Xiaomi 13: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Publica — Akhir tahun 2022 kemarin, Xiaomi resmi merilis smartphone kelas atas mereka, Xiaomi 13 series di pasar China. Tentu saja, banyak pencinta gadget yang menanti-nanti gebrakan yang dibawa oleh smartphone flaghsip ini.

Xiaomi 13 ini membawa daya tarik utama kepada konsumen, khususnya pada sektor kamera dari pabrikan ternama asal Jerman, Leica,  dapur pacu Snapdragon 8 Gen 2, dan layarnya yang menawan.

Sayangnya, belum ada kabar pasti terkait dengan peluncuran Xiaomi 13 di Indonesia. Namun, kabarnya kuartal I 2023, smartphone ini bakal bisa kamu dapatkan.

Apakah smartphone kelas atas besutan Xiaomi ini layak beli? Daripada penasaran, yuk kita review Xiaomi 13, termasuk kelebihan dan kekurangan Xiaomi 13.

Spesifikasi Xiaomi 13

Umum
BrandXiaomi
Tahun RilisDesember 2022
Layar
PanelOLED
Ukuran6.36 inci
Resolusi1080 x 2400 px
Refresh Rate120Hz
Perlindungan-
Desain
Dimensi152.8 x 71.5 x 8.0 mm
Berat185 g
MaterialGlass front, glass back or silicone polymer back, aluminum frame
Pilihan WarnaWhite, Black, Flora Green, Mountain Blue, Red, Blue, Yellow, Green, Gray
Hardware
ChipsetQualcomm Snapdragon 8 Gen 2
CPUOcta-core (1x3.2 GHz Cortex-X3 & 2x2.8 GHz Cortex-A715 & 2x2.8 GHz Cortex-A710 & 3x2.0 GHz Cortex-A510)
GPUAdreno 740
RAM8GB/12GB
Memori Internal128GB/256GB/512GB
Memori Eksternal-
Kamera Belakang
Resolusi50 MP + 10 MP + 12 MP
FiturLeica lens, Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Video[email protected] (HDR), [email protected]/30/60fps (HDR10+, 10-bit Dolby Vision HDR, 10-bit LOG), [email protected]/120/240/960fps, [email protected], gyro-EIS
Kamera Depan
Resolusi32 MP
FiturHDR, panorama
Video[email protected]
Software
Sistem OperasiAndroid 13
InterfaceMIUI 14
Baterai
Kapasitas4500 mAh
ChargingFast charging 67W + Fast wireless charging 50W + Reverse wireless charging 10W
Jaringan
Slot Kartu SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
5GYa
WIFIWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, dual-band, Wi-Fi Direct
NFCYa
Bluetooth5.3, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0, OTG
Lainnya
SertifikasiIP68 (Tahan debu dan air hingga 1,5m selama 30 menit)
FingerprintFingerprint (under display, optical)
GyroYa

Harga Xiaomi 13

Di negeri Tirai Bambu, Xiaomi 13 hadir dalam 3 varian yang mempunyai harga yang berbeda-beda sebagai berikut:

  • Xiaomi 13 8/128 GB dibanderol 3.999 Yuan ( sekitar Rp 8.9 juta)
  • Xiaomi 13 8/256 GB dihargai 4.299 Yuan (sekitar Rp 9.6 juta)
  • Xiaomi 13 12/256 GB dihargai 4.599 Yuan ( sekitar Rp 10.3 juta)
  • Xiaomi 13 12/512 GB dibanderol dengan harga 4.999 Yuan ( sekitar Rp 11.2 juta)

Kami belum bisa memberikan harga pastinya mengingat smartphone ini belum resmi apakah akan dirilis di Indonesia atau tidak.

Namun mengingat pabrikan asal China tersebut selalu merilis produk kelas atas mereka di Indonesia, bukan tidak mungkin smartphone ini juga akan resmi diperdagangkan di Indonesia.

Kelebihan Xiaomi 13

1. Kamera Mantap dari Leica

Sektor kamera menjadi kelebihan Xiaomi 13 ini. Smartphone ini dibekali konfigurasi 3 kamera belakang. Ada kamera utama 50 MP yang sudah mendukung Optical Image Stabilization (OIS). Ada juga kamera telephoto 10 MP yang mempunyai kemampuan 3.2 optical zoom serta kamera ultra wide 12 MP dengan sudut tangkapan 120 derajat.

Bagaimana kualitas kameranya? Jelas kamera besutan Leica tidak pernah mengecewakan. Gambarnya detail, saturasi warna bagus, dan dynamic range-nya juga luas.

