, dan banyak fitur menarik lainnya.

Kamera depan 20 MP juga menawarkan kualitas yang memadai. Dengan fitur foto maupun video terbaik, kamera depan ini mendukung video hingga [email protected] dan video lambat hingga [email protected]

2. Layar CrystalRes AMOLED dengan teknologi terkini

Xiaomi 12T ini mengusung panel CystalRes AMOLED dengan bentang 6.67 inci.  Layar tersebut mendukung refresh rate hingga 120 Hz dengan fitur Adaptive Sync. Resolusi layar 1220 x 2712 piksel dan mempunyai kepadatan layar 446 ppi.

Fitur membuat layar menyesuaikan kecepatan layar mulai dari 30 Hz, 60 Hz, 90 Hz hingga 120 Hz. Adanya fitur tersebut juga menghemat daya baterai karena penggunaan layar.

Layar ini juga mempunyai touch sampling rate hingga 480 Hz dengan dukungan lebih dari 68 miliar warna. Untuk kecerahan standar, kecerahan layar diangka 500 nit, dan bisa mencapai puncak hingga 900 nit. Tingkat tersebut membuat layar terlihat dengan jelas meski berada di bawah terik sinar matahari.

Layarnya juga sudah terproteksi dengan Corning Gorilla Glass 5 dan mendukung HDR10+, True Display, Mode Sunlight dan lainnya. Teknologi layar tersebut menawarkan kualitas layar yang tajam, jernih, dan terang serta memanjakan mata pada setiap penggunaan.

3. Chipset Custom MediaTek Dimensity 8100-Ultra

Kinerja Xiaomi 12T ditopang oleh chipset custom Dimensity 8100-Ultra dari MediaTek. Chipset ini hadir dengan arsitektur 5nm dan dibekali dengan struktur GPU yang terbaru. Dengan kombinasi jeroan tersebut, performa ponsel akan lebih kencang sekaligus menawarkan efisiensi daya yang cukup signifikan hingga, 30%.

Chipset tersebut menawarkan performa yang kencang baik, termasuk konektivitas 5G. untuk memaksimalkan performanya, chipset ini berpadu dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Dapur pacu ini juga hadir dengan sistem pendingin dengan teknologi Vapor Chamber terbesar di ponsel T series. Dengan teknologi tersebut, pengguna bisa menggunakan ponsel dengan suhu yang stabil, tanpa adanya panas berlebih, meskipun digunakan untuk heavy duty tasks.

Gim-gim mainstream seperti PUBG Mobiles, Mobile Legends, Real Racing 3, Genshin Impact dan gim-gim lainnya pun bisa dengan lancar dimainkan melalui Xiaomi 12T ini.  Suhu ponsel untuk bermain gim pun juga tidak terlalu overheat.

Performa chipset tetap terjaga tanpa menggunakan kipas tambahan.

4. Charging hingga full hanya 21 menit

Xiaomi 12T ini hadir dengan fitur Smart 120W Hypercharge. Dengan fitur tersebut, daya baterai dari 0%-100% diklaim bisa terisi hanya dalam waktu 21 menit saja. Tentu saja, kecepatan pengisian daya ini cukup impresif di kelasnya.

Selain itu, pengisian daya juga akan lebih aman berkat 42 fitur keamanan dan 9 sensor termal. Fitur keamanan tersebut menjaga aliran daya dari serta melindungi colokan dan baterai hingga 800 kali siklus pengisian.

Pengguna pun tidak perlu menunggu lama agar daya ponsel terisi penuh. Durasi pengisian daya 21 menit itu tergolong singkat untuk ponsel di kelas harganya.

 5. Ada fitur Extended RAM

Ponsel ini hanya menawarkan satu varian 8/256 GB saja. Sekelas ponsel flagship, opsi RAM 8 GB memang tidak tergolong besar. Namun jika kapasitas RAM tersebut masih kurang, Xiaomi menawarkan fitur extended RAM hingga 4 GB.

Ya, RAM masih bisa diperluas dengan tambahan virtual RAM hingga 4 GB yang diambil dari memori penyimpanan yang tidak digunakan. Fitur ini patut diapresiasi kehadirannya mengingat banyak ponsel kelas atas yang menghilangkannya.

6. Speaker stereo dari Dolby Atmos

Ponsel ini juga menawarkan dual stereo speaker dari Dolby Atmos yang akan memanjakan telinga penggunanya. Speaker menghasilkan suara yang lantang, jernih, dan tidak cempreng baik saat digunakan untuk memutar video, nonton film, hingga bermain gim.

Dengan audio yang jernih dan berkualitas tinggi, pengguna bisa lebih nyaman dan seru saat mendengarkan musik hingga bermain gim.

Kekurangan Xiaomi 12T 5G

1. Tidak ada slot microSD

Meski membawa fitur extended RAM, Xiaomi 12T menghilangkan slot microSD untuk penyimpanan eksternal. Kapasitas RAM 256 GB yang sebenarnya cukup lega dan memadai untuk instal aplikasi atau menyimpan file-file.

Namun sebagian pengguna merasa kapasitas tersebut mash terasa kurang, khususnya untuk menyimpan file-file dalam ukuran yang besar, seperti hasil foto, video, aplikasi gim dan yang lainnya.

2. Tanpa pengisian daya Nirkabel

Xiaomi menawarkan fitur fast charging 120W yang sangat impresif. Sayangnya, Xiaomi tidak menawarkan fitur pengisian tanpa kabel (wireless). Kompetitornya di kelas harganya sudah menawarkan dua opsi pengisian daya baik dengan kabel maupun tanpa kabel.

Xiaomi bisa memberikan fitur pengisian daya nirkabel 50W agar memudahkan pengguna saat melakukan pengisian daya.

3. Tidak ada jack audio 3.5 mm

Xiaomi 12T ini juga tidak memberikan colokan audio 3.5 mm. Meski bisa menggunakan colokan USB Type C sebagai gantinya, ini pastinya juga merepotkan bagi pengguna.

Hal tersebut karena earphone dengan colokan USB Type C ini juga tidak sebanyak yang menggunakan colokan audio 3.5 mm.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.