Xiaomi 13 Series Bakal Usung Snapdragon 8 Gen 2 dan MIUI 14

Publica — Beberapa hari yang lalu, Xiaomi secara resmi mengumumkan tanggal peluncuran Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro. Kedua ponsel flagship tersebut akan dirilis pertama kali di Cina pada 1 Desember. Acara perilisan Xiaomi 13 series ini juga sekaligus untuk memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka, MIUI 14.

Tak berselang lama setelah pengumuman tanggal peluncuran, hari ini, Xiaomi kembali membuat pengumuman untuk membocorkan sedikit spesifikasi smartphone flagships terbarunya ini

Seperti rumor yang sebelumnya beredar, Xiaomi akhirnya mengonfirmasi jika kedua ponsel ini akan mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2. Konfirmasi resmi dari Xiaomi bisa dilihat dari beberapa teaser di Weibo yang mengonfirmasi penggunaan Snapdragon 8 Gen 2 dalam Xiaomi 13 series.

Xiaomi 13 1

Xiaomi menyebutkan bahwa performa multi-core CPU terbaru ini 37% memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, kinerja GPU juga mengalami peningkatan hingga 42%. 

Snapdragon 8 Gen 2 sendiri masih mempertahankan manufaktur 4nm namun memikiki peningkatan pada beberapa hal. Chipset ini memiliki 1 x ARM Cortex-X3 pada 3,2 GHz, 2 x ARM Cortex-A715 dan 2 x ARM Cortex-A710 core pada 2,8 GHz, dan tiga inti ARM Cortex-A510 dengan kecepatan mencapai 2 GHz.

Sesuai informasi yang diberikan, Xiaomi 13 juga akan hadir dengan layar OLED datar, sementara untuk varian Pro akan memiliki layar dengan ujung yang melengkung.

Kedua ponsel ini juga akan dilengkapi dengan pengisan daya cepat. Xiaomi 13 akan mengusung pengisian cepat 67W, sementara varian Pro mengusung pengisian daya cepat hingga 120W.

Menariknya lagi, kedua ponsel ini akan mengusung sistem operasi terbaru dari Xiaomi, yakni MIUI 14. Artinya, Xiaomi 13 series akan menjadi ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi terbaru.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.