Bahkan, ada yang membandingkan kualitas kamera Xiaomi 13 dengan iPhone 14 dan hasilnya pun tidak kalah mantapnya. Malahan, di beberapa kondisi, kamera Xiaomi 13 lebih unggul dibandingkan dengan iPhone 14.

Tidak hanya itu saja, kameranya juga sudah mendukung perekaman video hingga [email protected] fps dan [email protected]/30/60fps. Ini mantap sekali. ada juga fitur gyro-EIS pada resolusi video 8K yang membuat perekaman video lebih stabil tanpa ada goncangan.

Sementara itu, kamera depan membawa lensa 32 MP yang cukup mantap untuk memenuhi hasrat foto selfie, maupun vlogging. Kamera depan mendukung perekaman video hingga 1080p 30fps.

2. Chipset Terbaru, Snapdragon 8 Gen2

Kelebihan Xiaomi 13 adalah pada dapur pacunya. Ya, smartphone flagship ini ditenagai dengan System on Chip (SoC) terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 8 Gen2. Tentu saja, SoC ini membawa peningkatan dibandingkan dengan versi 8 Gen1 yang diklaim mudah panas.

SoC tersebut berpadu dengan opsi RAM 8 dan 12 GB LPDDR5 dan memori internal 128, 256, dan 512 GB UFS 4.0.

Konfigurasi chipset tersebut menghasilkan skor AnTuTu yang tergolong tinggi, mencapai 1256708. Bahkan skor tersebut bisa lebih tinggi dibandingkan dengan Xiaomi 12S Ultra yang mengantongi skor 1053425.

Artinya, Chipset Snapdragon 8 Gen2 ini memang menawarkan performa yang gahar dan ngebut untuk segala kebutuhan, mulai dari penggunaan casual hingga penggunaan berat seperti gaming. Harusnya, performa gamingnya sudah tidak diragukan lagi.

Performa chipset-nya bisa optimal, tanpa adanya limit saat digunakan bermain game. Genshin Impact dengan pengaturan tampilan tertinggi mendapatkan rata-rata frame rate 60 fps stabil tanpa adanya kendala.

Game sekelas Genshin Impact yang notabene tergolong game berat saja sudah sangat stabil performanya. Harusnya untuk memainkan game-game lain seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Asphalt, dan lainnya bisa berjalan dengan mulus tanpa adanya frame drop.

Xiaomi juga memberikan fitur Game Turbo untuk mengoptimalkan performanya serta memberikan tampilan gambar yang lebih tajam serta halus. Fitur ini pastinya memanjakan para gamers.

Untuk sistem operasinya, Xiaomi 13 berjalan pada antamuka MIUI 14 berbasis Android 13.

3. Desain Elegan Khas Flagship

Kelebihan Xiaomi 13 adalah pada desainnya. Di China, smartphone ini hadir dalam beberapa opsi warna, diantaranya Black, White, Light Blue, dan Green. Menariknya, Xiaomi juga memberikan warna khusus seperti Cement Gray, Jungle Green, Hurricane Yellow, Sapphire Blue, and Flame Red.

Warna Light Blue ini cocok bagi kamu yang suka warna kalem dan tidak terlalu mencolok. Nah, warna Hitam, atau Flame Red ini cocok banget buat kamu yang suka warna gonjreng yang unik. Material yang digunakan pada back cover-nya terbuat dari kaca, yang memberikan tampilan glossy dan berkilau.

Frame bodi juga flat yang membuatnya lebih compact namun tetap nyaman digenggam. Sementara itu, smarphone ini berbobot 185 gram dengan ketebalan 8.1 mm. Cukup ringan dan ramping untuk kelas smartphone flagship.

Pada bagian belakang juga terdapat tiga buah kamera yang berada pada modul persegi yang berwarna hitam.

Beralih ke bagian depan, Xiaomi 13 hadir dengan bezel yang tipis. Dukungan tersebut juga membuat smartphone ini terlihat premium. Xiaomi juga menggunakan notch dengan bentuk punch hole untuk rumah kamera depan.

4. Layar AMOLED 120 Hz

Sektor layar juga menjadi kelebihan Xiaomi 13. Smartphone ini mengusung panel AMOLED 6.36 inci dengan resolusi Full HD+. Tak tangung-tanggung, Xiaomi juga membenamkan refresh rate hingga 120 Hz yang menawarkan pergerakan konten yang super lembut. Baik scrolling media sosial, nonton streaming video, atau main game, layarnya terasa lembut pergerakannya. Pastinya juga memanjakan mata.

Untuk meningkatkan pengalaman streaming, atau nonton video, Xiaomi juga sudah menyematkan fitur HDR10+ dan Dolby Vision.

Hebatnya, puncak kecerahan layar mencapai 1.900 nits. Ini yang mungkin sulit dicari pada kompetitor lainnya di kelas harganya. Umumnya, kecerahan layar pada smartphone flagship hanya mentok 1.200 nits saja.

Tingginya kecerahan layar tersebut tidak terlepas dari komponen layar E6 besutan Samsung. Artinya, kamu bisa membaca layar dengan jelas dan detail sekalipun berada di bawah terik sinar matahari.

5. Baterai Tergolong Awet

Xiaomi 13 ditopang dengan baterai 4.500 mAh yang tergolong besar untuk smartphone flagship. Menariknya, daya tahan baterai tersebut tergolong awet untuk penggunaan reguler harian. Baterai bisa bertahan seharian dengan sekali siklus charging.

Sementara itu, Xiaomi juga membenamkan fitur fast charging 67 watt. Meski tergolong biasa untuk kelas smartphone flagship, namun kecepatan chargingnya cukup baik. Kamu bisa mengisi daya dari 0 hinggg 100% dengan waktu kurang lebih 40 menit saja.

6. Mendukung Wireless Charging

Kelebihan Xiaomi 13 adalah pada dukungan wireless charging. Meski sudah ada teknologi fast charging 67 watt, pabrikan asal China ini masih membenamkan teknologi pengisian daya tanpa kabel 50 watt.

Kecepatan charging tersebut juga tergolong cepat, pengisian nol hingga full hanya membutuhkan waktu kurang dari 50 menit. Meski bukan yang terbaik, tapi tergolong bagus untuk wireless charging.

Hebatnya lagi, smartphone ini juga membawa teknologi wireless reverse charging 10 watt. Ya, kamu bisa menggunakan Xiaomi 13 sebagai powerbank untuk mengisi daya ke perangkat lain dengan dukungan nirkabel.

7. Konektivitas 5G dan NFC

Kehadiran konektivitas 5G dan juga fitur NFC membuat smartphone ini tergolong future-proof. Ya, smartphone ini tetap masih bisa dan layak digunakan untuk beberapa tahun ke depan.

Ketika jaringan 5G sudah merata, kamu tidak perlu ganti gadget karena smartphone ini sudah mendukung jaringan tersebut. Selain itu, fitur NFC juga bagus untuk memudahkan pengguna saat cek saldo e-wallet, hingga menjadikan kunci akses untuk bangunan berbasis smart building.

Kekurangan Xiaomi 13

1. Minus Corning Gorilla Glass Victus

Kekurangan Xiaomi 13 adalah pada perlindungan layarnya. Xiaomi tidak memberikan informasi secara detail terkait dengan perlindungan layarnya. Berbeda dengan saudaranya, Xiaomi 13 Pro yang sudah membawa perlindungan layar Gorilla Glass Victus.

Jenis lapisan kaca tersebut seharusnya sudah menjadi standard bagi smartphone kelas atas. Sayanya, kita tidak menemukan perlindungan kaca tersebut di Xiaomi 13. Adanya perlindungan layar tersebut akan membuatnya lebih aman dari gesekan maupun retak layar akibat jatuh.

2. Tanpa Slot MicroSD

Xiaomi 13 tidak membawa menyediakan slot untuk penambahan kapasitas penyimpanan. Artinya, tidak ada slot microSD untuk menyimpan berkas secara eksternal.

Ini tidak menjadi masalah bagi kamu yang hanya menyimpan file-file kecil, namun bagi mereka yang banyak menyimpan berkas dalam ukuran besar tentu ini harus menjadi perhatian. Solusinya, kamu membeli varian yang menawarkan memori yang lega.

3. Video Recording Kamera Depan Mentok 30fps

Sayang sekali, dibanderol mulai harga 8 jutaan, kamera depan Xiaomi 13 hanya menawarkan kualitas video HD mentok 30fps. Sementara itu, pesaing di kelas harganya banyak yang memberikan dukungan perekaman video hingga 60fps.

Tidak hanya itu, kamera depan juga tidak mendukung video stabilization. Artinya, ketika kamu menggunakan sebagai senjata vlogging, maka akan ada goncangan maupun gitter-gitter yang cukup mengganggu.

4. Jenis USB Kuno

Kekurangan Xiaomi 13 adalah pada jenis USB Type-C 2.0 yang tergolong kuno. Tipe USB tersebut banyak digunakan oleh smartphone entry level di harga 1 jutaan. Harusnya Xaiomi memberikan jenis USB terbaru yang lebih baik dari Type-C 2.0.

Dapatkan update berita terbaru dari Publica dengan mengikuti channel Telegram @publica_id.